Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Langkah-langkah yang Harus Dilakukan Dalam Membuat Rumah Sehat

Ini Dia Langkah-langkah yang Harus Dilakukan Dalam Membuat Rumah Sehat

Tips membuat rumah sehat – Memiliki tubuh yang senantiasa sehat tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang. Ya, jelas demikian, sebab kesehatan menjadi aset yang paling berharga dalam kehidupan umat manusia.

Percuma saja memiliki harta kekayaan yang melimpah, namun tubuh kita rentan terkena penyakit. Sebenarnya untuk menjaga atau memelihara kesehatan tubuh itu tidak harus selalu dengan biaya mahal.

Kita pun bisa memulainya dengan cara berolahraga secara rutin dan teratur, mengonsumsi makan-makanan bergizi, memperbanyak minum air putih, mencukupi waktu istirahat, tidak merokok, tidak meminum minuman beralkohol, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu, bahkan kondisi rumah juga memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap tingkat kesehatan bagi penghuninya lho.

Nah, secara kebetulan pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa tips untuk menciptakan rumah yang sehat. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

8 Tips Membuat Rumah Sehat Untuk Keluarga

1. Jangan Gunakan Material yang Mengandung Zat Kimia

Jangan Gunakan Material yang Mengandung Zat Kimia

Hal pertama yang harus perhatikan dalam menciptakan rumah sehat, yakni tidak menggunakan material yang mengandung bahan kimia. Terdapat beberapa jenis material yang dianggap berbahaya untuk kesehatan, dimana salah satunya seperti penggunaan asbes untuk atap.

Selain itu usahakan juga untuk tidak menggunakan jenis cat sintetik dan thinner, karena kandungan kimia didalamnya yang cukup tinggi sehingga tidak bagus untuk kesehatan tubuh, terutama untuk saluran penafasan.

2. Sediakan Sistem Air Bersih

Sediakan Sistem Air Bersih

Pada dasarnya, kebanyakan air ledeng yang ada dirumah kita sudah mengandung krolin. Lalu, apa yang dimaksud dengan klorin?

Perlu kalian ketahui, klorin merupakan sebuah kandungan atau zat yang bertugas untuk membunuh jamur dan parasite lainnya di dalam air. Namun, penggunaan klorin yang berlebihan bisa memicu pertumbuhan sel kanker pada tubuh!

Maka dari itu, usahakan setiap saluran air bersih di rumah sudah dilengkapi dengan sistem penyaringan yang baik. Adapun mengenai saluran air bersih untuk dikonsumsi, sebaiknya kamu menambahkan penyaring air dengan karbon aktif untuk membunuh semua zat-zat yang bersifat racun.

3. Siapkan Ventilasi

Siapkan Ventilasi

Ketika mengambil nafas, tentu tidak hanya oksigen saja yang akan terhirup namun juga berbagai partikel kecil dan zat yang mungkin mengkontaminasi udara. Itu sebabnya, mengapa keberadaan ventilasi merupakan hal yang wajib untuk menciptakan sirkulasi udara yang sehat di dalam rumah.

Pastikan kamu merancang dengan jumlah bukaan dan ventilasi yang sesuai kebutuhan. Tak hanya itu, pastikan juga ventilasi di rumah harus bersifat cross ventilatian agar udara di dalam ruangan bisa ber-regenerasi dengan udara yang ada diluar.

Meski di rumahmu itu sudah terpasang AC, namun sirkulasi udara yang alami jauh lebih bagus untuk kesehatan tubuh.

4. Pertimbangkan Material Lantai yang Akan Digunakan

Pertimbangkan Material Lantai yang Akan Digunakan

Bagi kamu yang hendak membangun rumah di daerah bersuhu dingin, disarankan untuk menggunakan material lantai berbahan kayu. Sebab lantai kayu memiliki kemampuan yang dapat menyerap energy panas, yang kemudian akan dialirkan ke dalam ruangan. Hasilnya, suhu di dalam ruangan akan tetap terasa hangat meski berada di tengah musim dingin.

Tentunya hal tersebut sangat bagus untuk kesehatan tubuh, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit rematik. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, lantai kayu parket ini juga memiliki kemampuan untuk mengeluarkan ion negatif dalam ruangan.

Dari segi materialnya produk lantai kayu tersebut akan dibedakan lagi kedalam dua jenis, yaitu lantai kayu solid dan lantai kayu sintetis. Lantai kayu solid terbuat dari bahan kayu asli tanpa campuran bahan apapun, sedangkan lantai kayu sintetis terbuat dari serbuk kayu yang dicampur dengan berbagai bahan kimia lainnya.

Untuk mengoptimalkan tingkat kesehatan dalam rumah, tentu saja lantai kayu solid ini sangat direkomendasikan karena bahannya yang terbuat dari kayu asli.

Baca Juga : Jenis Material Lantai Indoor Terbaik Untuk Rumah

5. Perhatikan Pencahayaan Alami

Perhatikan Pencahayaan Alami

Pencahayaan alami juga memiliki peranan yang tak kalah penting dalam menciptakan sebuah rumah yang sehat. Mengapa demikian? Pasalnya, pencahayaan alami mampu mengurangi tingkat kelembapan berlebihan serta membunuh bakteri di dalam ruangan. Bahkan, kehadiran pencahayaan alami juga tentunya sangat membantu dalam menunjang berbagai aktivitas di dalam rumah.

Akan tetapi, kamar tidur yang terlalu banyak terpapar sinar matahari dianggap tidak bagus karena dapat mengganggu istirahat. Maka dari itu, kamu harus mengatur pencahayaan alami secukup yang sesuai dengan kebutuhan kamar.

Untuk faktor pencahayaan buatan seperti lampu, sebaiknya kamu menggunakan jenis lampu yang terang tapi lembut.

6. Buatlah Pengolahan Sampah dan Limbah yang Baik

Buatlah Pengolahan Sampah dan Limbah yang Baik

Ngomong-ngomong soal sarang kuman dan bakteri, tentu saja limbah sampah merupakan salah satu sumber yang bisa menciptakan berbagai penyakit. Oleh karena itu, pastikan dirumahmu sudah tersedia pengolahan sampah dan limbah yang baik.

Dalam hal ini, disarankan bagi kamu untuk menggunakan septic tank yang sesuai standar dan kebutuhan. Pasalnya, hal itu bertujuan agar tidak akan mencemari tanah maupun air yang terkandung di dalamnya.

Selain itu, pastikan juga dirumahmu sudah ada pemisah antara sampah organik dan sampah anorganik yang dihasilkan dari rumah. Bila perlu, tempat sampahnya harus selalu dalam keadaan tertutup dan dikosongkan secara berkala.

Adapun perihal jenis sampah organic yang bisa kamu olah kembali untuk dijadikan pupuk kompos, sedangkan jenis sampah anorganik dapat didaur ulang menjadi sebuah barang seperti kerajinan tangan.

7. Perhatikan Area Taman Depan dan Belakang Rumah

Perhatikan Area Taman Depan dan Belakang Rumah

Selain area indoor, tentu saja rumah yang sehat juga harus diciptakan di area luar ruangan. Kamu bisa memulainya dengan cara menempatkan berbagai jenis tanaman hias. Pasalnya, kehadiran tanaman hias tersebut dapat membantu dalam mengontrol sirkulasi udara, temperatur, hingga tingkat kelembapan udara.

Bahkan tanaman hias ini dapat memberikan efek relaksasi, sehingga akan berdampak bagus untuk kesehatan mental dan psikologis. Adapun mengenai beberapa jenis tanaman hias yang dinilai bagus untuk kesehatan tubuh, seperti lavender, lidah mertua, lemon balm, bonsai, dan lain sebagainya.

Terutama untuk jenis tanaman sanseviera (lidah mertua), dimana ia memiliki kemampuan yang dapat menyerap radiasi dari perangkat eletronik lho.

8. Tidak Ada kata Malas Untuk Selalu Membersihkan Rumah

Tidak Ada kata Malas Untuk Selalu Membersihkan Rumah

Ini dia salah satu factor yang menjadi penentu dalam menciptakan rumah sehat untuk keluarga. Ya, sebagus apapun dekorasi interior dan exterior yang dibuat, maka akan percuma jika kita malas untuk menjaga kebersihan rumah.

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk senantiasa menjaga kebersihan rumah dengan cara menyapu lantai, mengepel, membersihkan perabotan, hingga membersihkan kamar mandi. Dengan menjaga kebersihan rumah, secara otomatis tingkat kesehatan tubuh kita juga akan terjaga. Bahkan, rumah yang selalu bersih pun dapat meningkatka rasa nyaman bagi penghuninya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam menciptakan rumah yang sehat untuk keluarga.  

 

Posting Komentar untuk " Ini Dia Langkah-langkah yang Harus Dilakukan Dalam Membuat Rumah Sehat"