Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah-langkah Mudah Untuk Mempercantik Desain Kolam Renang

 

Tips mempercantik desain kolam renang

Tips mempercantik desain kolam renang – Sebenarnya memang tidak semua orang bisa memiliki sebuah kolam renang pribadi di rumahnya. Ya, jelas demikian, karena untuk membuat kolam renang pribadi itu membutuhkan lahan luas serta modal yang cukup banyak.

Sehingga tak heran jika keberadaan kolam renang pribadi hanya bisa kita temui pada perumahan kalangan menengah keatas saja.

Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa setiap pembangunan jenis konstruksi itu membutuhkan perencanaan matang. Begitu pun dalam pembuatan kolam renang yang harus memperhatikan beberapa hal penting, mulai dari material yang digunakan, kedalaman kolam, hingga penataan desainnya.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa tips untuk mempercantik desain kolam renang dengan mudah. Tanpa banyak Panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

5 Cara Mempercantik Desain Kolam Renang

1. Menempatkan Taman Mini di Area Kolam Renang

Agar tercipta nuansa yang lebih asri dan alami, tentu saja keberadaan taman merupakan pilihan hal yang wajib dilakukan. Pilihlah jenis rerumputan yang berkualitas bagus, seperti rumput gajah atau rumput Jepang.

Menempatkan Taman Mini di Area Kolam Renang

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan berbagai jenis tanaman hias outdoor. Namun, pilihlah jenis tanaman hias yang daunnya tidak mudah rontok agar tidak mengotori kolam renang. Dengan begitu, maka jangan heran jika tampilan kolam renang anda akan jauh lebih indah dari sebelumnya.

Baca Juga : Ini Dia 7 Ide Desain Teras Rumah yang Paling Populer

2. Menambahkan Lampu Underwater

Tak hanya membuat taman mini, kamu juga bisa menambahkan lampu underwater untuk memperindah desain kolam renang. Pasalnya, penggunaan lampu under water ini akan menciptakan kesan yang lebih eksotis dan romantic pada kolam renang saat malam hari tiba.

Menambahkan Lampu Underwater

Hal itu bukan tanpa alasan, sebab cahaya lampunya yang bersinar di bawah air sehingga suananya tampak lebih santai, nyaman, dan tenang. Dalam hal ini, kamu dapat memilih lampu under water yang warnanya sesuai dengan selera.

Selain dari faktor warna, bentuk dari sorotan lampu tersebut juga tentunya memiliki peranan penting dalam memperindah tampilan kolam renang. Tak hanya lampu di bawah air, perhatikan juga penempatan lampu di area luarnya seperti pinggiran kolam renang.

3. Menambahkan Berbagai Furniture

Agar memudahkanmu dalam menunjang berbagai aktivitas di area kolam renang, tidak ada salahnya menambahkan perabotan atau furniture untuk menghadirkan kesan santai dan elegan. Dalam hal ini, sebaiknya kamu menggunakan furniture jenis furniture sun longer. Mengapa demikian…?

Menambahkan Berbagai Furniture

Soalnya, jenis furniture tersebut memang memiliki banyak manfaat dan terlihat lebih serasi dengan kolam renang. Disamping itu, kamu juga dapat berkreasi dengan memilih jenis furniture lainnya untuk ditempatkan di pinggiran kolam renang maupun di area-area khusus.

Atau, bila perlu kamu tambahkan papan loncat untuk mempermanis tampilan desain kolam renangnya. Namun, penggunaan papan loncat ini harus dilihat dari tingkat kedalaman kolam renangnya. Itu artinya kamu harus menggunakan papan loncat yang ukurannya sesuai dengan kedalam kolam renang.

4. Gunakan Desain Tangga yang Menarik

Gunakan Desain Tangga yang Menarik

Apabila kedalaman kolam renangnya lebih dari 1 meter, sebaiknya kamu pilih tangga kolam dengan desain yang menarik. Selain fungsinya untuk mempermudah naik-turun, kehadiran tangga kolam yang menarik tersebut juga tentunya akan mempercantik tampilan kolam renang

5. Tentukan Jenis Pool Deck yang Akan Digunakan

Ini dia salah satu hal yang menjadi penentu pada tingkat kenyamanan serta keindahan sebuah kolam renang. Lantas, apa yang dimaksud dengan pool deck?

Pada umumnya, pool deck berfungsi sebagai penutup lantai dasar yang diaplikasikan pada pinggiran kolam renang. Selain dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan, kehadiran pool deck tersebut juga tentunya dapat memperindah desain kolam renang.

Akan tetapi, hal tersebut tergantung lagi pada material pool deck yang digunakan. Maka dari itu, sangat disarankan bagi kamu untuk memilih material pool deck yang tepat. Adapun mengenai beragam jenis material deck pool terbaik yang direkomendasikan seperti di bawah ini:

Deck WPC

Pada dasarnya decking WPC merupakan produk decking kayu sintetis. Istilah WPC itu sendiri merupakan singkatan dari Wood Plastic Composite, yang mana materialnya terdiri dari serat kayu berkualitas tinggi dan polimer termoplastik.

Deck WPC

Komposisi serat kayu pada decking WPC ini sebanyak 60%, dan sisanya adalah polimer sintetis seperti polyethlene (PE), polypropylene (PP), coupling agents, UV stabilizer, dan pewarna. Pada umumnya, lantai WPC digunakan untuk area luar ruangan.

Mulai dari samping kolam renang, halaman, taman, rooftop, balkon, dan lain sebagainya. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat lantai WPC sudah terbukti tahan terhadap kelembapan dan perubahan cuaca. Tak hanya itu, decking WPC juga tahan terhadap serangan rayap dan anti korosi.

Deck Keramik

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa keramik merupakan salah satu material paling populer di pasaran. Hal itu bukan tanpa alasan, dikarenakan harga keramik adalah yang paling murah diantara material lantai lainnya. 

Deck Keramik

Belum lagi keramik hadir kedalam berbagai motif dan ukuran, sehingga bisa dipilih sesuai selera. Selain diaplikasikan pada lantai, material keramik juga kerap diaplikasikan untuk dinding. Akan tetapi, sebenarnya material keramik ini dinilai kurang cocok untuk dijadikan decking kolam renang. Mengapa demikian? Pasalnya, permukaan keramik akan menjadi lebih licin saat terkena air.

Pastinya hal tersebut dapat meningkatkan risiko terpeleset. Belum lagi dengan tekstur permukaan keramik yang cukup keras, sehingga dapat membahayakan keselamatan kita saat terjatuh.

Artikel Serupa : Ayo Intip Harga Lantai Keramik yang Terbarunya

Deck Wood

Jenis material pool deck terbaik berikutnya yang direkomendasikan untuk kamu, yakni berupa deck wood atau decking kayu solid. Hal itu bukan tanpa alasan, karena penggunaan decking kayu solid dapat mempertegas kesan mewah, elegan, dan natural khas kayu.

Deck Wood

Tak hanya dapat memperindah tampilan desain kolam renang, decking kayu solid juga sudah terbukti tahan terhadap air maupun perubahan cuaca ekstrim. Sehingga tak heran jika decking kayu solid dapat digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Decking yang berbahan kayu solid ini memiliki tekstur permukaan yang lebih kesat, sehingga membuatnya tidak akan licin meski terkena air. Tentu saja hal tersebut akan sangat membantu dalam meminimalisir risiko bahaya terpeleset. Seandainya terjatuh, kamu pun tidak akan terlalu merasakan sakit karena tekstur decking kayu ini terbilang cukup empuk lho.

Baca Juga : Lantai Kayu Tempel, Solusi Terbaik Sebagai Pengganti Parket Solid

Nah, seperti itulah beberapa Langkah mudah yang dapat kamu lakukan untuk mempercantik tampilan desain kolam renang.

 

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Langkah-langkah Mudah Untuk Mempercantik Desain Kolam Renang"