Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Bahan-bahan Kaca Jendela Untuk Hunian

 

Jenis bahan kaca rumah

Jenis bahan kaca rumah – Bisa dipastikan bahwa sebagian besar hunian yang ada di dunia ini sudah dilengkapi dengan kaca. Ya, umumnya material kaca kerap diaplikasikan pada jendela-jendela rumah, dengan tujuan untuk mendapatkan pencahayaan alami yang berasal dari sinar matahari.

Sehingga dengan masuknya sinar matahari, maka suhu di dalam ruangan rumah tidak akan terlalu lembab. Tentu saja kondisi tersebut sangat bagus untuk Kesehatan tubuh. Tak cuma itu, keberadaan kaca juga dapat memperindah tampilan sebuah rumah lho.

Namun, hal tersebut tergantung lagi pada jenis bahan kaca yang digunakan. Pasalnya, setiap jenis bahan kaca memiliki spesifikasi tersendiri.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar jenis-jenis bahan kaca untuk hunian. Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

8 Jenis Bahan Kaca Terbaik Untuk Hunian

1. Kaca Bening

Ini dia jenis bahan kaca yang memang paling umum digunakan untuk hunian rumah. Ya, sesuai dengan namanya, dimana jenis kaca ini tidak mempunyai warna serta bagian permukaannya yang rata dan transparan.

jenis Kaca Bening

Itu sebabnya, mengapa jenis kaca bening sangat ideal diaplikasikan untuk interior maupun eksterior rumah. Namun, kaca bening memiliki sifat yang dapat menghantarkan sinar matahari masuk ke dalam rumah secara langsung.

Apabila kamu ingin menggunakan kaca bening untuk hunian, sebaiknya tambahkan gorden agar paparan sinar mataharinya tidak terlalu menyorot ke dalam rumah.

Artikel Terkait : Kenali Jenis-jenis Gorden Untuk Rumah Agar Tidak Salah Pilih

2. Kaca Buram

Berbicara soal jenis kaca yang dapat menjaga privasi dalam rumah, maka penggunaan kaca es ini merupakan pilihan yang paling tepat. Hal itu bukan tanpa alasan, karena pada salah satu sisi kaca es ini mempunyai efek buram sehingga orang dari luar tidak akan bisa melihat ke dalam rumahmu.

jenis Kaca Buram

Tak hanya membatasi pandangan dari luar, bahkan kaca es mampu menghalau paparan sinar matahari. Selain diaplikasikan pada jendela dan area pintu utama, kaca es ini juga cocok diaplikasikan untuk pintu kamar mandi atau partisi rumah.  

3. Kaca Stopsol

jenis Kaca stopsol

Apabila kaca bening dan kaca buram banyak diaplikasikan pada hunian rumah, maka jenis Kaca Stopsol ini kerap diaplikasikan pada gedung-gedung pencakar langit. 

Mengapa demikian? Pasalnya, jenis kaca yang satu ini memiliki kemampuan untuk memantulkan cahaya matahari. Alhasil, penggunaan Kaca Stopsol pun bisa mengurangi beban energi untuk pendinginan ruangan sehingga suhu didalamnya akan tampak lebih sejuk.

4. Kaca Sunergy

jenis Kaca sunergy

Seperti halnya jenis kaca stopsol, yang mana Kaca Sunergy ini juga sering diaplikasikan pada gedung-gedung perkantoran yang tinggi. Dari segi materialnya, Kaca Sunergy ini terbuat dari bahan kaca bening yang sudah dilapisi dengan material lain agar tampilannya tampak lebih jernih dan transparan.

Biasanya pembuatan Kaca Sunergy akan melalui proses vacuum sputtering, sehingga ia memiliki sifat yang dapat menyerap energy panas. Itu artinya, penggunaan Kaca Sunergy akan mengurangi beban pendingin ruangan sehingga menjadi lebih hemat.

5. Kaca Patri

jenis Kaca patri

Kaca Patri terbuat dari pecahan kaca warna-warni yang dirangkai menjadi satu bagian, kemudian serpihan-serpihan kaca tersebut akan diolah dengan cara disusun menggunakan timah atau kuningan sehingga tercipta desain mozaik.

Biasanya jenis Kaca Patri ini banyak diaplikasikan untuk rumah mewah bergaya klasik. Bukan hanya itu, Kaca Patri juga kerap kita jumpai pada rumah ibadah seperti Masjid, Gereja, dan lain sebagainya.

6. Tinted Glass (Kaca Warna-warni)

jenis Tinted Glass

Sebenarnya Tinted glass atau yang biasa disebut dengan istilah Kaca Warna-warni merupakan kaca bening yang diberi pewarna serta campuran senyawa logam. Ya, penambahan warna dan logam tersebut bertujuan agar kacanya menjadi tidak mudah tembus pandang.

Adapun mengenai beragam varian warna kaca yang tersedia, mulai dari merah, kuning, hijau, orange, pink, biru, dan lain sebagainya. Biasanya jenis Kaca Warna-warni ini sering diaplikasikan pada bangunan-bangunan luas, seperti museum, teater, aula, dan sebagainya.

7. Kaca Tempered

jenis Kaca Tempered

Untuk urusan keamanan, maka Kaca Tempered ini adalah jawabannya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena Kaca Tempered 5 kali lebih kuat dibanding jenis-jenis kaca diatas tadi.

Bagaimana tidak? sebab Kaca Tempered ini sudah terbukti tahan terhadap benturan, tekanan air, terpaan angin kencang, hingga perubahan cuaca ekstrim. Nah, karena hal itulah yang membuat Kaca Tempered sering dipilih untuk diaplikasikan pada bangunan-bangunan penting, seperti bank, kantor pemerintahan, dan lain sebagainya.

Baca Juga :Ini Dia Langkah-langkah yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Rumah Sehat

8. Kaca Laminasi

Tak hanya kaca tempered, Kaca Laminasi juga merupakan salah satu jenis kaca yang memiliki tingkat kekuatan tinggi. Bahkan, tingkat kekuatan pada kaca Kaca Laminasi ini lebih tinggi dari kaca tempered tadi lho.

jenis Kaca Laminasi

Pasalnya, Kaca Laminasi sudah terbukti sangat sulit untuk ditembus dan hanya akan mengalami keretakan saja saat terjadi benturan. 

Seandainya terjadi benturan keras yang menyebabkan pecah, maka Kaca Laminasi ini tidak akan berhamburan sehingga tidak akan melukai penghuni di dalamnya. Sehingga tak heran jika jenis kaca yang satu ini selalu menjadi andalan untuk bangunan-bangunan yang membutuhakan keamanan ekstra.

Itulah beberapa jenis bahan kaca terbaik untuk rumah yang paling umum digunakan. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menggunakan salah satu jenis kaca tersebut?

 

 

Posting Komentar untuk "Mengenal Bahan-bahan Kaca Jendela Untuk Hunian"