Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk, Kita Bahas Kayu Sungkai Mulai Dari Karakteristik Hingga Manfaatnya

 

karakteristik dan  manfaat kayu sungkai

Karakteristik Kayu sungkai – Negara Indonesia ini bisa dibilang sebagai surganya perkayuan. Bagaimana tidak? sebab ada ribuan bahkan jutaan jenis pohon kayu yang tersebar diseluruh nusantara. Pada setiap jenis kayu tersebut tentunya memiliki ciri khas atau karakteristik tersendiri.

Begitu pun dengan kayu sungkai, dimana ia mempunyai ciri khas yang tidak dimiliki oleh jenis kayu lainnya. Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seluk beluk kayu sungkai mulai dari karakteristik hingga manfaatnya. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Pertumbuhan Pohon Sungkai

pertumbuhan pohon sungkai

Menurut informasi yang didapat, penyebaran pohon kayu sungkai bisa kita temui pada beberapa daerah di Indonesia, seperti Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. Tak hanya di Indonesia, pohon kayu sungkai juga tumbuh subur di beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand.

Sebenarnya kayu sungkai memiliki beragam nama yang sesuai dengan daerah asalnya, seperti kayu jati sabrang, ki sabrang, kurus, sekai, dan lain sebagainya. Pada umumnya pohon kayu sungkai dapat tumbuh dengan ketinggian berkisar 20 – 30 meter, sedangkan ukuran diameternya mencapai 60 cm.

Ciri Khas dan Karakterisik Kayu Sungkai

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa pada masing-masing jens kayu itu memiliki ciri khas berbeda. Begitu pun dengan kayu sungkai yang memiliki karakteristik tersendiri. Dalam industry perkayuan, kayu sungkai ini diklaim mampu menahan berat yang cukup baik.

Ciri Khas dan Karakterisik Kayu Sungkai

Mengenai berat jenisnya, kayu sungkai memiliki berat sekitar 550 – 650 kg/m3 dan tingkat kelenturannya yang mencapai 400 – 900 kg/m3, sementara untuk tingkat kekuatannya berkisar 300 – 650 kg/m3.

Adapun mengenai tampilan fisiknya, yang mana bagian tengah kayu sungkai ini mengusung warna cokelat muda, sedangkan bagian pinggirannya tampil dengan warna yang lebih terang. Namun, tekstur kayu sungkai tergolong cukup kasar meskipun sudah di amplas.

Kendati demikian, kayu sungkai mempunyai pola serat yang begitu indah lho. Itu sebabnya, mengapa kayu sungkai selalu diandalkan dalam bidang furniture.

Kelebihan Kayu Sungkai

  • Proses pengolahan dan pengerjaan yang cukup mudah
  • Mempunyai serat dan pola yang sangat indah
  • Furniture yang berbahan kayu sungkai cocok dterapkan pada hunian minimalis
  • Bisa diolah menjadi veneer untuk melapisi permukaan kayu lapis
  • Menawarkan harga yang relatif murah dan berbobot ringan.

Kelemahan Kayu Sungkai

  • Tidak terlalu tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim
  • Tidak cocok dijadikan sebagai jenis furniture outdoor
  • Daya tahannya terhadap serangan rayap tergolong rendah
  • Kayu sungkai sulit dibedakan dengan jenis kayu lainnya
  • Teksturnya masih terasa kasar meski sudah diamplas
  • Tidak terlalu kuat jika ditempatkan di area lembap.

Berapakah Harga Kayu Sungkai?

Pada umumnya, harga standar kayu sungkai di pasaran itu berkisar antara Rp 4 juta hingga Rp 5 juta per kubiknya. Sementara untuk kayu sungkai olahan dibanderol sekitar Rp 6 – 8 jutaan per meter kubik, karena akan dibedakan berdasarkan kualitasnya.

Baca Juga : Daftar Harga Kayu di Bandung Terbaru 2022 Untuk Konstruksi  

Bahkan yang lebih menariknya lagi, harga kayu sungkai dipasaran selau stabil lho. Ya, tidak seperti jenis kayu ulin dan merbau yang harganya selalu berubah-ubah. Adapun mengenai beberapa motif kayu sungkai yang umumnya tersedia di pasaran seperti berikut :

  • Sungkai serat lurus
  • Sungkai serat mahkota
  • Sungkai perpaduan serat lurus dan mata sehat
  • Sungkai perpaduan serat mahkota dan mata sehat.

Berbagai Pemanfaatan Kayu Sungkai Pada Bidang Furniture

1. Dijadikan Meja Belajar

Berbagai Pemanfaatan Kayu Sungkai Pada Bidang Furniture

Untuk kamu yang ingin lebih bersemangat lagi dalam belajar, maka penggunaan meja belajar yang berbahan kayu sungkai ini merupakan pilihan paling tepat. Mengapa demikian...???

Pasalnya, keindahan meja belajar yang berbahan kayu sungkai tersebut dapat menciptakan nuansa kehangatan. Bukan hanya itu, meja belajar dari kayu sungkai ini juga sudah terbukti kuat sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

2. Lemari Kayu

Berbagai Pemanfaatan Kayu Sungkai Pada Bidang Furniture

Selain dijadikan meja belajar, kayu sungkai juga selalu menjadi pilihan utama dalam pembuatan lemari kayu. Hal itu bukan tanpa alasan, karena tingkat kekuatan kayu sungkai yang memang lebih kuat jika dijadikan sebagai furniture indoor.

Meskipun teksturnya masih agak kasar, namun lemari yang berbahan kayu sungkai ini cukup banyak peminatnya lho. Untuk menghadirkan nuansa yang lebih alami dan natural, sebaiknya lemari kayu sungkai tersebut dipadukan dengan dinding yang berwarna putih.

3. Kursi Kayu

Berbagai Pemanfaatan Kayu Sungkai Pada Bidang Furniture

Berkat tampilan warna kuningnya, kayu sungkai pun sering dijadikan untuk pembuatan kursi kayu yang cocok diaplikasikan pada hunian tipe minimalis dan klasik. Bahkan yang lebih menariknya lagi, kursi yang berbahan kayu sungkai ini memiliki motif yang begitu sedap dipandang.

4. Dijadikan Partisi

Berbagai Pemanfaatan Kayu Sungkai Pada Bidang Furniture

Partisi atau sekat merupakan sebuah furniture yang kerap diaplikasikan pada hunian dengan tema terbuka (open plan). Ya, partisi akan difungsikan sebagai pemisah antar ruang satu dengan ruangan lainnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Tips Menata Dekorasi Kamar Cowok Minimalis Agar Lebih Stylish dan Macho

Kayu sungkai pun menjadi salah satu jenis kayu yang sering dijadikan bahan baku untuk pembuatan produk partisi. Dengan menggunakan partisi kayu sungkai tersebut, tentu saja tampilan rumah kita akan tampak lebih berestetika dan bernuansa natural.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis furniture berbahan kayu sungkai yang belum sempat dibahas. Namun, biasanya kayu sungkai sering dijadikan untuk keempat jenis furniture tersebut.

Demikianlah ulasan singkat mengenai seluk beluk kayu sungkai, sehingga bisa kita jadikan sebagai bahan penambah wawasan.

 

 

 

Posting Komentar untuk "Yuk, Kita Bahas Kayu Sungkai Mulai Dari Karakteristik Hingga Manfaatnya"