Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Referensi Desain Pagar Kayu Untuk Hunian yang Wajib Dicoba

 

6 Desain Pagar Kayu Rumah Terbaik

desain pagar kayu hunian – Walaupun ada berbagai jenis macam material bangunan yang tersedia dipasaran, namun kayu masih tetap menjadi andalan hingga sampai saat ini.

Pasalnya, material kayu memiliki sifat fleksibel sehingga membuatnya bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan konstruksi. Sehingga tak heran jika material yang satu ini tidak sulit untuk kita jumpai dipasaran.

Ngomong-ngomong soal kayu, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar referensi desain pagar kayu untuk hunian.

Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

6 Desain Pagar Kayu Rumah Terbaik

1. Desain Pagar Kayu Melingkar

Desain Pagar Kayu Melingkar

Natural, modis, dan stylish, itulah kesan-kesan yang akan kamu dapatkan pada Desain Pagar Kayu melingkar. Pada umumnya, desain pagar yang satu ini lebih cocok di terapkan di balkon yang bentuknya tidak simetris (melingkar di bagian depan).

Pada bagian yang melingkarnya, kamu juga bisa menambahkan tempat duduk yang juga berbahan kayu untuk bersantai. Tak Cuma itu, bahkan Desain Pagar Kayu ini akan menciptakan nuansa hangat dan mewah lho.

Baca Juga : Berbagai Inspirasi Desain Pagar Balkon yang Wajib Dicoba

2. Pagar Kayu Bernuansa Kolonial

Guna mendapatkan nuansa kemewahan pada exterior rumah, maka kamu wajib mencoba Desain Pagar Kayu bergaya kolonial ini. Desain pagar tersebut berupa jajaran kayu yang dibuat secara horizontal, kemudian di beri cat berwarna putih.

Pagar Kayu Bernuansa Kolonial

Dengan begitu, maka Desain Pagar Kayu bergaya kolonial ini akan tampak seperti pilar. Guna mempertegas aksen kemewahannya, kamu bisa mengkombinasikan warna putih tersebut dengan warna hitam pada bagian pegangan pagar tersebut.

Hasilnya, perpaduan warna putih dan hitam pada Desain Pagar Kayu tersebut akan menyuguhkan nuansa kolonial khas eropa.

3. Desain Pagar Kayu Bergelombang

Desain Pagar Kayu Bergelombang

Seandainya kamu sudah bosan dengan desain pagar rumah yang berbentuk lurus, maka desain pagar yang bergelombang merupakan pilihan paling tepat. Dalam hal ini, kamu bisa membentuk kayu menjadi sebuah pagar yang bergelombang.

Dengan begitu, maka tampilan rumahmu akan tampak lebih elegan, mewah, namun masih tetap menonjolkan sisi naturalnya. Nah, agar tampilannya semakin sedap dipandang, sebaiknya kamu berikan lapisan plitur atau mengecat pagar kayu tersebut dengan warna yang cerah.

4. Desain Pagar Kayu Rapat

Desain Pagar Kayu Rapat

Berbicara soal desain pagar kayu yang dapat menjaga privasi, maka pagar kayu dengan desain rapat ini adalah jawabannya. Namun, sekilas desain pagar Kayu tersebut memang tampak menutupi area depan rumah.

Hal itu dikarenakan sedikitnya celah yang ada pada pagar, sehingga membuat orang di luar sana tidak akan bisa melihat dengan jelas apa yang ada didalam rumah. Meski tertutup, namun celah yang berupa strip vertikal ini justru akan membuat tampilan rumahmu semakin terlihat indah.

5. Desain Pagar Kayu Akar

Desain Pagar Kayu Akar

Bagi kamu yang ingin mendapatkan tampilan rumah indah dan lebih artistik, tentunya desain pagar kayu yang satu ini wajib dicoba. Desain pagar ini dibuat dengan cara menyusun sejumlah material kayu menjadi rangkaian seperti akar yang merambat, sehingga dapat menonjolkan nuansa natural.

Bukan hanya itu, bahkan desain pagar kayu akar juga dapat menciptakan kesan jika si pemilik rumah memiliki selera seni yang tinggi.

6. Desain Pagar kayu Diagonal

Desain Pagar kayu Diagonal

Disaat ide kamu sudah mentok dalam memilih desain yang rumit, maka desain pagar kayu diagonal ini merupakan pilihan paling tepat.

Meski terkesan simple, namun desain pagar kayu diagonal tersebut masih tetap terlihat indah lho. Menariknya lagi, desain pagar kayu yang satu ini juga mampu menghadirkan nuansa tradisional pada rumahmu.

Disarankan bagi kamu untuk menggunakan jenis-jenis kayu yang memiliki tingkat kekuatan dan keawetan mumpuni, agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Tips Merawat Pagar kayu

  • Beri Lapisan Anti Rayap

Sekuat apapun jenis kayu yang digunakan, tetap saja ia tidak akan bisa terhindar dari serangan rayap. Maka dari itu, sudah menjadi kewajiban bagi pemilik rumah untuk memberikan lapisan anti rayap pada pagar kayu rumahnya agar tidak mudah mengalami keropos.

Menurut informasi yang didapat, penggunaan lapisan anti rayap tersebut harus dilakuukan secara rutin yakni setiap 6 bulan sekali.

Artikel Serupa : Tips Membasmi Rayap Dengan Cara Alami

  • Beri Cairan Anti Jamur

Selain lapisan anti rayap, penting juga bagi kamu untuk memberi cairan anti jamur pada pagar kayu rumah. Sesuai dengan namanya, cairan tersebut bertugas untuk mencegah timbulnya jamur di pagar kayu akibat kelembaban udara.

Jika pagar kayu sudah diselimuti dengan jamur, tentu saja hal ini dapat memicu terjadinya pelapukan sehingga struktur kayu menjadi keropos dan tidak kuat lagi.

  • Lakukan Pengecatan Ulang

Apabila tampilan pagar kayu sudah terlihat kusam dan memudar, maka kamu harus melakukan pengecatan ulang. Dalam hal ini, disarankan bagi kamu untuk memilih jenis cat kayu yang mempunyai kandungan anti rayap dan anti jamur.

Sebelum proses pengecatan dimulai, sebaiknya pagar kayu diamplas terlebih dulu. Ya, hal tersebut bertujuan untuk menghaluskan dan meratakan permukaan kayu.

Setelah tekstur permukaannya menjadi halus dan rata, tentu saja kamu akan lebih mudah lagi saat proses pengecatan pagar kayu.

Demikianlah ulasan singkat mengenai ide desain pagar kayu untuk hunian beserta tips merawatnya, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi saat hendak membangun maupun merenovasi rumah.

 

Posting Komentar untuk "Referensi Desain Pagar Kayu Untuk Hunian yang Wajib Dicoba"