Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Awas Jangan Sampai Salah! Begini Cara yang Benar Dalam Memilih Kasur

 

Tips Memilih Kasur...!!!

Tips memilih kasur – Tidur menjadi salah satu cara yang paling tepat untuk memanjakan tubuh secara total. Itu sebabnya, mengapa memiliki kualitas tidur yang baik menjadi dambaan bagi setiap orang.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena kualitas tidur mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap tingkat kesehatan dan kebugaran tubuh kita lho. Jika kualitas tidurnya baik, maka kesehatan tubuh kita juga akan senantiasa terjaga.

Menurut para pakar kesehatan, yang menyebutkan bahwa orang dewasa itu membutuhkan waktu tidur selama 6 sampai 8 jam per harinya. Ngomong-ngomong soal kenyamanan tidur, tentu saja sebuah kasur menjadi hal yang tidak boleh dianggap enteng.

Pasalnya setiap jenis kasur memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, mulai dari tekstur, tingkat keempukan, kekuatan, hingga harga.

Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan memberikan beberapa tips dalam memilih kasur. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

6 Tips Ampuh Dalam Memilih Kasur

1. Sesuaikan Dengan Ukuran Tinggi Badanmu

Tips Memilih Kasur - sesuaikan dengan ukuran tinggi badan

Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan saat memilih kasur, yakni ukuran tinggi badan. Dengan kata lain, pilihlah kasur yang ukurannya sesuai dengan ukuran tinggi badanmu. Pada umumnya, ukuran kasur yang ideal itu harus lebih tinggi 10 hingga 15 cm dari tinggi badan si pengguna.

Misalkan saja ukuran tinggi badanmu itu adalah 160 cm, maka ukuran panjang kasurnya harus mencapai 170 atau 175 cm.

Sebagai alternatif, sebaiknya kamu pilih ukuran kasur double yang mempunyai permukaan luas agar dapat meningkatkan kenyamanan.

Baca Juga : Berbagai Jenis Desain Rumah Terpopuler di Indonesia

2. Sesuaikan Dengan Riwayat Kesehatan

Tips Memilih Kasur - sesuaikan dengan riwayat kesehatan

Selain menyesuaikan dengan ukuran tinggi badan, penting juga bagi kamu untuk memilih kasur yang sesuai dengan riwayat kesehatan. Apabila kamu mempunyai alergi terhadap debu, maka pilihlah jenis kasur yang materialnya tahan terhadap debu, anti jamur, anti tungau, dan lain sebagainya.

3. Sesuaikan Dengan Ukuran Luas Kamar

Tips Memilih Kasur - sesuaikan dengan ukuran luas kamar

Tak sedikit para konsumen yang membeli kasur, namun ukuran kasur yang dibelinya itu tidak muat untuk disimpan di kamar. Oleh karena itu, usahakan untuk mengukur luas kamar terlebih dulu sebelum memutuskan membeli kasurnya.

Dengan demikian, secara otomatis ukuran kasurnya akan sesuai dengan ukuran kamarmu. Bagi kamu yang tinggal di rumah berukuran kecil, sebaiknya pilih kasur yang ukurannya tidak terlalu besar agar tidak memakan banyak tempat.

Selain itu, pastikan juga pada kamarmu itu masih memiliki space ruangan yang cukup untuk menyimpan berbagai barang-barang atau furniture.

4. Coba Cek Tingkat Kelembutan Kasurnya

Tips Memilih Kasur - mengecek tingkat kelembutan kasur

Sebenarnya kasur yang memiliki tekstur lembut memang dapat meningkatkan rasa nyaman saat kita berbaring diatasnya. Namun perlu diketahui, bahwa tingkat kelembutan kasur juga harus disesuaikan dengan bobot tubuh kita.

Untuk kamu yang berat badannya lebih dari 80 kg, maka jangan gunakan kasur yang teksturnya terlalu lembut. Mengapa demikian?

Pasalnya, tekstur kasur yang terlalu lembut itu tidak akan mampu menopang berat badanmu dengan baik lho. Oleh karenanya, pilih kasur yang teksturnya lebih padat.   

5. Jangan Mudah Tergoda Oleh Harga yang Murah

Tips Memilih Kasur - jangan mudah tergoda harga murah

Usahakan untuk tidak langsung tergoda oleh produk kasur yang menawarkan harga murah. Hal itu bukan tanpa alasan, karena harga tidak akan pernah membohongi soal kualitas. Semakin mahal harga yang ditawarkan, maka akan semakin bagus pula kualitas dari kasur tersebut.

Kendati demikian, kamu juga jangan sampai lupa untuk memperhatikan material dan merk dari kasurnya. Atau, minatalah bantuan pada si penjual atau pegawainya untuk dicarikan produk kasur yang berkalitas tinggi dengan harga terjangkau.

6. Kenali Karakteristik Jenis Kasur

Tips Memilih Kasur - kenali karakteristik jenis kasur

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa setiap jenis kasur itu menghadirkan spesifikasi yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban bagi kamu untuk mengenali karakteristik pada setiap jenis kasur tersebut. Adapun mengenai beberapa jenis kasur yang umumnya dijumpai dipasaran seperti berikut:

Kasur Spring Bed

Kasur Spring Bed memiliki daya pegas karena di bagian berkat per yang tersemat didalamnya. Nah, daya pegas tersebutlah yang akan meningkatkan rasa nyaman saat kita bergerak diatas kasur spring bed.

Biasanya jenis Kasur Spring Bed ini terdiri dari dua tipe berbeda, yakni Kasur Spring Bed innerspring dan Kasur Spring Bed hybrid. 

Mengenai perbedaannya, Kasur Spring Bed innerspring ini tidak dibekali dengan lapisan foam, sedangkan Kasur Spring Bed hybrid memiliki lapisan foam di bagian dalamnya. Dengan demikian, maka tak heran jika harga Kasur Spring Bed hybrid agak lebih mahal dari Kasur Spring Bed innerspring.

Artikel Menarik Lainnya : Jenis-jenis Kayu yang Sering Digunakan Untuk Membuat Furniture

Kasur Busa

Ini dia salah satu jenis kasur yang memang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal itu bukan tanpa alasan, karena kasur busa menawarkan harga yang lebih murah dibanding jenis kasur spring bed.

Selain menawarkan harga yang lebih terjangkau, jenis Kasur busa juga mampu mengikuti tekanan tubuh dengan sangat baik lho.

Bukan hanya itu, pada bagian atas permukaan kasurnya sudah dilapisi dengan kain penutup yang dapat meningkatkan rasa nyaman. Adapun mengenai bagian dalamnya dirancang lebih rapat, sehingga membuatnya tidak akan menimbulkan suara berisik ketika bergerak.

Akan tetapi, terdapat salah satu kekurangan dari Kasur busa yang harus kamu ketahui. Jika kasur busa sering mendaptkan tekanan berat, maka akan membuat tekstur permukaannya menjadi kendor.

Kasur Latex

Menurut informasi yang didapat, Kasur Latex boleh dibilang sebagai pendatang baru dalam dunia perkasuran. Meski demikian, kehadiran Kasur Latex ini sudah langsung memikat hati konsumen. Hal tersebut dikarenaan kasur latex memang sangat nyaman digunakan.

Selain dapat meningkatkan kenyamanan tidur, bahkan Kasur Latex pun sudah terbukti ramah terhadap lingkungan. Tak hanya itu, Kasur Latex juga dapat mengikuti postur tubuh sehingga cocok untuk penderita sakit punggung

Kasur Hybrid

Pada dasarnya jenis kasur hybrid merupakan gabungan material pegas besi berulir anti korosif dengan material PU foam berkualitas tinggi. Pada bagian atasnya sudah dilapisi dengan super soft soam serta plain knitted fabric yang memiliki tekstur lembut, adem, dan nyaman.

Bukan hanya itu, tekstur busanya benar-benar empuk sehingga akan meningkatkan rasa nyaman. Tak hanya itu, bahkan Kasur Hybrid ini sama sekali tidak akan mengeluarkan suara berisik lho.

Mengingat spesifikasinya yang sedemikian rupa, maka ak heran jika harga kasur hybrid ini sangatlah mahal. Meski menawarkan harga yang lumayan mahal, namun hal itu sangat sebanding dengan kualitas yang dimilikinya.

Nah, itulah beberapa jenis kasur terbaik yang umumnya tersedia dipasaran. Dengan mengetahui karakteristik dan spesifikiasi pada setiap jenisnya, secara otomatis kamu juga bisa mengetahui berapa harga yang harus dikeluarkan untuk membeli kasur tersebut.

 

Posting Komentar untuk "Awas Jangan Sampai Salah! Begini Cara yang Benar Dalam Memilih Kasur"