Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mudah Memilih Cat Rumah Agar Sesuai Kebutuhan

 

Tips Memilih Cat Rumah

Tips Memilih Cat Rumah – Memiliki sebuah hunian yang nyaman dan indah tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang. Sehingga tak heran jika setiap pemiliknya akan melakukan beragam cara untuk menciptakan hunian yang nyaman dan indah.

Berbicara soal tingkat keindahan hunian, warna cat dinding pun menjadi salah satu elemen yang berperan penting. Maka dari itu, pemilihan cat dinding rumah harus disesuaikan dengan kebutuhan konsep.

Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan memberikan beberapa tips mengenai cara memiih cat rumah agar sesuai dengan kebutuhan. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Tips Memilih Cat Dinding Rumah

1. Tentukan Dulu Konsep Rumahmu

Tentukan Dulu Konsep Rumahmu

Poin penting pertama yang harus kamu ketahui, yakni menentukan warna cat rumah dengan memahami konsep yang diinginkan. Sebagai contohnya, untuk tipe rumah minimalis biasnya menggunakan warna cat yang netral dan monokrom.

Lain halnya dengan gaya rumah klasik, dimana cat yang umumnya digunakan adalah warna rustic atau kombinasi brown dan gold. Disamping itu, kamu juga harus memahami warna cat dinding yang sesuai dengan konsep maupun desain interior yang diinginkan.

Baca Juga : Berbagai Jenis Desain Rumah Terpopuler di Indonesia

2. Pertimbangkan Jenis Warna Cat yang Akan Digunakan

Pertimbangkan Jenis Warna Cat yang Akan Digunakan

Pada dasarnya, memahami berbagai dan mood warna cat bisa membantu dalam menentukan cat warna terbaik bagi hunian rumah. Ya, terlebih karena setiap ruangan mempunyai kesan atau mood yang dibangun.

Misalkan untuk ruangan dengan kesan yang ceria, maka kamu bisa menggunakan warna-warna terang seperti kuning, merah muda, hijau, atau biru. Jika ingin mendapatkan nuansa elegan, kamu pun dapat menggunaan cat dinding berwarna monokrom seperti abu-abu, hitam, dan putih.

3. Menyelaraskan Warna Cat Dinding Antar Ruangan

Menyelaraskan Warna Cat Dinding Antar Ruangan

Sebagai satu kesatuan, tentu saja faktor keselarasan warna antar ruangan dalam sebuah hunian menjadi hal yang wajib diperhatikan. Mengapa demikian? pasalnya, dengan komposisi yang seimbang maka akan membuat tampilan rumahmu tampak terlihat lebih serasi dan menakjubkan.

Salah satu trik guna menyelaraskan warna secara maksimal, yakni dengan mengetahui warna monokromatik. Lantas, apa yang dimaksud dengan monokromatik? Perlu kalian ketahui, skema warna monokromatik ini adalah dasar warna tunggal untuk dijadikan landasan desain warna ruangan.

Apabila kamu belum merasa yakin dengan warna cat rumah, maka kamu bisa mencoba warna yang diinginkan pada bagian dinding yang tidak terlalu luas. Dalam pengujian warna tersebut juga bisa menjadi bahan pertimbangan, apakah warna cat yang diinginkan sudah sesuai dengan harapan.

4. Perhatikan Efek Dari Pencahayaan

Perhatikan Efek Dari Pencahayaan

Lampu bohlam yang berwarna kuning biasanya akan membuat tampilan warna kuning, jingga, dan merah menyala. Sedangkan yang berwarna biru dan hijau cendeung lebih pudar.

Sementara untuk pencahayaan alami, maka intensitas pencahayaan alami dari sinar matahari pagi sampai malam akan dipengaruhi oleh perubahan warna dinding. Mengingat akan hal itu, penting bagi kamu untuk memperhatikan jenis-jenis pencahayaan.

Begitu juga dengan letak jendela, yang memiliki peranan penting dalam menghadirkan warna cat dinding terbaik.

5. Pilih Cat Dinding Dengan Merk Ternama

Agar mendapatkan cat dinding yang berkualitas, disarankan bagi kamu untuk memilih produk cat dengan merk ternama. Adapun mengenai beberapa merk cat tembok terbaik yang direkomendasikan seperti di bawah ini:

No Drop

cat dinding terbaik - No Drop

Apakah dinding di rumahmu sering rembes atau mengalami kebocoran? Jika iya, maka masalah tersebut bisa kamu atasi dengan menggunakan cat No Drop. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat cat No Drop merupakan cat pelapis anti bocor yang mempunyai sifat elastis, kedap air, dan tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim.

Mengingat akan hal itu, tentu saja cat No Drop sangat cocok diaplikasikan pada semua jenis permukaan, seperti dinding, asbes, beton, galvanis, bahkan pada permukaan terakota. Soal harga, cat No Drop ini dibanderol dengan kisaran Rp 40.000 – Rp 785.000.

Decolith

cat dinding terbaik - decolith

Merk cat tembok terbaik berikutnya yang direkomendasikan untuk kamu, yakni Decolith. Produk cat yang satu ini benar-benar berkualitas dan ramah lingkungan, karena bahan dasarnya adalah air serta bebas timbal dan merkuri. Mengenai harganya, cat Decolith dibanderol dengan kisaran Rp 107.000 – Rp 521.000.

Jotun

cat dinding terbaik - jotun

Jika kamu mempunyai anak yang hobi mencorat-coret tembok, maka cat Jotun ini merupakan pilihan yang paling tepat. Mengapa demikian?

Pasalnya, cat Jotun tersebut sangat mudah dibersihkan dari berbagai kotoran serta memiliki sifat yang anti jamur. Bahkan cat Jotun juga mudah diaplikasikan dan kadar VOC-nya cukup rendah. Untuk urusan harganya, cat Jotun ini dibanderol dengan kisaran Rp 55.900 – Rp 1.198.500.

Avitex

cat dinding terbaik - avitex

Bagi kamu yang ingin tampilan rumahnya tampak lebih hidup dan berestetika, maka cat Avitex ini merupakan pilihan yang palng tepat. Merk cat yang satu ini menyuguhkan formula baru, sehingga membuanya lebih tahan lama dalam mewarnai dinding rumahmu.

Disamping itu, cat Avitex ini juga begitu mudah diaplikasikan bahkan untuk orang awam sekalipun lho. Menariknya lagi, cat Avitex sudah terbukti mudah dicuci saat kotor, cepat kering, hingga tidak akan mudah memudar. Jika berminat, cat Avitex ini bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp 29 ribu – Rp 499 ribuan.

Baca Juga : Review Harga Kasur Springbed di Bandung Terbaru 2022 Dari Berbagai Merk

Nippon Paint

cat dinding terbaik - nippon paint

Merk cat tembok asal Jepang ini memiliki formula yang dapat mengurangi kadar VOC (Volatile Organic Compound) hingga nyaris nol. Itu artinya, kamu bisa mendapatkan kinerja yang maksimal meski tanpa polutan atau VOC yang di pancarkan ke udara.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, penggunaan Nippon Paint ini nyaris tidak tercium baunya, entah itu saat proses pengecatan maupun sesudahnya. Untuk urusan kualitasnya, tentu saja kualitas cat Nippon Paint sudah pasti akan bertahan lama.

Lantas, bagaimana dengan harganya? Menurut informasi yang di dapat, cat Nippon Paint ini dibanderol dengan kisaran harga Rp 55.000 – Rp 769 ribu. 

Dulux Catylac

cat dinding terbaik - dulux catylac

Dalam dunia pengecatan, Soal kualitas dan kepopuleran Dulux Catylac ini memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Produk cat yang satu ini sudah dibekali dengan teknologi chroma-brite, serta tidak mengandung bahan merkuri berbahaya, sehingga sangat aman digunakan.

Bukan hanya itu, bahkan aromanya pun tidak terlalu menyengat setelah digunakan untuk mengecat dinding. Untuk urusan harganya, cat tembok Dulux Catylac dibanderol dengan kisaran harga Rp 110.000 – Rp 1.020.000.

Nah, seperti itulah beberapa tips dan rekomendasi cat dinding rumah terbaik yang direkomendasikan, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya.

 

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Tips Mudah Memilih Cat Rumah Agar Sesuai Kebutuhan"