Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Jenis Bahan Karpet Rumah yang Wajib Diketahui

 

jenis bahan karpet rumah

Jenis karpet rumah – Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa karpet merupakan salah satu jenis alas lantai yang paling banyak diaplikasikan untuk hunian.

Hal itu bukan tanpa sebab, mengingat penggunaan karpet dapat meningkatkan rasa nyaman sehingga kita bisa lebih leluasa lagi untuk beraktivitas didalam rumah. Saking nyamannya, kita pun bisa tidur diatas karpet.

Selain memberi rasa nyaman, kehadiran karpet juga tentunya dapat meningkatkan nilai keindahan dalam hunian. Namun, hal itu tergantung lagi pada jenis bahan karpet yang digunakan.

Pasalnya, setiap jenis bahan karpet menampilkan karakteristik yang berbeda-beda. Nah, buat kamu yang ingin tahu seputar jenis-jenis bahan karpet rumah, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

8 Jenis Bahan Karpet Terbaik

1. Karpet Bahan Katun

Inilah salah satu jenis karpet lantai rumah yang umumnya digunakan oleh masyarakat. Hal itu bukan tanpa alasan, karena harga karpet katun memang lebih murah dibanding jenis-jenis bahan karpet lainnya.

Karpet Bahan Katun

karpet katun juga menyediakan beragam motif, warna, dan ukuran yang tentunya dapat kamu pilih sesuai selera.

Namun, tingkat kekuatan pada karpet yang satu ini tidak mampu bertahan lama. Itu sebabnya, mengapa jenis karpet katun sering ditempatkan pada area-area ruangan yang tidak terlalu sering dilalui oleh orang-orang.

Baca Juga : Ingin Beli Sofa? Kenali Dulu Jenis-jenisnya Agar Tidak Salah Pilih

2. Karpet Bahan Nilon

Selain karpet bahan katun, karpet nilon juga menjadi salah satu jenis karpet yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat kita. Mengenai spesifikasinya, jenis karpet nilon ini memiliki tingkat kekuatan yang cukup bagus.

Karpet Bahan Nilon

Buan hanya itu, bobot karpet nilon jauh lebih ringan sehingga membuatnya mudah dibawa kemana-mana. Belum lagi harga karpet nilon yang ramah dikantong, sehingga cocok bagi kamu yang ingin mempercantik tampilan rumah dengan minim budget.

Meski menawarkan harga yang terjangkau, namun penggunaan karpet nilon juga dapat meningkatkan nilai estetika pada sebuah hunian.

3. Karpet Bahan Polypropylene

Walaupun istilah Polypropylene tidak terlalu familiar, namun jenis karpet yang satu ini sangat laris dipasaran. Pasalnya, harga karpet Polypropylene relative terjangkau.

Karpet Bahan Polypropylene

Perlu diketahui, karpet Polypropylene ini terbuat dari bahan serat sintetis yang memiliki teksur elastis. Tak hanya bertekstur elastis, bahkan karpet Polypropylene juga sangat mudah dibersihkan dan tidak membutuhkan perawatan khusus.

Kendati demikian, terdapat satu kekurangan dari karpet Polypropylene yang harus kamu ketahui. Ya kekurangan dari karpet Polypropylene, yakni warna permukaannya yang mudah memudar seiring berjalannya waktu.

4. Karpet Bahan Wol

Karpet Bahan Wol

Bagi kamu yang ingin mendapatkan karpet dengan tekstur super lembut, maka karpet berbahan wol ini merupakan pilihan paling tepat.

Meski memiliki tekstur yang halus, namun karpet wol ini memiliki daya tahan tinggi serta tahan terhadap air maupun nodal lho.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran jika karpet wol dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Bukan hanya itu, karpet wol juga membutuhkan perawatan khusus dan tepat agar awet sehingga bisa digunakan selama bertahun-tahun.

5. Karpet Bahan Kulit Hewan

Karpet Bahan Kulit Hewan

Dari namanya saja sudah sangat jelas, yang mana material karpet ini terbuat dari bahan kulit hewan asli. Dikarenakan materialnya yang terbuat dari bahan kulit hewan asli, tentu saja tingkat kekuatan dan keawetannya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Secara otomatis harga karpet kulit hewan ini jauh lebih mahal dibandingkan jenis karpet sisal maupun jenis karpet lainnya. Namun, kulit karpet hewan dinilai kurang cocok jika di tempatkan pada area dengan tingkat kelembapan tinggi seperti dapur.

Dengan kata lain, karpet kulit hewan lebih cocok ditempatkan pada ruangan yang kering, seperti ruang tamu dan ruang keluarga.

6. Karpet Bahan Sutra

Tak berbeda jauh dengan jenis karpet kulit hewan, dimana karpet Sutra juga merupakan jenis karpet kelas atas yang menawarkan harga mahal. Itu sebabnya, mengapa jenis karpet Sutra hanya bisa kita temui pada rumah-rumah kalangan menengah ke atas saja.

Karpet Bahan Sutra

Dengan harganya yang mahal, sudah pasti tingkat kekuatan dan keawetan pada karpet Sutra ini sangatlah mumpuni. Bukan hanya itu, bahkan penggunaan jenis karpet yang satu ini juga dapat mempertegas nuansa mewah, elegan, dan glamour.

Seiring dengan berjalannya waktu, kini karpet Sutra menghadirkan berbagai varian motif, warna, dan ukuran sehingga bisa kita pilih sesuai dengan konsep rumah.

7. Karpet Bahan Vinyl

Jika jenis karpet kulit hewan dan karpet sutra unggul dari segi kekuatan, maka jenis karpet vinyl ini unggul dari segi kelenturan. Sehingga tak heran jika penggunaan karpet vinyl ini dapat menghadirkan kenyamanan yang maksimal saat dipijak.

Karpet Bahan Vinyl

Pada umumnya, jenis karpet vinyl kerap digunakan untuk melapisi seluruh permukaan lantai agar dapat memberikan nuansa yang lebih berbeda. Adapun mengenai beragam ukuran karpet vinyl yang tersedia dipasaran, mulai dari 0,5 mm hingga 2,2 mm.

Tak hanya itu, karpet vinyl juga menghadirkan berbagai varian motif seperti motif kayu, motif bebatuan, motif keramik, dan masih banyak lagi.

Artikel Serupa : Informasi Harga Karpet Terbaru Berdasarkan Ukuran dan Jenisnya

8. Karpet Bahan Sisal

Menurut kabar yang beredar, material karpet sisal ini terbuat dari bahan tanaman yang memiliki daya tahan cukup tinggi. Dinilai dari segi tekstur, permukaan pada karpet Sisal memang agak kasar sehingga dapat mengurangi tingkat kenyamanan saat kita berbaring diatasnya.

Karpet Bahan Sisal

Mengingat teksturnya yang agak kasar, tentu saja jenis karpet yang satu ini lebih cocok diaplikasikan pada lantai dengan permukaan licin. Pasalnya, penggunaan karpet Sisal pada lantai licin mampu menurunkan risiko bahaya terpeleset.

Nah, itulah beberapa jenis bahan karpet yang bisa ditemui dipasaran, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya.

 

 

 

Posting Komentar untuk "8 Jenis Bahan Karpet Rumah yang Wajib Diketahui"