Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Gunakan Baja Ringan? Ketahui Dulu Jenis-jenisnya

 

Jenis baja ringan

Jenis baja ringan – Awalnya materal besi selalu menjadi primadona dalam menunjang konstruksi bangunan, entah itu konstruksi skala ringan maupun skala berat.

Pasalnya, material besi memang memiliki tingkat ketahanan dan kekuatan yang sangat mumpuni. Akan tetapi, material baja mempunyai bobot yang berat sehingga membutuhkan tenaga ekstra pada proses pemasangannya.

Disamping itu, harga besi yang mahal juga kerap menjadi bahan pertimbangan saat hendak menggunakannya.

Seiring berjalannya waktu, kini telah hadir material baja ringan sebagai alternatif terbaik. Ya, sesuai dengan namanya, material baja ringan memang memiliki bobot yang jauh lebih ringan dibanding besi. Bahkan, harga yang ditawarkannya pun jauh lebih murah dibandingkan material besi.

Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan membahas seluk beluk seputar baja ringan. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya berikut.

Apakah Baja Ringan Terbuat Dari Besi?

Meski dinamai baja, sebenarnya baja ringan terbuat dari berbagai campuran bahan seperti seng, aluminium, dan silicon.

mengenal baja ringan

Pada umumnya, baja ringan kerap digunakan untuk melindungi material besi yang rentan terhadap karat. Pasalnya, baja ringan sudah terbukti dapat menahan oksidasi serta tahan terhadap perubahan cuaca.

Itu sebabnya, mengapa baja ringan sangat cocok dijadikan sebagai pengganti kayu maupun baja konvensional dalam pembuatan rangka atap.

Dengan menggunakan baja ringan, tentunya hal tersebut dapat membantu untuk mengurangi penggundulan hutan akibat penggunaan material kayu sebagai material bangunan.

Keunggulan Baja Ringan:

  • Bobotnya yang ringan, yakni kurang lebih 9 kg/m2
  • Anti rayap karena terbuat dari bahan yang tidak disukai oleh rayap.
  • Memiliki ketahan yang baik. Baja ringan ini tahan terhadap cuaca yang ekstrim serta tidak mudah mengalami pemuaian.
  • Pemasangan tergolong mudah dan cepat jika dibandingkan baja biasa sehingga bisa menghemat tenaga, waktu dan biaya.
  • Dapat didaur ulang jika sudah tidak digunakan.Dengan cara dilelehkan dan dibentuk menjadi produk lain yang lebih bermanfaat.
  • Kekuatan tarikan tinggi hingga 550 Mpa. Berbeda dengan baja biasa yang hanya mencapai 100 Mpa.

Kekurangan Baja Ringan:

  • Kurang fleksibel untuk penggunaan profil rumah tertentu
  • Menurut informasi yang didapat, sambungan pada baja ringan akan terlepas ketika diterpa angin kencang
  • Desainnya yang membosankan
  • Jika salah perhitungan, maka bisa berakibat fatal
  • Proses pembuatan baja ringan yang tidak ramah lingkungan.

Beragam Jenis Baja Ringan

Terdapat beberapa jenis baja ringan yang tersedia dipasaran. Tentunya pada masing-masing jenis baja ringan tersebut memiliki bentuk dan fungsinya yang berbeda-beda juga.

Adapun mengenai berbagai jenis baja ringan yang akan dibahas seperti dibawah ini:

1. Baja Ringan Kanal C

Baja Ringan Kanal C

Dari namanya saja sudah sangat jelas, yang mana jenis baja ringan ini tampil dalam bentuk menyerupai huruf C. Ketika dihadapkan pada jenis baja ringan lainnya, maka bentuknya akan berubah menjadi kotak persegi.

Berbicara soal fungsinya, jenis Baja Ringan Kanal C biasa digunakan sebagai penyusun rangka atap dan kanopi hunian. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, ia mampu menahan beban atap, kanopi, hingga langit-langit rumah.

2. Baja Ringan Kaso (Taso)

Biasanya jenis baja ringan kaso terbuat dari bahan plat baja yang memiliki gaya tarik cukup tinggi. Menariknya lagi, kaso metal baja ringan juga sudah diberi lapisan seng dan alumunium.

Baja Ringan Kaso (Taso)

Adapun mengenai ukuran panjang yang dimilikinya sekitar 75 cm dengan ketebalan berbeda-beda, yakni antara 1,60 mm hingga 0,75 mm. Tentu saja jenis baja ringan ini sangat ideal digunakan untuk atap baja ringan, maupun kaki-kaki utama baja ringan.

Dpada tahap alam proses pemasangannya, jenis Kaso Metal Baja Ringan memang terbilang cukup mudah. Belum lagi dengan karakternya yang kuat dan tahan lama, serta sudah diberi dengan lapisan anti karat.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika jenis Kaso Metal Baja Ringan sering digunakan pada perumahan dan gedung komersial.

3. Baja Ringan Reng

Baja Ringan Reng

Jenis baja ringan selanjutnya yang harus kamu ketahui, yakni berupa baja ringan reng. Pada umumnya, baja ringan jenis Reng tampil dengan bentuk trapezium yang biasa digunakan untuk peletakan genteng.

Mengenai ketebalannya, ia memiliki ukuran 0,5 mm serta tingginya yang berkisar 28 mm sampai 40 mm. Semakin tinggi ukuran yang dimilikinya, maka akan semakin kuat pula daya tahan pada jenis baja ringan reng ini.

4. Baja Ringan Spandek

Sebenarnya spandek merupakan jenis baja ringan yang bentuknya menyerupai lembaran seperti asbes. Selain itu, biasanya spandek juga memiliki gelombang yang umumnya digunakan sebagai atap rumah maupun kanopi.

Baja Ringan Spandek

Bukan hanya itu, bahkan spandek juga sering difungsikan sebagai pelapis dinding. Karakteristik dari material spandek ini adalah bobotnya yang ringan, tahan lama, serta anti karat.

5. Baja Ringan Bondek

Baja Ringan Bondek

Seperti halnya spandek, material bondek juga tampil dengan bentuk lembaran-lembaran yang memiliki gelombang. Adapun material bondek yang biasa digunakan sebagai rangka pada tiang, pelapis, hingga pembungkus untuk menahan beban dari tekanan beton.

Tak hanya sampai disitu saja, bahkan bondek pun bisa difungsikan sebagai rangka atap atau dijdaikan pengganti material triplek.

Daftar Harga Baja Ringan

Perlu diketahui, bahwa harga baja ringan akan dibedakan yang berdasarkan jenisnya. Berbeda jenis, maka berbeda pula harga yang ditawarkannya.

Tak hanya dari jenis, harga baja ringan juga akan dibedakan yang berdasarkan ukurannya. Adapun mengenai daftar harga baja ringan yang berdasarkan jenis dan ukurannya seperti berikut:

Baja Ringan Kanal C Per Batang

  • Kanal C ukuran 0,75 mm: Rp 116 ribu
  • Kanal C ukuran 0,70 mm: Rp 108 ribu
  • Kanal C ukuran 0,65 mm: Rp 100 ribu
  • Kanal C ukuran 0,60 mm: Rp 93 ribu
  • Kanal C ukuran 0,55 mm: Rp 85 ribu

Artikel Menarik Lainnya: Daftar Harga Kayu di Bandung Terbaru 2023 Untuk Konstruksi

Baja Ringan Reng Per Batang

  • Reng ukuran 30 x 0.30 cm: Rp 32 ribu
  • Reng ukuran 28 x 0.40 cm: Rp 40 ribu
  • Reng ukuran 28 x 0.35 cm: Rp 35 ribu
  • Reng ukuran 28 x 0.30 cm: Rp 30 ribu

Baja Ringan Kaso Per Batang

  • Kaso 1.00 mm – panjang 6 m: Rp 150 ribu
  • Kaso 0.75 mm – panjang 6 m: Rp 100 ribu
  • Kaso 0.70 mm – panjang 6 m: Rp 98 ribu
  • Kaso 0.65 mm – panjang 6 m: Rp 95 ribu
  • Kaso 0.45 mm – panjang 6 m: Rp 60 ribu
  • Kaso 0.40 mm – panjang 6 m: Rp 55 ribu

Demikianlah ulasan singkat mengenai jenis-jenis baja ringan beserta daftar harga terbarunya.

Bagaimana, apakah kamu berminat untuk menggunakan baja ringan tersebut?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Ingin Gunakan Baja Ringan? Ketahui Dulu Jenis-jenisnya"