Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Buat Tempat Tidur Dari Palet Kayu Bekas? Ikuti Tips Ini

 

Tempat Tidur Dari Palet Kayu Bekas

Tempat Tidur Dari Palet Kayu Bekas – Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa tidur merupakan salah satu kebutuhan bagi manusia. Ya, sebab tidur menjadi sarana untuk mengistirahatkan tubuh secara total, sehingga nanti ketika bangun stamina dan pikiran seseorang akan kembali segar.

Akan tetapi, kualitas tidur seseorang sangat dipengaruhi oleh kondisi didalam kamarnya. Tempat tidur pun menjadi salah satu elemen yang berpengaruh besar terhadap kualitas tidur.

Maka dari itu, sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk membuat tempat tidur dengan senyaman mungkin.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan memberikan tips mengenai cara membuat tempat tidur dari palet kayu bekas. 

Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Langkah-langkah Membuat Tempat Tidur Dari Palet Kayu Bekas

Langkah-langkah Membuat Tempat Tidur Dari Palet Kayu Bekas

  • Untuk langkah yang pertama, silahkan bersihkan dulu palet kayu sampai benar-benar bersih
  • Setelah itu aplikasikan bahan pengawet kayu agar kuat terhadap serangan jenis hewan perusak kayu
  • Jika sudah demikian, keringkan palet kayu dengan menggunakan MC meter. Pastikan levelnya sesuai standar yang direkomendasikan
  • Untuk merangkai bagian atasnya, siapkan setidaknya 3 – 4 buah palet kayu yang ukurannya sesuai seleramu
  • Kemudian susun palet kayu tersebut dengan pola berbaris panjang atau melebar
  • Untuk media perekatnya, kamu bisa memberi lem khusus atau dengan memaku palet kayu satu sama lainnya
  • Agar lebih kuat lagi, kamu dapat mengaplikasikan lem dan paku secara bersamaan untuk merekatkan antar palet kayu tersebut
  • Saat hendak memasang bagian atas tempat tidurnya, sambungkan dengan dowel potongan kayu memanjang di atas bagian kepala tempat tidur
  • Setelah itu, kamu bisa langsung memasang kasur di bagian atas palet kayu.

Baca Juga : Review Harga Kasur Springbed di Bandung Terbaru 2022 Dari Berbagai Merk

Berbagai Cara Finishing Untuk Palet Kayu Dengan Cat Biovarnish

1. Membuat Finishing Dengan Tampilan Natural Menggunakan Biovarnish

Membuat Finishing Dengan Tampilan Natural Menggunakan Biovarnish

Dalam menciptakan finishing dengan gaya natural, kamu pun hanya perlu menggunakan kuas dan bahan pelarut jenis water bassed (pelarut air). Sebelum melakukan proses pengecatan, maka palet kayu harus diamplas terlebih dulu. Adapun mengenai langkah-langkahnya seperti berikut:

  • Kamu bisa menggunakan kertas amplas mulai dari nomor 180. Pada bagian sudutnya, cobalah amplas secara manual agar hasilnya lebih merata. Setelah selesai mengamplas menggunakan kertas amplas 180, gantilah kertas amplasnya dengan nomor 220, kemudian gosok permukaan palet kayu hingga bersih.
  • Setelah permukaan palet kayunya bersih dan mulus, aplikasikan cat Biovarnish yang warnanya sesuai selera. Adapun beberapa cara pengaplikasian Biovarnish yang dapat kamu lakukan seperti berikut:
  • Campurkan cat Biovarnish wood filler dengan sedikit air agar teksturnya encer. Kemudian aplikasikan Biovarnish dengan menggunakan kain, lalu usapkan secara berlawanan dengan arah serat kayu.
  • Diamkan sampai permukaannya kering, selanjutnya amplas dengan kertas amplas nomor 240.
  • Mencampurkan Biovarnish wood stain dengan air yang tingkat perbandingannya 2:1. Kemudian aduk sampai merata dan kuaskan yang searah dengan serat kayu, lalu diamkan sampai mengering.
  • Setelah itu gosok permukaannya dengan menggunakan kertas amplas nomor40 seara ambang. Apabila warnanya masih kurang tajam, silahkan amplas lagi hingga warnanya sesuai dengan keinginanmu.
  • Mencampurkan Biovarnish Clear Coat Gloss dengan air perbandingan 2:1, aduk merata lalu kuaskan cat ke arah serat. Tunggu selama 24 jam agar permukaan kayu kering secara sempurna.

2. Membuat Finishing Biovarnish Dengan Hasil Antik Black Wash

Biovarnish Dengan Hasil Antik Black Wash

Apakah kamu sudah merasa bosan dengan warna cat kayu yang begitu-begitu saja? Jika iya, maka sudah saatnya untuk membuat tempat tidur palet kayu yang terkesan antik. Terdapat beragam cara yang bisa dilakukan seperti dibawah ini:

  • Campurkan Biovarnish Liquid Stain dengan air perbangingan 2:1, aduk merata dan kuaskan ke seluruh permukaan palet kayu. Setelah itu oleskan kuas ke semua permukaan kayu yang searah serat, diamkan sampai kering, kemudian amplas secara ambang dan bersihkan debunya.
  • Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer yang sudah diencerkan, lalu sapukan cat ke semua permukaan palet kayu. Diamkan agar lapisannya menjadi lebih kering, kemudian amplas secara ambang.
  • Aplikasikan Biovarnish Glaze berwarna hitam yang sudah diencerkan dengan sedikit air, kemudian kuaskan ke permukaan palet kayu dan lap menggunakan kain kering searah serat kayu. Diamkan kurang lebih sekitar 10 menit agar lapisannya mengering.
  • Aplikasikan Biovarnish Clear Coat Gloss yang telah diencerkan dengan sedikit air, kemudian kuaskan ke semua permukaan palet kayu searah seratnya, dan tunggu selama 1 hari.

3. Membuat Finishing Dengan Gaya Rustic

Membuat Finishing Dengan Gaya Rustic

Untuk menciptakan kesan rustic, maka kamu harus merusak dulu beberapa bagian palet kayunya dengan menggunakan sikat kawat yang searah serat kayu. Selain itu, ada juga beberapa kerusakan yang harus dilakukan dengan menggunakan palu.  

Setelah permukaan palet kayu terlihat rusak, silahkan amplas permukaannya dengan menggunakan kertas amplas nomor 220. Biar lebih jelasnya lagi ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Campurkan Biovarnish Wood Stain warna walnut brown dengan sedikit air, aduk hingga merata, lalu kuaskan cat ke semua permukaan kayu.
  • Diamkan selama 1 jam, lalu amplas permukaan palet kayu secara ambang.
  • Ulangi proses aplikasinya sampai warna kayu menjad lebih tajam. Dengan begitu, kamu dapat melihat efek dari kerusakan yang mempunyai warna lebih gelap. Nah, efek tersebutlah yang dinamai dengan kesan rustic.
  • Pada tahap terakhir, silahkan aplikasikan Biovarnish Cleat Coat Gloss yang sudah diencerkan dengan sedikir air, lalu kuaskan cat ke semua permukaan palet kayu yang searah serat
  • Diamkan selama seharian agar proses pengeringannya sempurna.

Baca Juga : Review Harga Cat Kayu Terbaru Beserta Spesifikasinya

Bagaimana, cukup mudah dan simple bukan?

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara membuat tempat tidur dari palet kayu bekas, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Ingin Buat Tempat Tidur Dari Palet Kayu Bekas? Ikuti Tips Ini"