Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Jenis Papan Kalsiboard Untuk Panel Dinding & Plafon

 

jenis-jenis papan kalsiboard

Papan Klasiboard dinding plafon – Dinding & plafon menjadi salah satu elemen yang memang tidak bisa dipisahkan dalam sebuah bangunan. Hal itu bukan tanpa alasan, karena pada masing-masing kedua elemen tersebut mempunyai peranan yang sangat penting dalam menunjang kebutuhan konstruksi.

Sebenarnya ada banyak sekali material yang dapat digunakan untuk memperindah tampilan dinding dan plafon rumah. Ya, salah satunya berupa kalsiboard. Lantas, apa yang dimaksud dengan kalsiboard?

Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi seputar kalsiboard, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Sekilas Tentang Kalsiboard

Kalsiboard merupakan sebuah produk yang berupa lembaran papan menyerupai triplek. Adapun material kalsiboard yang terbuat dari bahan pasir silika dengan campuran semen dan selulosa. Semua bahan-bahan tersebut akan diproses dalam suhu bertekanan tinggi, sehingga terciptalah lembaran papan bertekstur padat.

Sekilas Tentang Kalsiboard

Untuk tampilan fisiknya, sekilas kalsiboard ini memang sangat mirip dengan gypsum. Begitu pun dengan fungsinya, yang mana kalsiboard kerap diaplikasikan untuk pelapis dinding dan plafon rumah. Harga kalsiboard dipasaran sangatlah bervariasi, karena akan dibedakan berdasarkan ukuran lebar dan ketebalannya.

Semakin tebal dan lebar ukurannya, maka akan semakin mahal pula harga dari kalsiboard tersebut. Tak hanya dari segi ukuran, bahkan harga kalsiboard juga dibedakan berdasarkan jenisnya.

Jenis-jenis Papan Kalsiboard

1. Kalsirata

Jenis kalsiboard pertama yang akan dibahas, yakni bernama kalsirata. Pada umumnya, jenis papan kalsiboard yang satu ini memiliki ketebalan hingga mencapai 3 mm dengan ukuran panjang dan lebar sekitar 1 meter.

Jenis-jenis Papan Kalsiboard - kalsirata

Biasanya kalsirata yang paling banyak digunakan adalah yang ukurannya tidak terlalu besar. Pasalnya, ukuran kalsirata yang tidak terlalu besar dapat memudahkan saat membawa maupun proses pemasangannya.

Mengenai pemanfaatannya, jenis kalsirata ini sering diaplikaskan untuk plafon rumah. Meski proses pemasangannya terbilang cukup mudah, namun akan lebih baik lagi jika dikerjakan oleh orang yang memang ahli dibidangnya.

Baca Juga : Trik Mudah Untuk Mengusir Kelabang Dilangit-langit Rumah

2. Kalsifloor

Ngomong-ngomong soal jenis papan kalsiboard yang dapat memudahkan proses pemasangan, maka jenis Kalsifloor ini merupakan pilihan yang paling tepat. Mengapa demikian? Ya, sebab Kalsifloor ini memiliki bobot yang lebih ringan ketimbang dua jenis kalsiboard diatas tadi.

Jenis-jenis Papan Kalsiboard - kalsifloor

Selain memiliki bobot yang lebih ringan, bahkan pada  pemasangan Kalsifloor ini tidak membutuhkan proses pengecoran lho. Itu sebabnya, mengapa jenis Kalsifloor selalu menjadi pilihan utama bagi mereka yang ingin mendapatkan proses pemasangan dalam waktu singkat.

Bahkan Kalsifloor pun menjadi solusi paling tepat untuk kebutuhan urgent. Selain cocok diaplikasikan untuk dinding atau pafon rumah, Kalsifloor juga sangat ideal diaplikasikan pada bangunan-bangunan tinggi. Adapun ukuran ketebalan papan Kalsifloor yang tersedia mulai dari 3 mm hingga 20 mm.

3. Kalsipart

Jenis papan kalsiobard berikutnya yang akan dibahas, yakni bernama Kalsipart. Sama seperti jenis kalsifloor, yang mana Kalsipart juga memiliki bobot yang lebih ringan dibanding jenis kalsiboard lainnya. Sehingga tak heran jika penggunaan Kalsipart dinilai lebih fleksibel saat proses bongkar pasang.

Jenis-jenis Papan Kalsiboard - kalsipart

Pada umumnya, jenis Kalsipart ini kerap digunakan sebagai dinding sekat di pusat perbelanjaan, kamar darurat di rumah sakit, hingga hunian pribadi. Tak hanya itu, bahkan Kalsipart juga sering diaplikasikan sebagai partisi di ruang perkantoran.

4. Kalsiling

Jika dilihat dari tampilannya, sekilas memang tidak ada yang berbeda antara jenis kalsiling dengan jenis kalsirata tadi. Hanya saja perbedaan dari kedua jenis kalsiboard tersebut terdapat pada ukuran panjang, ketebalan, dan lebarnya.

Jenis-jenis Papan Kalsiboard - kalsiling

Tak cuma itu, kalsilling menyediakan beragam varian ketebalan sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan interior dinding rumah. Bahkan, bahkan jenis kalsilling ini juga sangat ideal digunakan untuk kebutuhan plafon rumah.

Pada pengaplikasikan plafon rumah, kita pun dapat menggunakan bermacam material rangka, entah itu rangka besi atau rangka kayu. Apabila ukuran kalsilling yang digunakan cukup besar dan berat, maka kamu harus menggunakan rangka berbahan besi. Jika ukuran kalsilling-nya terbilang ringan, maka material kayu pun sudah cukup digunakan untuk rangkanya.

5. Kalsiclad

Tak berbeda jauh dengan jenis-jenis kalsiboard sebelumnya, yang mana Kalsiclad ini juga kerap aplikasikan sebagai pelapis dinding untuk mempecantik tampilan interior rumah. Menariknya lagi, ternyata Kalsiclad ini bisa digunakan untuk kebutuhan eksterior.

jenis-jenis papan kalsiboard - Kalsiclad

Sehingga tak heran jika Kalsiclad merupakan alternatif terbaik pengganti gypsum. Papan Kalsiclad dipasaran tersedia kedalam beragam ukuran yang berbeda-beda, entah itu dari sisi ketebalan, panjang, lebar, hingga tingkat ketahanannya.

Jika ingin mengaplikasikan Kalsiclad, sebaiknya kamu menambahkan material khusus yang berupa rangka baja. Ya, hal ini bertujuan agar Kalsiclad bisa terpasang dengan kuat dan tidak mudah goyah.

Disamping itu, proses pemasangan papan Kalsiclad juga harus mempertimbangkan berbagai faktor alam, seperti terpaan angin kencang, gempa bumi, dan lain sebagainya.

Artikel Menarik Lainnya : Ayo Intip Harga Lantai Keramik yang Terbarunya

6. Kalsiplank

jenis-jenis papan kalsiboard - Kalsiplank

Dinilai dari tingkat kekuatannya, mungkin jenis Kalsiplank ini tidak terlalu diandalkan. Namun dari segi keindahan, maka jenis Kalsiplank inilah yang menjadi juaranya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena Kalsiplank hadir kedalam berbagai varian motif menarik, mulai dari motif original hingga motif kayu-kayuan yang menyerupai kayu jati lho.

Nah, itulah beberapa jenis papan kalsiboard yang dapat kamu jumpai dipasaran sehingga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

 

 

Posting Komentar untuk "Beberapa Jenis Papan Kalsiboard Untuk Panel Dinding & Plafon"