Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Jenis Desain Rumah Terpopuler di Indonesia

 

9 Desain Rumah Terpopuler di  Indonesia

Desain Rumah – Ada banyak sekai istilah-istilah arsitektur rumah yang sering kita dengar, mulai dari minimalis modern, industrial, tradisional, skandinavian, dan lain sebagainya. Ya, istilah-istilah tersebut menunjukkan bahwa dunia arsitektur selalu menghadirkan inovasi atau tren terbaru dari masa ke masanya.

Tentu saja pada masing-masing gaya arsitektur tersebut menghadirkan ciri khas tersendiri. Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan membahas beberapa jenis desain rumah yang umum digunakan di Indonesia.

Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

9 Desain Rumah Paling Populer di Indonesia

1. Rumah Bergaya Minimalis

9 Desain Rumah Terpopuler di  Indonesia - rumah bergaya minimalis

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa tipe-tipe rumah minimalis itu sering dijumpai di daerah perkotaan besar. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat ketersediaan lahan tanah di daerah perkotaan memang cukup terbatas.

Umumnya desain rumah bergaya minimalis selalu tampil dengan warna-warna netral, entah itu pada cat dinding maupun warna furniturenya. Adapun mengenai contoh warna-warna netral yang dimaksud seperti putih, abu-abu, cokelat, dan hitam.

Bukan hanya itu, warna antara cat dinding dengan furniture selalu dibuat serasi. Dengan warna cat dinding dan furniture yang serasi, pastinya akan membuat rumah minimalis terlihat tampak lebih luas. 

Bahkan yang lebih menarikya lagi, rumah bergaya minimalis juga sangat selektif dalam pemilihan furniture. Biasanya kriteria furniture yang digunakan pada rumah minimalis itu tidak terlalu ramai, namun masih tetap fungsional.

2. Rumah Bergaya Klasik

9 Desain Rumah Terpopuler di  Indonesia - rumah bergaya klasik

Ini dia salah satu desain rumah yang sama sekali tidak terpengaruh oleh perkembangan zaman. Meski saat ini hadir beragam desain rumah bergaya modern, ternyata masih banyak orang-orang yang tertarik untuk mengusung desain vintage alias klasik pada interior rumahnya.

Pada umumnya, desain rumah bergaya klasik atau Vintage selalu bermain dengan warna lembut yang cukup bervariasi pada elemen furniture. Adapun mengenai warna lembut yang kerap diaplikasikan pada ruah bergaya Vintage seperti merah hati, kuning muda, biru langit, dan pink pastel.

Akan tetapi, penggunaan warna yang terlalu banyak pada desain rumah Vintage ini justru malah membuat ruangan tampak sempit. Belum lagi ditambah dengan banyaknya penggunaan dekorasi yang bertujuan untuk meningkatkan nilai estetik, seperti guci berukuran besar, patung, vas bunga, dan lain sebagainya. 

Alhasil, maka tak heran juga jika rumah yang mengusung desain Vintage ini selalu terkesan penuh dan sumpek. Meski demikian, rumah yang bergaya Vintage lebih unggul dalam urusan estetika.

3. Rumah Bergaya Kolonial

9 Desain Rumah Terpopuler di  Indonesia - rumah bergaya kolonial

Pada dasarnya desain rumah bergaya kolonial ini tidak berbeda jauh dengan desain rumah klasik. Hal itu pun terlihat dari elemen interior maupun exteriornya yang memang kental dengan nuansa klasik. Ya, mulai dari penggunaan pilar, detail kusen jendela, lantai, dinding, hingga ornamen-ornamen khas Eropa.

Bukan hanya itu saja, penggunaan furniture dengan motif vintage juga tampak mendominasi ruangannya secara keseluruhan. Belum lagi ditambah dengan beragam aksesoris klasik lainnya seperti hiasan piring, vas bunga, bingkai foto, dan masih banyak lagi.

Bahkan, ada pula beberapa tipe rumah kolonial yang kerap memajang hiasan dari hewan asli sehingga nuansa klasiknya begitu terasa jelas.   

4. Rumah Bergaya Skandinavian

9 Desain Rumah Terpopuler di  Indonesia - rumah bergaya skandinavian

Sebenarnya desain interior rumah yang satu ini cukup mirip dengan rumah bergaya minimalis. Hal itu bisa dilihat pada kedua desain interior tersebut yang sama-sama mengusung warna netral seperti putih dan cokelat.

Bukan hanya itu, desain interior Skandinavian juga tidak terlalu banyak menggunakan dekorasi, kecuali dekorasi tambahan untuk sofa seperti kain panjang. Dengan mengedepankan nuansa yang simple dan luas, tentu saja desain interior Skandinavian sangat ideal untuk mereka kaum urban yang tinggal di area pemukiman padat penduduk.

Meski terdapat beberapa kesamaan, namun ada pula perbedaan antara desain Skandinavian dengan minimalis. Ya, salah satu perbedaannya terdapat pada elemen alami yang akan dihadirkan di dalam interiornya, seperti penggunaan lantai kayu parket.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena penggunaan lantai kayu akan mempertegas nuansa alami dan kemewahan.

5. Rumah Bergaya Modern

9 Desain Rumah Terpopuler di  Indonesia - rumah bergaya modern

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa desain rumah dengan gaya modern itu banyak dijumpai di kota-kota besar. Secara umum, desain rumah modern ini cenderung terkesan kaku dan formal. Pasalnya, desain rumah modern tampil dengan bentuk kotak.

Meski terkesan kaku, namun rumah bergaya modern sangat kental dengan nuansa kemewahan dan glamour lho. Bukan hanya itu, biasanya rumah modern juga kerap mengusung tema terbuka serta mengandalkan banyak pemasangan kaca dengan ukuran yang relatif besar.

6. Desain Rumah Tradisional

9 Desain Rumah Terpopuler di  Indonesia - rumah bergaya tradisional

Desain rumah yang berikutnya ini merupakan kebalikan dari desain rumah modern. Pada dasarnya, desain rumah tradisional di Indonesia akan mengikuti ciri khas yang sesuai dengan daerah masing-masing.

Meski demikian, hal itu bukan berarti bahwa kita harus menghadirkan nuansa tradisional di dalam rumah secara total. Dengan kata lain, ada beberapa area tertentu yang diberikan sentuhan desain lainnya. Bahkan, ada pula desain rumah tradisional yang melebur dengan nuansa modern lho.

Biasanya rumah dengan nuansa tradisional sering kita temui di daerah-daerah pedesaan. Seiring dengan berjalannya waktu, kini desain rumah tradisional pun sudah mulai banyak diminati oleh masyarakat di daerah perkotaan.

7. Rumah Bergaya Kontemporer

9 Desain Rumah Terpopuler di  Indonesia - rumah bergaya kontemporer

Dilihat dari segi interior dan exterior, sebenarnya desain rumah kontemporer ini tidak berbeda jauh dengan rumah bergaya minimalis. Hal itu bukan tanpa alasan, karena desain interior rumah yang satu ini kerap fokus pada kekontrasan antara warna dinding maupun furniture sehingga dapat menciptakan ilusi seolah-olah ruangan terlihat lebih penuh.

Dalam desain Kontemporer, biasanya terdapat beberapa elemen yang akan menghiasi ruangan seperti wol, sutera, hingga beludru. Itu sebabnya, mengapa desain interior rumah Kontemporer sering diterapkan pada daerah-daerah dengan iklim sejuk.

8. Rumah Bergaya Mediteranian

9 Desain Rumah Terpopuler di  Indonesia - rumah bergaya mediteranian

Menurut informasi yang didapat, desain rumah Mediteranian ini terinpirasi dari gaya arsitektur khas Spanyol, Italia, dan Portugal yang mulai populer di tahun 1940an. Elemen utama pada rumah bergaya Mediteranian berupa atap keramik berwarna merah, sehingga dapat menciptakan nuansa yang lebih elegan.

Adapun mengenai jenis atap yang digunakannya berupa genteng tanah liat dengan bentuk seperti setengah tabung, yang bertujuan untuk memudahkan air turun serta memastikan sirkulasi udara berjalan lancar.

Tak cuma itu, rumah khas Mediteranian juga kerap menggunakan dinding plester agar tahan terhadap perubahan cuaca.

9. Rumah Bergaya Mid Century

9 Desain Rumah Terpopuler di  Indonesia - rumah bergaya mid century

Selanjutnya ada desain rumah Mid Century yang mulai populer di tahun 1945 hingga 1980an. Awal mulanya, arsitektur Mid Century ini dianggap sebagai solusi untuk menciptakan perubahan sosial yang berdampak pada lingkungan masyarakat menjadi lebih baik.

Adapun mengenai ciri khas dari desain rumah bergaya Mid Century, seperti jendela kaca berukuran besar, ruang terbuka, dan dibangun pada bidang datar dengan model bangunan yang datar juga.

Nah, itulah beberapa desain rumah terpopuler di Indonesia. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menggunakan salah satu desain rumah tersebut…???

 

Posting Komentar untuk "Berbagai Jenis Desain Rumah Terpopuler di Indonesia"