Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk, Kita Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Material Asbes

 

Kelebihan dan Kekurangan Material Asbes

Kelebihan dan kekurangan asbes – Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa atap merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam sebuah bangunan. Disamping fungsi utamanya yang dapat memberikan perlindungan terhadap faktor cuaca, tentu saja keberadaan atap juga memiliki pengaruh besar terhadap nilai estetika sebuah bangunan.

Dari sekian banyaknya jenis material atap yang tersedia di pasaran, tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan material asbes bukan? Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi seputar material asbes, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Material Asbes

Material asbes terbuat dari campuran bahan mineral alami yang terdiri dari serat, silikat, serta komposisi kimia lainnya. Material satu ini memang terkenal dengan sifatnya yang tahan terhadap api. Bahkan yang lebih menariknya lagi, ternyata material asbes juga memiliki kemampuan yang dapat ditenun menjadi kain lho.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran jika asbes kerap digunakan pada pembuatan tirai tahan api untuk teater serta pakaian tahan panas. Adapun mengenai keunggulan dan kekurangan dari material asbes yang harus kalian ketahui seperti dibawah ini:

Kelebihan Material Asbes

1. Menawarkan Harga yang Lebih Murah

Kelebihan Material Asbes - harga murah

Inilah yang menjadi alasan, mengapa material asbes kerap diaplikasikan untuk atap pada hunian kelas menengah ke bawah. Ya jelas demikian, sebab harga genteng asbes ini adalah yang paling murah dibanding jenis-jenis genteng yang lainnya.

Baca Juga : Jenis Material Lantai Indoor Terbaik Untuk Rumah

2. Memiliki Bobot yang Lebih Ringan

Kelebihan Material Asbes - berbobot ringan

Tak hanya menawarkan harga murah, bahkan genteng asbes juga memiliki bobot yang lebih ringan dibanding jenis genteng lainnya lho. Dengan begitu, proses pemasangan genteng asbes pun tidak membutuhkan tenaga ekstra. Bahkan, pada pemasangan asbes juga tidak membutuhkan banyak material pendukung sehingga dapat menghemat biaya operasional.

3. Proses Pemasangan yang Lebih Praktis

Kelebihan Material Asbes - mudah dipasang

Seperti yang sudah disebutkan pada poin diatas tadi, bahwa genteng asbes mempunyai bobot yang lebih ringan. Bukan hanya itu, genteng asbes juga tampil dalam bentuk lembaran-lembaran panjang dengan tekstur halus dan berserat.

Tentu saja hal tersebut dapat memudahkan kita saat proses pemasangan genteng asbes. Bahkan, kita pun tidak harus menggunakan jasa profesional untuk memasang genteng asbes.

Kekurangan Material Asbes

1. Tampilan Warna dan Desain yang Monoton

Kekurangan Material Asbes - tampilan yang monoton

Dibalik beragam keunggulannya, tentu saja ada pula beragam kekurangan dari material asbes yang harus kamu ketahui. Ya, kekurangan pertama dari material asbes ini adalah tampilan warnanya yang terkesan monoton.

Bagaimana tidak? sebab genteng asbes ini hanya menyediakan warna putih keabu-abuan saja. Tak hanya segi warna, bahkan tampilan monoton genteng asbes juga terdapat pada desainnya dengan bentuk gelombang saja.  

2. Rentan Terhadap Benturan

Kekurangan Material Asbes - rentan terhadap benturan

Material asbes tampil dengan ukuran yang tidak terlalu tebal dan bertekstur renyah. Nah, karena hal tersebutlah yang membuat asbes rentan terhadap benturan sehingga mudah mengalami keretakan dan patah. Oleh karena itu, proses pemasangan genteng asbes harus dilakukan dengan hati-hati dan jangan sampai terinjak.

3. Tidak Dapat Menyerap Panas

Kekurangan Material Asbes - tidak dapat menyerap panas

Meski tahan terhadap panas dan api, ternyata material asbes tidak mampu menyerap panas lho. Alhasil, penggunaan genteng asbes ini dapat membuat suhu didalam ruangan rumah menjadi panas, sehingga kamu akan merasa gerah. 

Itu sebabnya, mengapa material atap yang satu ini tidak cocok diaplikasikan pada daerah bersuhu panas. Agar suhu panas tidak turun ke dalam ruangan rumah, maka kamu bisa memberi lapisan aluminium foil pada kerangka atapnya.

4. Tidak Bagus Untuk Kesehatan Tubuh

Kekurangan Material Asbes - tidak bagus untuk kesehatan tubuh

Kekurangan berikutnya dari material asbes yang harus kamu ketahui, yakni tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Ya, material asbes memiliki zat partikel bersifat racun yang tentunya dapat membahayakan saat terhirup oleh manusia. Bahkan yang lebih gawatnya lagi, partikel racun dari asbes ini bisa meningkatkan risiko infeksi paru-paru lho!

Daftar Harga Asbes Terbaru Dari Berbagai Merk

Harga Asbes Merk Jabesmen

  • Ukuran 150 x 105 mm : Rp 42.500
  • Ukuran 180 x 105 mm : Rp 52.500
  • Ukuran 210 x 105 mm : Rp 57.000
  • Ukuran 240 x 105 mm : Rp 65.000
  • Ukuran 270 x 105 mm : Rp 75.000
  • Ukuran 300 x 105 mm : Rp 82.500

Harga Asbes Merk Harvlex

  • Ukuran 150 x 80 x 0.35 cm : Rp 28.500
  • Ukuran 180 x 80 x 0.35 cm : Rp 33.500
  • Ukuran 210 x 80 x 0.35 cm : Rp 37.500
  • Ukuran 240 x 80 x 0.35 cm : Rp 42.500
  • Ukuran 270 x 80 x 0.35 cm : Rp 50.000
  • Ukuran300 x 80 x 0.35 cm : Rp 55.500
  • Ukuran 150 x 105 x 0.4 cm : Rp 45.000

Baca Juga : Harga Kayu Terbaru di Bandung 2021 Untuk Konstruksi

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Memasang Asbes

1. Menggunakan Masker

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa material asbes memiliki partikel bersifat racun yang dapat membahayakan bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, wajib bagi kamu untuk menggunakan masker saat akan memasang genteng asbes.

2. Lakukan Secara Hati-hati & Teliti

Dikarenakan material asbes memiliki tekstur yang tidak terlalu kuat, tentu saja pada proses pemasangannya harus dilakukan dengan hati-hati dan jangan sampai terinjak oleh kaki. Agar genteng asbes bisa menempel dengan sempurna, maka harus dipaku menggunakan paku payung. Selain itu, cek kembali antar bagian dan pastikan tidak ada rongga pada asbes.

3. Pastikan Pemasangannya Benar-benar Sudah Rapat

Hal penting berikutnya yang akan dibahas, yakni memastikan setiap pemasangan sambungan tumpukan akhir dan sampingnya telah rapat. Ya, hal ini bertujuan agar terhindar dari kebocoran.

Demikianlah ulasan singkat mengenai keunggulan dan kekurangan asbes beserta daftar harganya, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.

 

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Yuk, Kita Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Material Asbes"