Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Beragam Penggunaan Material WPC Untuk Kebutuhan Interior dan Eksterior

 

Penggunaan material WPC

Penggunaan material WPC – Belakangan ini material kayu sintetis alias kayu olahan sedang digandrungi oleh masyarakat dari berbagai kalangan untuk menunjang kebutuhan interior maupun eksterior bangunan rumah.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena material kayu sintetis dianggap lebih ekonomis ketimbang menggunakan material kayu asli. Padahal, sebenarnya material kayu asli memiliki tingkat kekuatan dan keawetan yang sangat mumpuni.

WPC pun menjadi salah satu jenis material kayu sintetis yang saat ini tengah ramai diperbincangkan dalam bidang konstruksi. Lantas, WPC itu apa sih? Dan untuk apa fungsinya?

Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan membahas tuntas seputar material WPC. Tanpa banyak Panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasan berikut ini.

Pengertian WPC

Istilah WPC merupakan singkatan dari Wood Plastic Composite, dimana komposisinya terdiri dari gabungan antara bahan plastik dan kayu. Kedua bahan tersebut diproses dengan cara dilebur, lalu diolah sedemikian rupa sehingga terciptalah sebuah material yang bernama WPC.

Pengertian WPC

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat biaya produksi dalam pengolahan material kayu asli yang begitu tinggi, sehingga WPC pun menjadi salah satu alternatif pengganti terbaiknya. Menurut informasi yang didapat, material WPC terdiri dari serat plastik sebanyak 50% dan serbuk kayu 50%. Hasilnya, WPC tampil dengan tingkat kekuatan yang begitu mumpuni.

Akan tetapi, masih banyak yang beranggapan bahwa material WPC itu adalah SPC. Padahal, diantara keduanya memiliki perbedaan yang mencakup beberapa aspek lho.

Tak hanya kokoh dan kuat, bahkan material WPC juga dapat menampilkan keindahan yang tidak kalah dengan material kayu asli. Adapun mengenai material WPC yang terbagi kedalam dua jenis berbeda seperti berikut:

WPCH (Wood Plastic Composite Hollow)

WPCH atau yang biasa disebut dengan kayu composite hollow, tampil dengan bentuk hampir menyerupai besi hollow. Hal itu bisa dilihat di bagian dalam kayu WPCH terdapat lubang yang biasanya diaplikasikan untuk pagar halaman, lantai indoor, lantai outdoor (decking), hingga atap untuk gazebo. Mengenai  urusan harganya, material WPCH ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 50 ribuan saja.

Baca Juga : Review Harga Besi Hollow Terbaru 2022

WPCS (Wood Plastic Composite Solid)

Lain halnya dengan jenis WPCS yang tampil dalam bentuk papan lurus, serta ada juga papan yang melengkung. Itu sebabnya, mengapa material WPCS kerap dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan konstruksi seperti material bangunan pada umumnya.

Berbagai Penggunaan Material WPC

1. WPC Dijadikan Lisplang

Lisplang adalah salah satu jenis material konstruksi yang kerap digunakan sebagai papan pelapis untuk menutupi area atas bangunan. Itu artinya, keberadaan Lisplang berfungsi untuk menciptakan rigid yang berasal dar susunan kaso kayu.

WPC Dijadikan Lisplang

Hal itu bukan tanpa sebab, mengingat kayu kaso hanya diberi paku berukuran kecil saja sebagai media perekatnya. Itu artinya, ada kemungkinan besar posisi susunan kayu kaso tersebut akan bergeser. Berkat kehadiran Lisplang, maka posisi kayu kaso menjadi stabil dan tidak mudah bergeser.

2. WPC Dijadikan Plafon

WPC Dijadikan Plafon

Sebenarnya hunian di Indonesia cenderung ke penggunaan material gypsum dan GRC untuk mempercantik tampilan area plafon rumah. Namun, tak sedikit juga dari mereka yang sudah mulai bosan dengan penggunaan plafon gypsum dan GRC karena terkesan monoton.

Nah, untuk kamu yang ingin meningkatkan nilai estetika dalam hunian, maka material WPC untuk plafon merupakan pilihan yang paling tepat.  

3. WPC Dijadikan Lantai Parket Indoor & Outdoor

WPC Dijadikan Lantai Parket Indoor & Outdoor

Dikarenakan tampilan fisik material WPC yang dibuat menyerupai lantai kayu asli, sehingga mampu menciptakan kesan yang lebih mewah dan natural pada sebuah hunian.

Tak hanya dijadikan lantai indoor, material WPC juga selalu digunakan untuk kebutuhan decking alias lantai parket outdoor. Adapun deck WPC yang biasa diterapkan pada pinggiran kolam renang, balkon, rooftop, teras, taman, dan area outdoor lainnya.

4. WPC Dijadikan Panel Dinding & Pagar

WPC Dijadikan Panel Dinding & Pagar

Kebanyakan masyarakat memilih menggunakan wallpaper untuk memperindah tampilan dinding karena dinilai sangat praktis dan ekonomis. Nah, jika kamu memiliki budget yang lebih, maka tidak ada salahnya menggunakan material WPC sebagai panel dinding agar terkesan lebih berestetika.

Tak hanya dijadikan sebagai panel dinding, material WPC juga bisa kamu aplikasikan untuk pagar rumah. Dengan menggunakan material WPC, tentunya tampilan rumahmu akan tampak lebih mewah, elegan, dan natural.

Informasi Terkait: Mau Gunakan Wall Panel WPC? Simak Artikel Ini

Kelebihan Material WPC

  • Tahan Terhadap Berbagai Masalah

Inilah yang menjadi alasan, mengapa WPC sangat cocok diaplikasikan sebagai lantai parket outdoor alias decking. Sehingga tak heran, jika material WPC ini sering di pasang di area pinggiran kolam renang. Tak hanya dapat memperindah tampilan kolam renang, bahkan penggunaan decking WPC juga dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan karena teksturnya yang tidak licin.

  • Kuat & Tidak Menghantarkan Api

Keunggulan pertama dari material WPC yang harus kamu ketahui, yakni kokoh dan kuat. Kendati materialnya terbuat dari kayu olahan, namun tingkat kekuatannya benar-benar sangat mumpuni. Sehingga tak heran, jika material WPC ini dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Ketika terjadi kebakaran, maka api hanya akan menyala pada satu titik saja dan tidak akan menyebar ke titik lainnya. Selain tahan terhadap api, ternyata lantai WPC juga sudah terbukti tahan terhadap abrasi dan benturan. Nah, karena hal itulah yang membuat lantai WPC semakin banyak diminati oleh berbagai kalangan konsumen.

Artikel Menarik Lainnya : Review Spesifikasi Genteng Beton

  • Tingkat Pemuaian & Penyusutan yang Rendah

Kayu atau besi merupakan material yang mudah mengalami pemuaian dan penyusutan akibat adanya perubahan cuaca. Namun, masalah tersebut tidak berlaku bagi material WPC karena tidak mudah mengalami pemuaian dan penyusutan.

Meski dipasang di area yang memiliki tingkat kelembapan tinggi, bahkan material WPC tetap mempunyai kestabilan dimensi yang begitu baik. Tak hanya itu, warna material WPC juga tidak mudah memudar. Jika pun terjadi pemudaran, kamu pun bisa langsung mengecatnya kembali dengan mudah menggunakan cat tertentu.  

Kekurangan Material WPC

Dibalik beragam keunggulan yang dimilikinya, terdapat satu kekurangan material WPC yang harus kalian ketahui. Ya, kekurangan dari material WPC ini adalah ketersediaan pilihan warna yang terbatas sehingga terkesan monoton.

Demikianlah ulasan singkat mengenai seluk beluk seputar material WPC, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakannya.

 

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Berikut Beragam Penggunaan Material WPC Untuk Kebutuhan Interior dan Eksterior"