Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Trik Simple Membuat Dekorasi Akad Nikah di Rumah Agar Lebih Hemat

 

ide dekorasi akad nikah di rumah

Dekorasi akad nikah – Semenjak aturan PPKM mulai dilonggarkan, akhirnya pemerintah memperbolehkan masyarakat untuk mengadakan sebuah acara. Ya salah satunya berupa pesta pernikahan.

Kendati demikian, penyelenggara pesta pernikahan juga harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Begitupun dengan tamu undangan yang dibatasi dalam jumlah tertentu.

Akan tetapi, momen tersebut justru dimanfaatkan oleh para calon pengantin yang minim budget untuk membuat dekorasi ruangan rumahnya sesederhana mungkin. Meski sederhana, namun hal tersebut sama sekali tidak mengurangi nuansa kemeriahan pada acaranya lho.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai cara hemat membuat dekorasi akad nikah di rumah, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Tips Membuat Dekorasi Akad Nikah di Rumah

1. Mengusung Konsep Backdrop

tips membuat dekorasi akad nikah di rumah - mengusung konsep backdrop

Pada dasarnya, konsep backdrop ini memiliki peranan yang cukup penting dalam dekorasi akad pernikahan indoor. Hal itu bukan tanpa alasan, karena konsep tersebut dapat muncul di hampir setiap foto prosesi akad pernikahan

Bahkan, konsep backdrop ini juga menjadi representasi dari acaranya lho. Berbeda dengan akad nikah yang dilakukan di area outdoor, dimana ia sudah mempunyai background yang berupa pemandangan alam.

Oleh karena itu, sudah seharusinya bagi kamu mengusung konsep backdrop untuk akad pernikahan di area indoor.

Namun perlu diingat, konsep backdrop ini harus disesuaikan dengan konsep dekorasi akad nikahnya secara keseluruhan. Untuk mengadirkan nuansa yang manis dan romantis, kamu bisa menambahkan hiasan bunga-bungaan dan lampu yang agak redup.

Disamping itu, kamu juga bisa menggunakan konsep backdrop printing dengan menggunakan property agar tampilannya tampak lebih berestetika.

2. Hadirkan Unsur Adat dan Budaya Daerah

tips membuat dekorasi akad nikah di rumah - hadirkan unsur adat dan budaya

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa Indonesia kaya akan keberagaman adat dan budayanya. Sehingga tak heran jika pada masing-masing daerahnya memiliki adat dan budaya tersendiri dalam melangsungkan acara pernikahan.

Tentu saja kamu juga harus menghadirkan nuansa adat dan budaya sesuai daerahmu. Misalkan kamu berdarah Minang, maka dekorasi resepsi pernikahannya harus di beri sentuhan adat dan budaya khas Minang, mulai dari pakaian, aksesoris, hingga hidangan kulinernya.

Akan tetapi, bukan berarti juga bahwa dekorasi ini didominasi oleh adat dan budaya daerah. Pada intinya, kamu juga masih bisa menggabungkan dekorasi pernikahan tradisional dengan modern.

Baca juga : 5 Karakteristik Rumah Adat Minang yang Harus Kamu Ketahui

3. Hiasi Perabotan yang Ada Dengan Rangkaian Bunga

tips membuat dekorasi akad nikah di rumah - menghiasi perabotan dengan rangkaian bunga

Tentu saja dekorasi pernikahan itu selalu identik dengan rangkaian-rangkaian bunga yang terpampang pada setiap sudut ruangan. Begitu juga ketika kamu ingin mempercantik halaman rumah sebagai tempat resepsi pernikahan.

Dalam hal ini kamu bisa memulainya dengan menghiasi tenda semi terbuka menggunakan pot bunga yang digantung pada langit-langit, atau menjadi hiasan meja dan kursi unuk bunga-bunga yang berukuran kecil.

Dengan begitu, maka hasil dekorasi resepsi pernikahan di halaman rumahmu itu tidak akan kalah indahnya dengan dekorasi pernikahan di gedung.

4. Hiasi Meja dan Kursi Menggunakan Pita

tips membuat dekorasi akad nikah di rumah - menghiasi meja dan kursi menggunakan pita

Dalam membuat dekorasi akad nikah di rumah, tentu saja kursi dan meja menjadi bagian yang harus kamu beri sentuhan berbeda. Disini kamu dapat menggunakan kursi dan meja jenis apapun. Setelah itu, beri sentuhan aksesoris yang menggunakan pita dan kain agar tampilannya lebih indah.

Seandainya halaman rumahmu itu tidak terlalu besar serta tidak ada tempat untuk menyediakan kursi dan meja, maka kamu bisa menghias meja sebagai tempat menaruh makanan dan minuman.

5. Gunakan Kain Renda Sebagai Atap Tenda Terbuka

tips membuat dekorasi akad nikah di rumah - menggunakan kain renda sebagai atap tenda terbuka

Dalam menentukan tingkat keindahan pada dekorasi pernikahan di rumah memang tidak bisa lepas dari peranan kain renda. Oleh karena itu, kamu jangan sampai asal-asalan saat memilih kain renda tersebut. Disarankan bagi kamu untuk memilih bahan kain renda yang cocok dengan tema resepsi pernikahan.

Setelah menemukan bahan yang cocok, kamu pun dapat menggunakannya sebagai hiasan pada pelaminan atau juga dijadikan tenda semi terbuka. Sedangkan untuk rumah yang memiliki halaman cukup luas, kamu bisa mengkreasikan atap tenda dengan kain panjang yang tanpa motif (polos).

Artikel Menarik Lainnya : Begini Cara Membuat Desain Ruang Tamu Khas Sultan

6. Manfaatkan Papan Tulis Kapur

tips membuat dekorasi akad nikah di rumah - manfaatkan papan kapur tulis

Di era yang modern seperti sekarang ini, penggunaan papan tulis kapur memang sudah jarang kita temui pada sekolahan maupun perguruan tinggi. Jikapun ada, papan tulis kapur tersebut hanya dijumpai pada sekolah-sekolah yang berlokasi di pedalaman.

Terlepas dari hal itu, akhir-akhir ini penggunaan papan tulis kapur sedang menjadi tren yang kerap diaplikasikan pada acara-acara formal termasuk resepsi akad pernikahan. Tentunya kamu juga dapat memanfaatkan papan kapur tulis tersebut sebagai salah satu material untuk resepsi pernikahan di rumah.

Meski terlihat sederhana, namun penggunaan papan tulis kapur untuk dekorasi resepsi pernikahan ini bisa menghadirkan nilai seni cukup tinggi. Untuk mempertegas kesan unik dan menarik, kamu bisa menambahkan frame foto klasik sebagai bingkai pada papan tulis kapur.

Setelah itu bingkainya diberi cat dengan warna yang sesuai konsep dekorasi pernikahan. Pada bagian atasnya, kamu juga dapat menuliskan nama pengantin lalu letakkan di area depan pintu untuk menyambut para tamu undangan.

Atau, papan kapur tulis ini bisa kamu gunakan sebagai petunjuk arah alamat maupun list menu kulinernya.

7. Manfaatkan Tangga Kayu Sebagai Background Photobooth

tips membuat dekorasi akad nikah di rumah - manfaatkan tangga kayu untuk photobooth

Sejatinya photobooth dengan konsep backdrop printing sudah menjadi hal yang lumrah untuk acara resepsi pernikahan. Maka dari itu, kamu harus membuat yang lebih baru dengan memanfaatkan tangga berbahan kayu sebagai pengganti tiangnya.

Akan tetapi, bukan berarti juga bahwa tangga kayu tersebut dibiarkan polos begitu saja. Dengan kata lain, kamu bisa memberi hiasan pada pijakan tangga kayu dengan menggunakan gelas kaca, atau bisa juga menggunakan tanaman yang merambat maupun sukulen.

Dengan adanya sentuhan hiasan tersebut, maka para tamu undangan tidak akan menyadari bahwa tiang photobooth yang kamu gunakan itu adalah tangga kayu. Bahkan yang lebih menariknya lagi, tangga kayu ini dapat menyatu sempurna pada lanskap outdoor.

8. Pajangkan Foto Prewedding

tips membuat dekorasi akad nikah di rumah - pajangkan foto pre wedding

Dikarenakan acaranya berupa resepsi pernikahan, tentu saja pada setiap sudut ruangannya harus ada foto kamu dan pasanganmu. Dengan begitu, kamu bisa memamerkan keseruan serta keromantisan foto-foto prewedding  pada para tamu undangan.

Disamping itu, kamu juga bisa memajang foto prewedding tersebut di area photobooth. Alhasil, maka semua momenmu bersama pasanganmu akan selalu ada pada setiap foto yang diambil oleh para tamu undangan.

Tak hanya foto prewedding, kamu juga dapat memajangkan foto-foto lama sehingga semua kisah perjalanan cintamu dengannya dilihat oleh tamu undangan.

Nah, seperti itulah ulasan singkat mengenai cara hemat dalam membuat dekorasi akad nikah di rumah sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba ide dekorasi akad nikah tersebut…???

 

Posting Komentar untuk "Inilah Trik Simple Membuat Dekorasi Akad Nikah di Rumah Agar Lebih Hemat"