Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbandingan Harga Lantai Keramik dan Parket Per Meternya

 

Perbandingan Harga Lantai Keramik dan Parket Per Meternya

Harga keramik dan parket – Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa keramik merupakan salah satu jenis material yang selalu diandalkan dalam bidang konstruksi, baik dari segi interior maupun eksterior.

Pada umumnya, material keramik diaplikasikan sebagai lantai dan pelapis dinding. Selain keramik, tak sedikit juga masyarakat yang memilih parket kayu untuk menunjang berbagai kebutuhan bangunan, mulai dari lantai, plafon, panel dinding, deck, dan lain sebagainya.

Nah, secara kebetulan pada kesempatan kali ini akan mengulas seputar perbandingan harga lantai keramik dan parket per meternya.

Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya berikut.

Lantai Keramik

Material keramik terbuat dari bahan tanah liat berwarna merah dan coklat yang akan mengalami proses pembentukan hingga pembakaran. Tak hanya itu, pembuatan keramik juga biasanya akan menggunakan dua teknik berbeda, yaitu teknik basah dan teknik kering.

Lantai Keramik

Dalam proses pengolahan bahannya akan melalui beberapa tahap, mulai dari pengurangan ukuran butir, penggilingan, penyaringan, pencampuran, pengurangan kadar air, dan pengulian.

Setelah melalui tahap-tahap tersebut, maka akan dilakukan proses pembentukan yang melalui tiga Teknik, yaitu Teknik pijiat tangan, Teknik pilin (colling), dan teknik putar.

Harga lantai keramik akan dibedakan berdasarkan ukuran dan jenisnya. Lantas, berapakah harga lantai keramik per meternya?

Baca selengkapnya : Ayo Intip Harga Lantai Keramik yang Terbarunya

Keunggulan Lantai Keramik

1. Awet dan Tahan Air

Keunggulan Lantai Keramik - awet dan tahan air

Lantai keramik memiliki permukaan dengan tekstur yang cukup keras, sehingga membuatnya kuat dan tahan terhadap benturan ringan. Ketika ada satu ubin keramik yang mengalami keretakan, kamu pun bisa langsung memperbaikinya dengan mudah.

Tak hanya awet, lantai keramik juga sudah terbukti tahan air lho. Ya, sebab bagian permukaannya sudah dilapisi dengan glasir.

2. Proses Perawatan yang Mudah

keunggulan lantai keramik -  Proses Perawatan yang Mudah

Mudahnya proses perawatan lantai keramik memang menjadi salah satu keunggulan yang dimilikinya. Pasalnya, kamu hanya perlu mengepel dan menyapunya saja. Agar tingkat kebersihannya lebih maksimal, sebaiknya gunakan vacuum celaner sebanyak sekali dalam seminggu.

3. Bebas Alergi

keunggulan lantai keramik -  bebas alergi

Mengingat tekstur permukaan keramik yang keras, cenderung tidak menarik kotoran, debu, bulu binatang, dan sebagainya. Tentu saja hal tersebut sangat membantu dalam menjaga udara bebas dari bahan yang mengiritasi, terlebih bagi mereka yang memiliki riwayat alergi.

Kekurangan Lantai Keramik

Dibalik berbagai keunggulannya, ternyata lantai keramik juga memiliki beragam kekurangan yang harus dipertimbangkan. Adapun mengenai beberapa kekurangan dari lantai keramik yang harus diketahui seperti berikut:

  • Memiliki tekstur yang keras dan licin saat terkena air, sehingga sangat berisiko terhadap cedera
  • Permukaannya akan menjadi dingin ketika memasuki musim penghujan
  • Proses pemasangan yang bisa memakan waktu lama
  • Bobotnya yang cukup berat.

Lantai Parket

Lantai kayu atau yang sering juga disebut dengan istilah parket, merupakan sebuah material penutup lantai berbahan kayu solid (kayu asli). Pada proses pembuatannya, kayu solid tersebut akan dipotong sampai bentuknya menjadi persegi atau lempengan.

Lantai parket

Setelah itu, lempengan-lempengan kayu tadi akan melalui proses selanjutnya sampai mendapatkan kadar MC (Moisture Content). Akan tetapi, tidak semua jenis kayu bisa dijadikan bahan baku untuk pembuatan produk parket.

Pasalnya, jenis kayu yang digunakan untuk bahan baku parket harus mempunyai kualitas mumpuni mulai dari tingkat kekerasan, tingkat kekuatan, tingkat keawetan, dan tingkat keindahan warna serta pola seratnya.

Mengingat bahan bakunya menggunakan kayu asli dan melalui proses yang rumit, maka wajar saja jika lantai parket dibanderol dengan harga yang mahal.

Artikel Terkait : Harga Parket Per Meter

Keunggulan Lantai Parket

1. Meningkatkan Nilai Keindahan Hunian

keunggulan lantai parket -  Meningkatkan Nilai Keindahan Hunian

Penggunaan lantai parket dapat meningkatkan nilai estetika pada sebuah hunian. Hal itu terlihat mulai dari tingkat keindahan warna dan pola seratnya yang begitu serasi, sehingga akan menghadirkan nuansa natural, elegan, mewah, dan nyaman.

Terlebih untuk jenis parket floor jati dan merbau yang  memiliki kualitas mumpuni pada setiap komponennya, mulai dari tingkat kekuatan, tingkat keawetan, hingga tingkat keindahan warna dan pola seratnya.

2. Kuat dan Tahan Lama

keunggulan lantai parket -  kuat dan tahan lama

Produk parket solid sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap maupun jamur, sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, lantai parket juga tahan terhadap perubahan cuaca. Apalagi jika diberi perawatan yang tepat dan benar, dimana daya tahannya bisa mencapai hingga ratusan tahun.

3. Berdampak Bagus Bagi Kesehatan

Keunggulan berikutnya dari lantai parket yang akan dibahas, yakni bisa berdampak bagus untuk kesehatan tubuh. Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa parket floor memiliki sifat menyerap energy panas untuk kemudian dialirkan kedalam ruangan rumah.

keunggulan lantai parket - Berdampak Bagus Bagi Kesehatan

Dengan begitu, maka suhu ruangan di dalam rumah pun akan tetap terasa hangat meski ditengah musim dingin. Tentu saja hal ini sangat bagus bagi mereka yang memiliki penyakit tertentu, seperti halnya penyakit rematik.

Terlebih dengan aroma harum natural khas kayu, sehingga penggunaan lantai parket ini dapat mengadirkan nuansa yang lebih rileks dan bersahabat.

4. Bisa Dijadikan Investasi Jangka Panjang

keunggulan lantai parket - Bisa Dijadikan Investasi Jangka Panjang

Dikarenakan harganya yang mahal, maka tak heran jika penggunaan parket floor solid hanya berlaku untuk kalangan menengah ke atas saja. Padahal, kamu juga bisa mendapatkan produk lantai parket dengan harga yang ramah dikantong. 

Tentu saja hal tersebut dapat kamu jadikan sebagai investasi jangka panjang. Sebab, penggunaan parket floor ini dapat meningkatkan harga jual pada sebuah properti.

Kekurangan Lantai Parket

  • Harganya yang relatif mahal
  • Proses pemasangan yang rumit, sehingga biaya operasionalnya menjadi tinggi
  • Berpotensi terjadi pemuaian, penyusutan, dan pengeroposan apabila tidak diberi perawatan khusus.

Demikianlah ulasan singkat mengenai perbandingan harga lantai keramik dan parket per meternya, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya.

Bagaimana, apakah kamu lebih tertarik menggunakan lantai keramik atau lantai parket?

 

Posting Komentar untuk "Perbandingan Harga Lantai Keramik dan Parket Per Meternya"