Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Desain Rumah Kayu Ala Scandinavian

 

desain Rumah Kayu Ala Scandinavian

Desain rumah kayu – Sudah bukan rahasia lagi bahwa kayu menjadi salah satu jenis material yang selalu diandalkan dalam menunjang berbagai kebutuhan konstruksi. Hal itu bukan tanpa sebab, karena kayu memiliki sifat fleksibel sehingga membuatnya mudah diolah dan digunakan sesuai kebutuhan.

Dengan demikian, maka tak heran jika hampir semua elemen interior maupun eksterior hunian didominasi oleh material berbahan kayu.

Ngomong-ngomong soal kayu, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan memberikan berbagai ide dekorasi rumah kayu ala Scandinavian. Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

5 Desain Rumah Kayu Paling Populer

1. Desain Rumah Kayu Berwarna Coklat Natural

Desain Rumah Kayu Berwarna Coklat Natural

Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa kebanyakan material kayu itu tampil dengan warna coklat. Tentu saja tampilan warna coklat khas kayu ini dapat mempertegas kesan alami pada hunian.

Agar tidak mengurangi nuansa alaminya, maka material kayu tersebut jangan diberi lagi lapisan cat. Disamping itu, kamu juga bisa menggunakan berbagai furniture yang materialnya terbuat dari bahan kayu. Alhasil, tampilan rumahmu akan kental dengan nuansa klasik khas Eropa.

Baca Juga : Berbagai Ide Desain Cafe Outdoor yang Kekinian

2. Desain Rumah Kayu Bergaya Minimalis

Desain Rumah Kayu Bergaya Minimalis

Untuk kamu yang ingin menghadirkan nuansa minimalis, maka desain rumah kayu dengan perpaduan warna putih dan abu-abu ini merupakan pilihan paling tepat. Mengapa demikian?

Pasalnya, warna putih dan abu-abu identik dengan nuansa simple dan sederhana sehingga sangat cocok diaplikasikan pada desain rumah kayu minimalis. Dalam hal ini, kamu jangan terlalu banyak menempatkan furniture maupun perabotan karena bisa mengurangi sisi minimalisnya!

3. Desain Rumah Kayu yang Dipercantik Cerobong Asap

Desain Rumah Kayu yang Dipercantik Cerobong Asap

Indah, unik, dan natural, itulah kesan-kesan yang akan kamu dapatkan pada desain rumah kayu dengan warna hijau atau putih hijau. Namun, desain yang satu ini cenderung cocok pada rumah kayu yang dilengkapi dengan cerobong asap.

Sedangkan bagian atapnya berbentuk segitiga khas Eropa. Bukan cuma itu, ciri khas Eropa lainnya juga terdapat pada tipe jendela yang berada di atas pintu masuk serta mempunyai model kombinasi persegi panjang dan setengah lingkaran.

4. Desain Rumah Kayu Dengan Gabungan Warna Krem dan Putih

Desain Rumah Kayu Dengan Gabungan Warna Krem dan Putih

Ide desain rumah kayu khas scandinavian berikutnya yang wajib kamu coba, yakni dengan menggabungkan warna krem dan putih. Ya, rumah kayu yang menggabungkan warna krem dan putih ini benar-benar terlihat sangat cool, namun masih tetap stylish.

Apalagi jika bagian terasnya terdapat berbagai jenis tanaman hias, sehingga tampilan rumah kayu tersebut akan semakin cantik dan sedap dipandang.

5. Desain Rumah Kayu Dengan Gabungan warna Krem dan Hijau

Desain Rumah Kayu Dengan Gabungan warna Krem dan Hijau

Kamu juga bisa menggabungkan antara warna krem dengan hijau pada desain rumah kayu sederhana, sehingga tampilannya tampak lebih berestetik. Warna krem tersebut diaplikasikan pada dinding kayu, sementara warna hijau diaplikasikan pada bagian atap. Dengan begitu, maka desain rumah kayumu akan kental dengan nuansa Eropa.

Baca Juga : Review Harga Cat Kayu Beserta Spesifikasinya

4 Jenis Kayu Terbaik Untuk Rumah Kayu

Tidak semua jenis kayu memiliki tingkat kekuatan dan ketahanan yang mumpuni. Oleh karena itu, kita harus lebih selektif lagi dalam memilih jenis kayu yang akan digunakan untuk membuat rumah kayu. Adapun mengenai beberapa jenis kayu terbaik yang direkomendasikan seperti berikut:

1. Kayu Jati

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa jati merupakan salah satu jenis kayu dengan kualitas terbaik di dunia. Hal itu bukan tanpa alasan, sebab kayu jati memiliki kualitas yang diatas rata-rata jenis kayu lainnya.

Kayu Jati

Untuk bagian terasnya, kayu jati ini tampil dengan warna emas gelap sedangkan bagian gubalnya mengusung warna krem atau bahkan putih kecoklatan. Pada tingkat keawetannya, kayu jati termasuk kedalam kategori kelas I.

Menariknya lagi, kayu jati mempunyai kandungan minyak pelumas yang berperan sebagai pelindung dari serangan rayap. Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika kayu jati tidak mudah ditembus oleh rayap, tidak mudah mengalami pelapukan, hingga tahan terhadap perubahan cuaca.

Akan tetapi, tidak semua tipe kayu jati menawarkan kualitas yang sama. Pasalnya, kayu jati akan dibedakan lagi kedalam beberapa kelas berbeda.

2. Kayu Meranti Merah

Kayu Meranti Merah

Dalam industri perkayuan, kekuatan kayu akan dikategorikan menjadi lima tingkatan. Ya, semakin kecil tingkatan kelasnya, maka kekuatan kayu tersebut akan semakin bagus. Tingkat kekuatan jenis kayu meranti merah termasuk kedalam golongan kelas II – IV, sehingga daya tahannya mampu mencapai 11 tahun.

Untuk tingkat keawetannya, kayu meranti merah termasuk ke dalam kelas III – IV yang dapat bertahan hingga 10 tahun. Adapun proses pengawetan kayu meranti yang biasanya menggunakan campuran minyak diesel dan kreosot.

3. Kayu Kelapa

Kayu Kelapa

Disamping memiliki pola serat yang indah, ternyata struktur kayu glugu alias kayu kelapa juga tergolong cukup keras. Apalagi setelah melalui proses pengawetan, yang mana struktur kayu kelapa akan menjadi lebih kokoh dan tahan banting.

Dengan strukturnya yang cukup keras, maka tak heran juga jika kayu kelapa kerap digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan dinding, plafon, hingga rangka atap rumah. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat kayu kelapa sudah terbukti kuat sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Bukan hanya itu, tingkat pemuaian dan penyusutan pada kayu kelapa ini tergolong sangat rendah.

4. Kayu Ulin

Kayu Ulin

Ketika diraba dengan tangan kosong, kayu ulin ini akan tampak terasa kasar dan sangat keras. Saking kerasnya, bahkan kayu ulin kerap dijuluki dengan nama “kayu besi“ sehingga proses pemotongannya pun tergolong cukup sulit. Dengan demikian, maka tak heran jika kayu ulin sangat ideal dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat rumah kayu.

Beralih ke tingkat kekuatannya, kayu ulin ini termasuk kedalam kelas I. Begitu pun dengan tingkat keawetannya yang juga masuk ke dalam kelas I.

Dengan teksturnya yang sekeras besi, secara otomatis reng kayu ulin tidak akan mudah ditembus oleh rayap maupun hama serangga pemakan kayu lainnya. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, reng kayu ulin sudah terbukti tahan terhadap kelembapan dan perubahan cuaca ekstrim lho.

Nah, itulah beberapa jenis kayu terbaik yang dapat kamu gunakan sebagai bahan dasar untuk pembuatan rumah kayu.

 

 

 

Posting Komentar untuk "Ide Desain Rumah Kayu Ala Scandinavian"