Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Beli Sofa? Kenali Dulu Jenis-jenisnya Agar Tidak Salah Pilih

 

jenis-jenis sofa

Jenis-jenis Sofa – Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa ada banyak sekali jenis furniture untuk menunjang kebutuhan dalam rumah. Tentu saja pada masing-masing jenis furniture tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Begitu pun dengan fungsi sofa yang pastinya akan berbeda dengan jenis furniture lainnya. Fungsi utama sofa itu sendiri sebagai tempat duduk yang umumnya di letakkan diarea ruang tamu dan keluarga. Selain berfungsi sebagai tempat duduk, keberadaan sofa ini juga dapat memperindah tampilan ruangan tersebut.

Namun, hal itu tergantung pada jenis sofa yang digunakan. Pasalnya, setiap jenis sofa tampil dengan karakteristik tersendiri. Oleh karenanya, penting bagi kita untuk mengetahui karakteristik pada setiap jenis sofa.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai jenis-jenis sofa, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

10 Jenis Sofa Terbaik

1. The Classic Round Arm Sofa

The Classic Round Arm Sofa

Dari namanya sudah sangat jelas, yang mana sofa ini tampil dengan menghadirkan nuansa klasik. Tak hanya indah dilihat, bahkan tingkat kekuatan dan keawetan pada The Classic Round Arm Sofa ini sangat mumpuni.

Bagaimana tidak? sebab The Classic Round Arm Sofa mampu bertahan hingga puluhan tahun lamanya lho. Pada awal kemunculannya, sofa tersebut biasanya akan dilengkapi dengan sarung atau pelapis bermotif bunga-bungaan.

Seiring dengan perkembangan zaman, kini The Classic Round Arm Sofa tampil dengan mengusung linen berwarna putih dan fabric neutral yang membuatnya tampak lebih mewah.

Baca Juga : Awas Jangan Sampai Salah! Begini Cara yang Benar Dalam Memilih Kasur 

2. Sofa Cabriole

sofa cabriole

Menurut kabar yang beredar, jenis Sofa Cabriole ini sudah ada sejak awal abad ke-18 pada zaman raja Louis XV. Dengan demikian, maka tak heran jika Sofa Cabriole selalu identik dengan furniturenya para bangsawan.

Sebab penggunaan Sofa Cabriole ini memang dapat mempertegas kesan mewah dan elegan. Mengenai ciri khasnya, Sofa Cabriole memiliki bingkai kayu terbuka yang dipercantik dengan adanya ukiran-ukiran khas klasik.

Bukan hanya itu, bagian punggung dan lengannya tampak tersambung karena memiliki ukuran tinggi yang sama. Sementara bagian kakinya terdapat lengkungan, yang mana bagian atas dan bawahnya juga tampak cembung.

3. Sofa Camel Back

Sofa Camel Back

Biasanya Sofa Camel Back mengusung bentuk yang lebih ramping dengan lengkungan menjulang di bagian sisi kanan dan kirinya. Dinamai dengan Camel, dikarenakan bagian lengkungannya memang menyerupai punggung unta.

Sofa Camel Back mempunyai lengan setinggi sandaran punggung dengan ujung persegi. Sementara bagian kakinya tampak terekspos dan tidak dibekali dengan bantalan punggung. Jenis sofa yang satu ini benar-benar menghadirkan perpaduan nuansa tradisional dengan modern, sehingga cocok diaplikasikan pada semua tipe hunian.

Artikel Menarik Lainnya : Tips Mudah Memilih Cat Rumah Agar Sesuai Kebutuhan 

4. Sofa Chesterfield

Sofa Chesterfield

Indah, mewah, dan elegan, itulah kesan-kesan yang tergambar pada jenis Sofa Chesterfield. Hal itu bukan tanpa alasan, karena lapisan luarnya terbuat dari bahan kulit asli. Sehingga tak heran jika harga Sofa Chesterfield ini tergolong cukup fantastis.

Sofa Chesterfield tampil dengan bentuk yang panjang dan tebal, serta terdapat kancing yang ada di bagian dalam dan belakang. Adapun mengenai ciri khas dari Sofa Chesterfield yang tidak dimiliki oleh jenis sofa lainnya, yakni lengan sofa yang digulung dan tingginya sama dengan bagian punggung.

Dengan menggunakan jenis sofa yang satu ini, tentu saja tampilan ruangan rumahmu akan seperti rumah sultan lho.

5. Sofa Chaise

Sofa Chaise

Jenis sofa terbaik berikutnya yang akan dibahas, yakni bernama Chaise. Menurut informasi yang didapat, istilah Chaise tersebut berasal dari kata “Chaise Launge“ yang berarti Kursi Panjang. Dengan kata lain, sofa Chaise ini merupakan tempat untuk bersandar sebagai kursi dan bangku kaku dalam satu kursi.

Untuk tampilan fisiknya, sofa Chaise mempunyai punggung yang terdiri dari satu hingga dua atau bahkan tanpa lengan. Kendati demikian, terdapat pula sofa Chaise yang memiliki kontur sehingga membuatnya tampak lebih elegan dan cocok dijadikan tempat untuk berbaring.

Sedangkan untuk tipe lainnya tampil dengan bentuk tegak, serta terkesan mengusung kontemporer dan bisa digunakan untuk duduk bersebelahan maupun bersandar.

6. Sofa Tuxedo

Sofa Tuxedo

Selain Chaise, Tuxedo juga merupakan salah satu jenis sofa terbaik yang tentunya jangan sampai kamu lewatkan. Sofa Tuxedo dirancang oleh desainer interior ternama, yakni Billy Baldwin. Namun, terdapat banyak sekali iterasi pada jenis Sofa Tuxedo tersebut.

Sebagai pembedanya, biasanya Sofa Tuxedo tampil dengan bentuk kotak dimana bagian lengannya memiliki ukuran tinggi yang sama dengan punggung dan kaki berlapis ataupun terbuka.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, jenis Sofa Tuxedo memiliki tampilan yang begitu bersih, berjajar geometris, serta sudah dilapisi dengan kain.

7. Sofa Bed

Sofa Bed

Untuk yang tinggal di rumah tipe minimalis, tentu saja kalian sudah tidak asing lagi dengan jenis sofa yang satu ini kan? Ya jelas demikian, sebab Sofa Bed memang selalu menjadi pilihan utama untuk diaplikasikan pada hunian tipe minimalis.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena Sofa Bed memiliki sifat multifungsi yang dapat digunakan sebagai tempat duduk maupun tempat tidur. Adapun mengenai ciri khas dari Sofa Bed, seperti menonjolkan jahitan-jahitan kecil dan bagian lengannya terlihat tampak tersembunyi.

Bukan hanya itu, jenis Sofa Bed juga memiliki tekstur yang begitu halus dan lembut dengan bantalan-bantalan super empuk. Bahkan, ada pula beberapa tipe Sofa Bed yang sudah dilengkapi dengan roda. Itu sebabnya, mengapa jenis Sofa Bed sangat ideal digunakan untuk menghadirkan kenyamanan secara maksimal.

8. Sofa Loveseat

Sofa Loveseat

Pada dasarnya, jenis Sofa Loveseat di definisikan oleh bagian punggung berbentuk lurus dengan ruang dibagi dua orang untuk duduk secara nyaman. Bahkan, jenis sofa yang satu ini juga bisa masuk ke sudut yang sempit sekalipun lho.

Untuk mempertas kesan kehangatan, biasanya Sofa Loveseat ini akan dialasi dengan karpet bulu. Tak hanya dapat mempertegas nuansa hangat, perpaduan Sofa Loveseat dengan karpet bulu ini juga tentunya akan meningkatkan rasa kenyamanan di dalam ruangan.

Baca Juga : Informasi Harga Karpet Terbaru Berdasarkan Ukuran dan Jenisnya

9. Sofa Lawson Style

Sofa Lawson Style

Sofa Lawson Style memang dibuat untuk meningkatkan kenyamanan serta menonjolkan nuansa stylish. Sofa ini tampil dengan bentuk tegas, padat, dan kokoh. Biasanya, Sofa Lawson Style terdiri dari tiga dudukan dengan bantalan punggung pada masing-masing dudukannya.

Tak hanya itu, bagian lengannya pun tampak lebih rendah dari sandaran dengan bentuk melingkar atau persegi. Belum lagi materialnya yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi, sehingga tingkat kenyamanan pada Sofa Lawson Style ini benar-benar begitu terasa.

10. Sectional Sofa

Sectional Sofa

Jenis sofa terakhir yang akan dibahas, yakni bernama Sectional Sofa. Sebenarnya sofa ini bisa dibilang sebagai gabungan dari beberapa jenis sofa yang dibuat menjadi satu.

Pasalnya, Sectional Sofa terdiri dari 3 – 5 species tempat duduk. Ukuran yang tersedia cukup bervariasi, sehingga dapat kita pilih yang sesuai dengan ukuran ruang tamu. 

Itulah deretan jenis sofa terbaik yang dapat kamu jumpai dipasaran.

Jadi, jenis sofa manakah yang akan kamu beli hari ini...???

 

 

Posting Komentar untuk "Ingin Beli Sofa? Kenali Dulu Jenis-jenisnya Agar Tidak Salah Pilih"