Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Deretan Material Plint Lantai Terbaik

 

Deretan Material Plint Lantai Terbaik

Plint lantai – Seperti yang sudah diketahui bahwa lantai menjadi elemen yang tidak dapat dipisahkan dalam sebuah hunian. Disamping fungsi utamanya yang dapat memberikan rasa nyaman pada pijakan kaki, keberadaan lantai juga tentunya akan meningkatkan nilai keindahan dalam ruangan.

Namun, masih banyak masyarakat yang belum paham dengan fungsi plint untuk lantai. Padahal, aksesoris yang satu ini juga memiliki peran penting dalam meningkatkan keindahan serta kenyamanan pada rumah lho.

Lantas, apa yang dimaksud dengan plint lantai? Nah, biar kamu gak penasaran mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Pengertian Fungsi Plint Lantai

Pada dasarnya, plint merupakan sebuah elemen dekorasi interior yang kerap diaplikasikan di bagian sudut pertemuan antara ujung lantai dan ujung dinding. Untuk meningkatkan nilai estetika pada bagian tersebut, maka penggunaan plint menjadi solusi yang terbaiknya.

Pengertian Fungsi Plint Lantai

Hal itu bukan tanpa alasan, karena keberadaan plint berperan untuk men-jembatani celah antara dinding dengan lantai rumah. Bukan hanya itu, keberadaan plint juga sangat membantu kita untuk mendapatkan gambaran atau estimasi bahwa harus ada jarak antara dinding dengan perabotan rumah. Alhasil, potensi gesekan perabot yang bersentuhan langsung ke bagian dinding bisa di minimalisir.

Dengan begitu, maka kondisi dinding akan terjaga dari berbagai kerusakan atau gesekan dari benda-benda lainnya. Dan yang pasti, kehadiran plint tersebut akan mempercantik dan mempermanis tampilan interior rumah.

Tak cuma itu, plint lantai juga berguna untuk menyembunyikan kabel-kabel listrik yang berserakan dan menjuntai panjang dari satu ruang ke ruangan lainnya. Sebagai instalasi koneksi yang harus ada di dalam ruangan, tentunya plint lantai merupakan pilihan paling tepat ketimbang harus menyembunyikan kabel di area plafon atau langit-langit.

Baca Juga : 6 Cara Simple yang Ampuh Mengusir Tikus

5 Material Plint Lantai yang Paling Populer

1. Plint Kayu Jati

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa jati merupakan salah satu jenis kayu dengan kualitas terbaik di dunia. Sehingga tak heran jika kayu jati selalu menjadi andalan bagi para produsen maupun pengrajin kayu untuk dijadikan beragam produk property, termasuk plint lantai.

Plint Kayu Jati

Pada bagian terasnya, kayu jati ini tampil dengan warna emas gelap sedangkan bagian gubalnya mengusung warna krem atau bahkan putih kecoklatan. Tingkat keawetan kayu jati ini termasuk kedalam kategori kelas I sehingga membuatnya tahan terhadap serangan rayap, tidak mudah mengalami pelapukan, hingga tahan terhadap perubahan cuaca.

Namun perlu diingat, bahwa tidak semua tipe kayu jati menawarkan kualitas yang sama. Pasalnya kayu jati akan dibedakan lagi kedalam beberapa kelas berbeda, yakni grade A, grade B, dan grade C.

Sesuai dengan urutan kelasnya, dimana jati grade A memiliki kualitas yang lebih bagus ketimbang grade B dan grade C. Dengan demikian, maka tak heran jika kayu jati grade A dibanderol dengan harga yang lumayan mahal.

Artikel Menarik Lainnya : Daftar Harga Kayu Terbaru 2022 di Bandung Untuk Konstruksi

2. Plint Plastik

Dinilai dari karakteristiknya, plint plastik memiliki tekstur yang lebih elastis. Fungsinya pun tidak berbeda jauh dengan plint kayu tadi, yang mana plint plastik ini berguna untuk melindungi area dinding dan anak tangga.

Plint Plastik

Saat akan diaplikasikan untuk anak tangga, biasanya permukaan plint plastik yang digunakan harus mempunyai tekstur kasar. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari anak tangga dari gesekkan, serta membuat permukaan tanggannya menjadi tidak licin saat dipijak.

Tentu saja penggunaan plint plastik pada anak tangga merupakan pilihan paling tepat untuk mengurangi risiko terpeleset, sehingga aman bagi anak kecil atau lansia. Plint plastik menghadirkan beragam varian warna yang tentunya dapat anda pilih sesuai dengan konsep ruangan.

3. Plint Aluminium

Berbicara soal material plint yang tahan terhadap rayap dan perubahan cuaca, maka plint aluminium ini adalah jawabannya. Sehingga tak heran jika plint aluminium dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Plint Aluminium

Akan tetapi, bukan berarti juga bahwa plint aluminium ini tidak memiliki kekurangan lho! Ya, salah satu masalah yang kerap terjadi pada plint berbahan alumunium, yakni berupa korosi atau berkarat. Oleh karena itu, kamu harus memberikan perawatan secara berkala agar terhindar dari masalah korosi.

4. Plint MDF

Jenis material plint lantai terbaik berikutnya yang akan dibahas, yakni berupa Plint MDF dimana ia sejenis kayu olahan. Pemasangan Plint MDF ini dapat memudahkan proses pengacian pada sudut dinding. Lalu apa yang dimaksud dengan proses pengacian?

Plint MDF

Perlu kalian ketahui, acian tersebut merupakan proses finishing yang dilakukan setelah proses plesteran. Acian ini biasanya akan dilakukan untuk menutupi pori-pori di plesteran dinding.

5. Plint PVC

Sebenarnya tekstur pada plint PVC ini tidak berbeda jauh dengan jenis plint plastik. Namun, plint PVC memiliki tingkat kekuatan yang jauh lebih baik ketimbang plint plastik. Istilah PVC itu sendiri merupakan singkatan dari poly vinyl chloride, dimana ia adalah material thermoplastic yang mempunyai sifat elastis dan fleksibel.

Plint PVC

Dengan menggunakan plint PVC, tentu saja akan membuat setiap sudut dinding di ruangan rumah anda akan tampak terlihat simetris. Bukan hanya itu, bahkan penggunaan plint PVC juga dapat meningkatkan nilai etstetika di dalam ruangan.

Artikel Serupa : Harga Pipa PVC Terbaru Dari Berbagai Merk

Nah, itulah beberapa jenis material plint lantai terbaik yang dapat kamu jumpai dipasaran.

 

 

 

Posting Komentar untuk "Deretan Material Plint Lantai Terbaik"