Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Mudah Untuk Mengusir Kelabang di Langit-langit Rumah

 

Trik Mudah Untuk Mengusir Kelabang di Langit-langit Rumah

Cara mengusir Kelabang  – Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa area plafon alias langit-langit menjadi bagian dari rumah yang paling sering dilalui oleh berbagai jenis hewan berukuran kecil.

Kelabang pun menjadi salah satu jenis hewan yang kerap muncul di area langit-langit. Tentu saja kelabang tersebut sewaktu-waktu bisa jatuh dan menimpa ke tubuh si penghuni rumah. Pasalnya, dampak dari gigitan kelabang dapat menimbulkan luka yang cukup serius.

Terlebih diarea langit-langit kamar, ada kemungkinan ketika kelabang jatuh kebawah lalu akan masuk kedalam mulut, hidung, atau telinga saat kamu tidur lho!

Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa trik mudah yang ampuh mengusir kelabang di langit-langit rumah.

Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Tips Alami Untuk Mengusir Kelabang

1. Air Cabai & Bubuk Cabe

Tips alami pertama yang dapat kamu gunakan untuk mengusir kelabang dari langit-langit rumah, yakni berupa air cabai. Pasalnya, Cabai rawit memiliki aroma menyengat yang tidak disukai oleh kelabang. Bukan hanya itu, bahkan cabai rawit juga dapat menimbulkan sensasi panas yang dijamin akan membuat si kelabang kabur.

Tips Alami Untuk Mengusir Kelabang - gunakan air cabe & bubuk cabe

Untuk caranya, siapkan beberapa buah cabai rawit kemudian tumbuk sampai hancur. Setelah itu masukan kedalam botol spray, beri air secukupnya, lalu semprotkan langsung pada si kelabang. Saat proses penyemprotan, sebaiknya kamu juga menggunakan kaca mata agar percikan air cabai tersebut tidak terkena mata.

Tak berbeda jauh dengan air cabe, merica bubuk juga sangat ditakuti oleh kelabang dan jenis hama serangga lainnya karena bisa menimbulkan sensasi panas. Untuk caranya, siapkan merica bubuk secukupnya, masukan kedalam botol spray, lalu beri air.

Setelah itu, kamu hanya tinggal menyemprotkannya langsung ke arah si kelabang. Agar lebih efektif lagi, semprokan juga cairan merica bubuk tersebut pada area-area yang memang menjadi sarangnya kelabang. Jika si kelabang sering muncul di area lantai, kamu hanya tinggal menaburkan merica bubuk tersebut tanpa tambahan air.

Artikel Menarik Lainnya : Berbagai Ide Desain Cafe Outdoor yang Kekinian

2. Daun Pandan

Umumnya daun pandan sering digunakan sebagai penambah aroma dan pewarna alami untuk berbagai jenis kuliner manis seperti bolu, cake, kolak, dan lain sebagainya. Ya, hal itu bukan tanpa alasan, mengingat daun pandan memiliki aroma harum yang begitu menggugah selera makan.

Tips Alami Untuk Mengusir Kelabang - gunakan daun pandan

Usut punya usut, ternyata aroma harum daun pandan ini sangat tidak disukai oleh kelabang lho. Mengenai cara mengusirnya, siapkan beberapa helai daun pandan, tumbuk sampai halus, lalu oleskan pada area langit-langit kamarmu. Hasilnya, kamu tidak akan menemukan lagi satu ekor pun kelabang yang jalan-jalan di langit-langit kamar.

3. Racikan Garam, Soda Api, dan Cuka

Tips Alami Untuk Mengusir Kelabang - gunakan garam, soda api, cuka

Menurut kabar yang beredar, campuran garam, soda api dan cuka sangat efektif untuk mengusir sekaligus membunuh kelabang. Adapun mengenai takaran pada masing-masing bahan tersebut seperti berikut :

  • 5 sendok makan garam dapur
  • 5 sendok makan cuka putih (bisa juga cuka masak)
  • 1 sendok setengah makan soda api.

Setelah bahan-bahannya ada, masukan semua bahan tersebut ke dalam wadah plastik kemudian aduk sampai merata. Jika adonnanya sudah mengental seperti pasta, silahkan oleskan pada area langit-langit yang sering dilalui oleh para kawanan kelabang.

Akan tetapi, racikan bahan-bahan ini bisa menimbulkan sensasi panas pada kulit. Maka dari itu, kamu harus menggunakan sarung tangan karet atau plastik agar tidak langsung menyentuh racikan tersebut.

4. Kapur Anti Serangga & Kapur Barus

Apabila cara-cara yang diatas tadi dirasa terlalu ribet, maka penggunaan kapur anti serangga merupakan pilihan paling tepat untuk mengusir kelabang di langit-langit rumah. Setelah kamu membeli kapur anti serangga tersebut, silahkan coretkan pada area langit-langit yang memang sering dilalui oleh si kelabang.

Tips Alami Untuk Mengusir Kelabang - gunakan kapur anti serangga & kapur barus

Dengan begitu, maka si kelabang tidak akan langsung tepar saat melintasi area-area yang telah diberi garis-garis kapur tersebut. Alhasil, ia tidak akan berani lagi untuk hinggap di area langit-langit kamarmu. Setelah selesai menggunakan kapurnya, kamu jangan sampai lupa untuk mencuci tangan.

Selain kapur anti serangga, kamu juga bisa menggunakan kapur barus atau kamper untuk mengusir kelabang di area langit-langit kamar. Bahkan, penggunaan kapur barus ini dinilai lebih aman ketimbang menggunakan kapur serangga tadi lho.

Mengingat posisi si kelabangnya berada di langit-langit, maka dalam hal ini kamu harus lebih kreatif lagi. Mengenai caranya, siapkan beberapa butir kapur barus, tumbuk sampai hancur, lalu masukkan kedalam botol spray. Setelah itu beri air secukupnya, kemudian semprotkan langsung pada si kelabang.

Nah, untuk mencegah kawanan kelabang lainnya, silahkan semprotkan cairan kapur barus tersebut pada sudut langit-langit ruangan rumah.

5. Air Panas

Trik mudah berikutnya yang bisa kamu coba untuk mengusir kelabang dari langit-langit rumah, yakni dengan menyiraminya menggunakan air panas. Cara pun sangatlah mudah, yang mana kamu hanya tinggal memasukan air panas secukupnya ke dalam botol spray.

Tips Alami Untuk Mengusir Kelabang - gunakan air panas

Jika sudah demikian, silahkan semprotkan air panas tersebut tepat ke arah kelabang tersebut. Tapi perlu diingat, posisi kamu tidak boleh sejajar dengan kelabangnya saat proses penyemprotan. Mengapa demikian?

Pasalnya, si kelabang akan langsung jatuh saat kamu semprot dengan air panas tadi. Jika posisimu sejajar dengannya, secara otomatis kelabang ini akan menimpa kepala atau wajahmu!

6. Selalu Bersihkan Area Plafon

Sebenarnya kelabang tak hanya  muncul di area plafon, namun juga ditempat-tempat yang jarang dibersihkan. Oleh karena itu, mulai sekarang kamu harus lebih rajin lagi dalam membersihkan seluruh ruangan rumah termasuk area plafon.

Selalu Bersihkan Area Plafon

Untuk memudahkan proses pembersihan area plafon, maka harus disediakan tangga agar bisa membersihkan setiap sudutnya. Jika tidak ada tangga, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan sapu yang diikat pada sebatang bambu panjang.

Baca Juga : Berbagai Pilihan Jenis Plafon Rumah

Nah, itulah beberapa trik mudah yang bisa kamu lakukan dirumah untuk mengusir kelabang di area langit-langit.

 

Posting Komentar untuk "Trik Mudah Untuk Mengusir Kelabang di Langit-langit Rumah"