Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Simple yang Ampuh Mengusir Tikus

 

6 Cara Simple yang Ampuh Mengusir Tikus

Cara Mengusir Tikus – Siapa sih tidak kenal dengan tikus? Pastinya kita semua sudah tidak asing lagi dengan hewan pengerat yang satu ini. Ya, seperti yang sudah kita ketahui bahwa keberadaan tikus didalam rumah kerap menimbulkan berbagai permasalahan.

Bahkan, satu ekor tikus saja bisa membuat gempar seisi rumah. Umumnya tikus sering merusak berbagai perabotan yang ada di rumah, seperti meja, pintu, kursi, hingga kabel. Tak hanya merusak, bahkan keberadaan tikus juga bisa memicu berbagai jenis penyakit lho.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena tikus berasal dari tempat-tempat yang sangat kotor sehingga seluruh tubuhnya dipenuhi dengan beragam jenis bakteri dan kuman. Bahkan, gigitan dari seekor tikus juga bisa menimbulkan penyakit yang cukup serius!

Lantas, jenis penyakit seperti apa sajakah yang diakibatkan oleh tikus?

Berbagai Jenis Penyakit yang Dibawa Oleh Tikus

Berbagai Jenis Penyakit yang Dibawa Oleh Tikus

1. Hantavirus Pulmonary Syndrome

Hantavirus Pulmonary Syndrome merupakan sebuah gangguan pernafasan yang termasuk kategori menular. Gejalanya biasa berupa flu yang dapat berkembang cepat. Biasanya, masalah ini dikarenakan seseorang telah menghirup udara yang terpapar oleh hantavirus akibat kotoran dan urine tikus.

Baca Juga : Daftar Harga Kayu di Bandung Terbaru 2022 Untuk Konstruksi 

2. Rat Bite Fever

Rat Bite Fever adalah penyaki yang disebabkan oleh gigitan langsung dari tikus pada tubuh. Atau, penyakit ini juga bisa disebabkan karena kita telah mengonsumsi makanan-makanan yang telah digigit si tikus sebelumnya.

3. Murine Typhus

Jenis penyakit berikutnya yang bisa dibawa oleh tikus, yakni Murine Typhus. Ya, hal itu dikarenakan tikus lebih suka berada di tempat-tempat kotor, sehingga pada kakinya sering membawa ribuan jenis bakteri dan kuman.

Mengingat dampak bahayanya yang cukup mengerikan, sudah semestinya bagi para pemilik rumah untuk mengetahui cara mengusir tikus.

6 Tips Alami yang Efektif Mengusir Tikus

1. Menggunakan Daun Salam & Daun Sirsak

Biasanya daun salam digunakan sebagai pelengkap pada bahan bumbu masakan, karena aromanya yang memang begitu sedap dicium. Namun, justru aroma sedap pada daun salam ini sangat tidak disukai oleh para tikus.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, seekor tikus yang memakan daun salam akan mengalami kematian dalam beberapa waktu lho. Maka dari itu, sediakan beberapa lembar daun salam kemudian letakkan pada tempat-tempat yang sering dilalui para tikus.

Menggunakan Daun Salam & Daun Sirsak

Selain daun salam, ternyata daun sirsak juga bisa kita manfaatkan untuk mengusir tikus secara alami. Berdasakan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa daun sirsak mempunyai zat perangsang yang nantinya akan menghasilkan aroma khas.

Nah, aroma khas dari daun sirsak tersebutlah yang sangat tidak disukai oleh para tikus. Dalam hal ini, kamu harus menumbuk dulu daun sirsaknya menjadi potongan-potongan kecil, lalu letakkan di area-area yang menjadi jalur tikus.

Artikel Menarik Lainnya : Berbagai Pilihan Jenis Bata Untuk Bangunan

2. Menggunakan Kantong Teh Celup & Bubuk Kopi

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa segelas teh merupakan minuman yang cocok untuk menemani kita di waktu santai. Disamping cita rasanya yang nikmat, ternyata ampas dari kantong teh ini bisa digunakan untuk mengusir tikus.

Menggunakan Kantong Teh Celup & Bubuk Kopi

Akan tetapi, kondisi kantong teh bekasnya harus lembap agar dapat bekerja dengan efektif. Ya, hal itu dikarenakan kandungan peppermint yang dimilikinya, sehingga aroma tersebut sangat tidak disukai oleh si tikus.

Tak berbeda jauh dengan teh, minuman kopi juga memiliki cita rasa nikmat yang cocok untuk menemani waktu santai. Menurut informasi yang didapat, bubuk kopi hitam dianggap lebih efektif mengusir tius ketimbang menggunakan jenis kopi lainnya. Pasalnya, aroma pada bubuk kopi hitam ini lebih menyengat sehingga sangat tidak disukai oleh kawanan tikus.

3. Menggunakan Cengkeh & Bawang Putih

Pada dasarnya aroma cengkeh memang begitu harum dan bisa menciptakan sensasi rileks. Akan tetapi, aroma cengkeh ini sangat tidak disukai oleh para tikus. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, sebaiknya kamu menggunakan cengkeh kering.

Menggunakan Cengkeh & Bawang Putih

Kamu hanya tinggal menyebarkan atau meletakkan cengkeh tersebut pada area-area yang sering dilalui oleh para tikus.

Tips alami berikutnya yang harus kamu coba untuk mengusir tikus dari rumah, yakni dengan menggunakan bawang putih. Siapkan beberapa butir bawang putih, tumbuk kasar, lalu bungkus dengan menggunakan kain kasa.

Jika sudah demikian, tempatkan bawang putih yang sudah dibungkus kain kasa tersebut pada area-area yang sering dilewati si tikus.

4. Menggunakan Baking Soda

Cara simple selanjutnya yang bisa kamu coba untuk mengusir tikus dari rumah, yakni dengan menggunakan baking soda. Tak hanya sekedar mengusir, bahkan baking soda ini juga dapat membunuh si tikus lho.

Menggunakan Baking Soda

Untuk cara kerjanya, disini kamu harus menyediakan makanan yang menjadi kesukaan si tikus (contohnya roti). Setelah itu, silahkan taburkan baking soda tersebut kedalam roti, dan tunggulah hingga si tikus memakannya.

Saat roti tadi sudah dimakan, maka baking sodanya akan mulai bereaksi sehingga membuat si tikus tidak akan bisa mengeluarkan gas didalam tubuhnya. Nantinya si tikus akan pergi ke area terbuka untuk mencari air, yang tak lama kemudian akan mati karena tidak bisa menahan kadar gas di tubuhnya.  

5. Menggunakan Kulit Buah Durian

Apakah kamu termasuk salah satu yang gemar memakan buah durian? Jika iya, maka mulai saat ini kamu jangan langsung membuang kulitnya setelah selesai menyantap daging buah durian. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat kulit buah durian memiliki khasiat yang dapat mengusir tikus dari rumah berkat aroma menyengatnya.

Menggunakan Kulit Buah Durian

Untuk cara kerjanya tidak berbeda jauh dengan poin pertama tadi, yang mana kamu tinggal menyimpan potongan-potongan kulit duren ke area yang sering dilalui oleh kawanan tikus. Dengan begitu, maka si tikus tidak akan berani lagi datang ke rumahmu.

Baca Juga : Berbagai Ide Desain Cafe Outdoor yang Kekinian

6. Menggunakan Lada Bubuk

Tips alami ampuh terakhir yang bisa kamu coba untuk mengusir tikus dari rumah, yakni dengan menggunakan lada bubuk. Mengapa harus dengan lada bubuk? Pasalnya, bahan bumbu masakan yang satu ini memiliki aroma menyengat sehingga sangat tidak disukai oleh tikus.

Menggunakan Lada Bubuk

Cara kerjanya pun sangatlah mudah, dimana kamu hanya tinggal menaburkan saja lada bubuk tersebut pada area-area yang sering dilalui oleh tikus.

Bagaimana, cukup mudah dan simple bukan?

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengusir kawanan tikus dari dalam rumah.

 

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "6 Cara Simple yang Ampuh Mengusir Tikus"