Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seperti Inilah 5 Karakteristik Rumah Adat Minang yang Harus Kamu Ketahui

5 karakteristik Rumah Adat Minang

Rumah adat Minang merupakan salah satu rumah adat yang paling populer di Indonesia. Hal itu bukan tanpa alasan, karena rumah adat yang kerap disebut dengan rumah Gadang ini mempunyai karakteristik tersendiri dari segi interior maupun exterior.

Tentu saja karakteristik pada rumah Gadang tidak dimiliki oleh jenis rumah adat lainnya. Adapun mengenai ciri khas dari rumah adat Minang yang tidak hanya sekedar bangunan saja, melainkan juga memiliki filosofi yang erat kaitannya dengan asal usul suku Minang.

Nah, untuk mempersingkat waktu, mari kita langsung saja ke pembahasan intinya mengenai 5 karakteristik rumah adat Minang. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

5 Karakteristik Rumah Adat Minang

1. Rumah Adat Minang Identik Dengan Rumah Panggung

karakteristik rumah adat minang - identik dengan rumah panggungMemang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa Rumah Adat Minang selalu identik dengan rumah panggung. Ya, jelas demikian, sebab rumah panggung dapat menghadirkan nuansa mewah.

Rumah Adat Minang pada umumnya tidak akan langsung menyentuh tanah, melainkan ditunjang oleh kayu-kayu berukuran besar dan kokoh sehingga berbentuk panggung. Adapun mengenai ukuran tinggi dari rumah panggung tersebut yang bisa mencapai 2 meter.

Lantas, mengapa Rumah Adat Minang harus dibuat seperti rumah panggung...???

Menurut informasi yang didapat, rumah panggung di ranah Minang saat itu menjadi cara yang paling aman agar terhindar dari serangan berbagai jenis binatang buas.

Pasalnya, pada zaman dulu hewan-hewan buas masih bebas berkeliaran di pemukiman warga. Sehingga tak heran jika Rumah Adat Minang dibuat dengan gaya rumah panggung.

2. Rumah Adat Minang Hanya Mempunyai Satu Tangga Masuk

karakteristik rumah adat minang - hanya memiliki satu tangga masuk

Dengan mengusung tipe panggung, secara otomatis rumah adat Minang hanya mempunyai satu tangga sebagai akses masuk ke dalam rumah. Pada umumnya, tangga yang digunakan selalu terbuat dari bahan kayu.

Sebesar apapun ukuran rumah adat Minang tersebut, pasti tangga masuknya hanya ada satu saja lho. Menurut informasi yang didapat, keberadaan satu tangga pada rumah adat Minang tersimpan filosofi yang erat kaitannya dengan Ketuhanan.

Makna dari satu tangga yang menuju ke dalam rumah merupakan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

3. Simbol Kejayaan yang Terdapat Pada Bagian Atap

karakteristik rumah adat minang - atap sebagai lambang kejayaan

Karakteristik berikutnya dari rumah adat Minang yang paling menonjol, yakni terdapat pada bagian atapnya. Itu sebabnya, mengapa rumah adat Minang sangat mudah untuk kita kenali. Ya, model atapnya dibuat lebih runcing di bagian sisi kanan maupun kirinya.

Atap rumah adat Minang yang populer dengan istilah Gonjong ini ditujukan sebagai sebuah symbol kejayaan masyarakat Minang. Menariknya lagi, model atap rumah adat Minang tersebut terinspirasi dari bentuk tanduk kerbau lho. Lantas, mengapa bentuknya harus menyerupai tanduk kerbau…???

Berdasarkan catatan sejarah, pada zaman dulu masyarakat Minang berhasil memenangkan pertandingan adu kerbau dengan raja Jaya. Sebagai momen untuk mengingat kemenangan tersebut, maka lambang tantuk kerbau pun dijadikan sebagai model atap rumah adat Minang.

4. Rumah Adat Minang yang Dipenuhi Ornamen Lambang Keserasian

karakteristik rumah adat minang - dinding yang dipenuhi ornamen

Selain model atap, bagian dinding juga menjadi diri khas dari rumah adat Minang. Bagaimana tidak? sebab bagian dindingnya tampil lebih meriah karena didominasi oleh ornament-ornamen sebagai dekorasi.

Tak hanya berfungsi sebagai ukiran saja, beberapa rumah adat Minang yang berukuran besar kerap menyuguhkan ornamen berwarna-warni sehingga tampilannya tampak lebih megah dan mewah.

Adapun mengenai bentuk ukiran pada ornamen dinding rumah adat Minang yang umumnya melambangkan flora serta fauna. Bahkan, motif tersebut mempunyai filosofi tersendiri yang menjadi tanda bahwa masyarakat Minang hidup selaras dengan alam di sekitarnya, entah itu dengan tumbuhan maupun hewan.

5. Rumah Adat Minang Selalu Identik Dengan Lumbung Padi

karakteristik rumah adat minang - terdapat lumbung padi

Karakteristik berikutnya dari rumah adat Minang yang harus kamu ketahui, yakni identik dengan lumbung padi. Pada umumnya, di bagian depan rumah adat Minang selalu terdapat satu bangunan unik yang ukurannya lebih kecil.

Bangunan tersebut memang sengaja dibuat dengan ukuran yang lebih kecil, karena difungsikan sebagai Rangkiang atau tempat lumbung padi. Sebenarnya setiap rumah adat Minang pasti mempunyai beberapa lumbung padi di bagian depan rumahnya.

Secara adat, setiap rumah dianjurkan untuk memiliki tiga lumbung padi. Pasalnya, ketiga tempat lumbung padi terebut mempunyai fungsi masing-masing lho. Seperti halnya lumbung Rangkiang Sitinjau Lauik, yang digunakan sebagai tempat khusus penyimpanan beras untuk upacara adat.

Kemudian ada Rangkiang Sitangka Lapa yang berisi beras untuk disumbangkan ke wilayah atau orang yang tengah dilanda kelaparan. Selanjutnya ada Rangkiang Sibayau-bayau yang digunakan sebagai tempat penyimpanan beras untuk kebutuhan sehari-hari.

Nah, itulah 5 karakteristik yang terdapat pada rumah adat Minang. Bagaimana, apakah kamu juga merupakan orang Minang atau keturunan Minang?

Posting Komentar untuk " Seperti Inilah 5 Karakteristik Rumah Adat Minang yang Harus Kamu Ketahui"