Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Buat Tempat Wudhu Dirumah? Ini Dia Ide Desainnya

 

Desain tempat wudhu

Desain tempat wudhu – Sejatinya wudhu merupakan salah satu kegiatan bersuci dari najis yang umumnya dilakukan oleh umat Islam sebelum menunaikan ibadah sholat.

Namun, masalahnya ada sebagian masyarakat Muslim di Indonesia yang kerap mengambil wudhu di dalam kamar mandi atau toilet. Padahal, sebersih-bersihnya kamar mandi tetap saja ia merupakan tempat berkumpulnya berbagai kotoran yang mengandung najis.

Oleh karena itu, tempat wudhu harus dibuat terpisah dengan kamar mandi. Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan memberikan berbagai ide desain tempat wudhu.

Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

5 Rekomendasi Desain Tempat Wudhu

1. Desain Tempat Wudhu di Area Halaman

Agar mendapatkan desain tempat wudhu yang satu ini, kamu bisa memulainya dengan menyusun batu bata dengan sedemikian rupa, sampai membentuk dinding yang berfungsi sebagai pembatas tembok halaman dan sampingnya.

Desain Tempat Wudhu di Area Halaman
foto@parboaboa

Setelah itu, silahkan beri cat berwarna putih agar tampilannya tampak lebih elegan, dan setelah itu pasang keran air di bagian tengah. 

Dalam membuat sebuah tempat wudhu mini di area halaman belakang rumah, maka kamu hanya perlu menyiapkan beberapa material yang dibutuhkan, seperti bata merah atau batu alami, cat, keran, dan konblok. 

Perlu kalian ketahui, konblok berperan sebagai alas lantai agar kakimu tidak menyentuh ke tanah setelah selesai berwudhu. Untuk mempertegas nuansa yang lebih indah, kamu pun bisa memilih salah satu dari berbagai jenis material lantai outdoor. 

Artikel serupa: Rekomendasi Jenis Bahan lantai Outdoor Terbaik

2. Desain Tempat Wudhu di Dekat Mushola

Biar lebih simple lagi, maka membuat tempat wudhu di dekat musholla merupakan pilihan yang paling tepat. Mengenai desain tempat wudhu di rumah minimalis, maka jangan terpatok pada pemilihan warna putih saja. 

Desain Tempat Wudhu di Dekat Mushola
foto@dekoruma

Dengan kata lain, kamu juga dapat menghadirkan pembeda untuk ruang musholla dan tempat wudhu di rumah minimalis. Untuk hal ini, kamu bisa mengusung warna cokelat yang teduh untuk menghadirkan nuansa nyaman dan tenang.

3. Desain Tempat Wudhu di Dalam Ruangan

Jika ada salah satu ruangan di dalam rumahmu yang tidak terpakai, sebaiknya kamu manfaatkan ruangan nganggur tersebut untuk dijadikan tempat berwudhu.

Desain Tempat Wudhu di Dalam Ruangan
foto@universitas STEKOM

Dalam hal ini, buatlah tempat wudhu dengan nuansa serba putih yang dilengkapi beragam jenis tanaman hias indoor. 

Mengingat area tersebut masih terintegrasi dalam ruang utama rumah, tentu saja bagian bawah tempat wudhunya bisa dijadikan kolam mini. Dengan begitu, maka aliran air dari kerannya bisa langsung menuju ke kolam tanpa harus membasahi lantai rumahmu. 

Untuk menghadirkan sifat yang fungsional, kamu juga dapat membuat musholla dengan nuansa yang serupa di sampingnya. 

4. Desain Tempat Wudhu Minimalis yang Mewah

Desain Tempat Wudhu Minimalis yang Mewah
foto@kontraktor jogja

Sebenarnya tidak semua tipe rumah minimalis itu memiliki lahan yang terbatas. Dengan kata lain, ada juga beberapa tipe rumah minimalis yang ukuran lahannya terbilang cukup luas.

Seandainya ukuran lahan pada rumah minimalis milikmu itu tergolong cukup luas, maka tidak ada salahnya untuk mencoba desain tempat wudhu yang satu ini. Pada bagian dinding keran di tempat wudhunya bisa kamu buat menyerupai kubah dua dimensi yang mengusung warna berbeda. 

Agar bisa digunakan oleh beberapa orang sekaligus, pastikan bahwa jumlah keran air di tempat wudhu tersebut harus lebih dari dua. Selain itu, jangan lupa juga untuk menambahkan tempat duduk di setiap area depan keran agar kegiatan berwudhu semakin nyaman. 

5. Desain Tempat Wudhu Tanpa Sekat

Dari namanya saja sudah sangat jelas, dimana desain tempat wudhu yang satu ini tidak ada sekat sebagai pembatas agar dapat menghadirkan kesan yang lebih luas. Dalam hal ini, kamu hanya tinggal membuat area wudhunya lebih rendah kemudian ditambah dengan satu keran air. 

Desain Tempat Wudhu Tanpa Sekat
foto@kiaMedia

Selain itu, jangan lupa untuk memberi pijakan yang lebih tinggi sekitar 30 cm di bagian tempat wudhu agar airnya tidak mengalir sembarangan serta mengotori rumah. Untuk meningkatkan nilai estetika, kamu pun bisa menambahkan beberapa hiasan atau ornamen kaligrafi di area tempat wudhu.

Seperti itulah berbagai ide desain tempat wudhu yang bisa dicoba, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.

Posting Komentar untuk "Ingin Buat Tempat Wudhu Dirumah? Ini Dia Ide Desainnya"