Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ragam Jenis Lem Kayu Beserta Karakteristiknya

 

Jenis lem kayu

Jenis lem kayu – Furniture atau perabotan rumah pada umumnya terbuat dari material kayu. Hal itu bukan tanpa alasan, karena material kayu dapat menghadirkan kesan yang lebih natural dan elegan.

Akan tetapi, tak jarang perabotan kayu tersebut mengalami berbagai masalah seperti terjadi retak hingga patah akibat benturan keras.

Kabar baiknya, perabotan kayu yang mengalami retak dan patah bisa diperbaiki lagi dengan menggunakan lem khusus kayu.

Namun, ada berbagai jenis lem kayu yang tersedia dipasaran dengan mengusung karakteristik tersendiri. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk memahami karakteristik pada setiap jenis lem kayu.

Nah, buat kamu yang ingin tahu seputar jenis-jenis lem kayu, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

5 Jenis Lem Kayu Paling Umum Digunakan

1. Lem Epoxy

Salah satu kelebihan dari Lem Epoxy yang tidak dimiliki oleh jenis lem lainnya, yakni kemampuannya yang tahan teradap suhu tinggi.

jenis Lem Epoxy

Sehingga tak heran jika lem epoxy sangat ideal digunakan untuk merekatkan material kayu. Selain kayu, bahkan lem tersebut juga bisa kamu gunakan untuk merekatkan keramik, besi, dan material lainnya.

Kabarnya, komposisi Lem Epoxy terdiri dari dua kandungan yang berupa resin dan pengeras. Itu sebabnya, mengapa Lem Epoxy memiliki tekstur yang keras dan tahan terhadap air maupun bahan kimia lainnya.

Namun, kamu harus berhati-hati saat hendak mencampurkan Lem Epoxy dengan zat kimia lainnya. Pasalnya, Lem Epoxy ini akan langsung menunjukan reaksi pengeringan dengan cepat dan maksimal.

Artikel serupa: Jenis-jenis Cat Epoxy Lantai yang Menarik Untuk Dibahas

2. Lem Aica Aibon

Lem Aica Aibon ini boleh dibilang sebagai jenis lem yang bersifat multifungsi. Mengapa bisa demikian?

jenis Lem Aica Aibon

Hal itu bukan tanpa alasan, karena lem aica aibon dapat digunakan untuk merekatkan berbagai material, seperti kayu, besi, melamin, beton, logam, dan lain sebagainya.

Berbicara soal komposisinya, lem Aica Aibon terbuat dari bahan pelarut organik dan karet sintetis sehingga teksturnya cukup elastis.

Walaupun sifatnya yang elastis, ternyata Lem Aica Aibon memiliki daya rekat dan daya tahan yang sangat baik.

Cara penggunaanya pun cukup mudah, yang mana kamu hanya perlu membersihkan permukaan material kayu, lalu oleskan dan ratakan lem pada permukaan kayu yang akan direkatkan.

Setelah itu tunggu sampai lem mengering, kemudian sambungkan dua sisi material kayu yang sudah dilem tadi.

3. Lem Cyanoacrylate Adhesive

Pada dasarnya, Lem Cyanoacrylate Adhesive tampil dengan tekstur yang berbentuk cairan bening.

Menariknya lagi, lem ini dapat meninggalkan bekas dengan warna gelap yang bisa menyesuaikan tingkat residu dari bahan yang direkatkan.

jenis Lem Cyanoacrylate Adhesive

Umumnya, Lem Cyanoacrylate Adhesive digunakan untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan ringan terhadap material kayu.

Misalkan seperti keretakan kecil atau di bagian ujung material kayunya terdapat sedikit kerusakan.

Salah satu kelebihan dari Lem Cyanoacrylate Adhesive ini adalah proses pengeringannya yang sangat cepat, sehingga ideal digunakan bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu.

Dibalik keunggulannya, ternyata lem Lem Cyanoacrylate Adhesive juga memiliki kelemahan yang menarik untuk dibahas.

Bukan hanya itu, tekstur pada lem Cyanoacrylate Adhesive juga tidak terlalu kuat sehingga membuatnya mudah patah.

Bahkan, lem ini dapat meresap ke dalam pori-pori kayu yang menjadikannya tidak cocok digunakan untuk mengisi gap pada sambungan kayu.

4. Lem PU (Lem Polyurethane)

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa lem PU kerap digunakan untuk kebutuhan furniture indoor dan outdoor.

jenis Lem PU

Akan tetapi, sebelum menggunakan Lem Polyurethane, maka kamu harus membasahi dulu permukaan material kayunya, kemudian lap dengan menggunakan kain hingga kering.

Hal tersebut bertujuan untuk membersihkan kotoran atau partikel yang masih menempel pada material kayu.

Jika sudah bersih, silahkan lem material kayu yang hendak direkatkan, lalu tempelkan kedua sisinya. Setelah itu, kamu hanya tinggal mendiamkannya semalaman agar lem bisa mengering dengan sempurn

5. Lem Putih PVAc

Jenis lem kayu berikutnya yang akan dibahas, yakni berupa Lem Putih PVAc. Ya, lem ini memang cocok digunakan untuk kebutuhan furniture indoor maupun outdoor.

jenis Lem Putih PVAc

Pasalnya, Lem Putih PVAc mempunyai sifat yang lentur sehingga membuatnya bisa disesuaikan dengan berbagai kondisi cuaca.

Hebatnya lagi, bahkan Lem Putih PVAc juga tidak akan meninggalkan bekas setelah proses perekatan materialnya selesai. Sebab, ketika sudah mengering maka warna lemnya akan berubah menjadi bening.

Namun, terdapat satu kekurangan dari Lem Putih PVAc yang harus kamu ketahui. Adapun kekurangan dari Lem Putih PVAc, yakni proses pengeringannya yang terbilang lama.

Maka dari itu, perekatan material kayu dengan Lem Putih PVAc ini tidak bisa diburu-buru. Daya rekat dan ketahanan lem putih PVAc sudah terbukti bagus, sehingga membuatnya ideal digunakan untuk berbagai kebutuhan konstruksi.

Bagaimana Cara Membersihkan Lem Kayu di Tangan?

cara membersihkan lem kayu pada tangan

Mengingat daya rekatnya yang sangat kuat, tentu saja tangan yang terkena lem kayu akan cukup sulit dihilangkan. Selain itu, tanganmu juga akan terasa sangat tidak nyaman.

Nah, berikut di bawah ini ada beberapa cara untuk membersihkan tangan saat terkena lem kayu:

* Rendam Dalam Air Sabun yang Hangat

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan tangan dari lem kayu, yakni dengan merendam tangan didalam air sabun yang hangat.

Supaya lemnya benar-benar terlepas, sebaiknya rendam tanganmu selama 5 hingga 10 menitan. Akan tetapi, segera hentikan cara ini jika tanganmu terasa sakit atau seperti ada sensasi terbakar.

Baca juga: Trik Mudah Untuk Mengusir Kelabang di Langit-langit Rumah

* Gunakan Mentega & Minyak

Inilah salah satu cara alami yang paling aman untuk menghilangkan lem kayu pada tangan. Mengenai caranya, silahkan rendam terlebih dulu tanganmu didalam air hangat.

Kemudian oleskan minyak atau mentega ke area tangan yang terkena lem kayu. Jika sudah demikian, pijat-pijat area tersebut hingga lemnya terlepas dari tanganmu.

* Gunakan Garam

Tak banyak orang yang tahu, bahwa garam juga bisa digunakan untuk membersihkan lem kayu pada tangan lho.

Siapkan garam dapur secukupnya, lalu campurkan dengan sedikit air sambil diaduk-aduk hingga teksturnya mengental seperti pasta.

Oleskan garam tersebut pada area tangan yang terkena lem kayu, dan biarkan selama 1 menit saja. Bilas dengan sedikit air, kemudian gosok-gosok tanganmu sampai lemnya terkelupas.

Itu dia penjelasan singkat mengenai jenis-jenis lem kayu beserta tips membersihkannya.

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Ragam Jenis Lem Kayu Beserta Karakteristiknya"