Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seperti Inilah Fungsi Material Woodplank dan Jenis-jenisnya

 

Fungsi dan jenis woodplank

Fungsi dan jenis woodplank – Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini bidang konstruksi selalu mengandalkan material kayu sintetis sebagai alternatif pengganti kayu asli.

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat penebangan pohon untuk kebutuhan konstruksi yang semakin dibatasi. Terlebih untuk jenis-jenis kayu yang statusnya sudah hampir punah.

Dengan demikian, bahan baku kayu asli cukup sulit untuk ditemui. Jika pun ada, pastinya material kayu akan dibanderol dengan harga yang mahal.

Woodplank pun menjadi salah satu jenis kayu sintetis yang saat ini mulai banyak digandrungi oleh masyarakat. Lalu, apa yang dimaksud dengan woodplank? Dan untuk apa fungsinya?

Pengertian Woodplank & Ragam Pemanfaatannya

Pada dasarnya, woodplank ini boleh dibilang sebagai material pendatang baru dalam bidang kayu sintetis. Sehingga tak heran jika istilah woodplank belum sepopuler WPC, SPC maupun PVC.

Material dari woodplank itu sendiri terbuat dari campuran bahan semen, namun dibentuk dengan wujud yang menyerupai kayu asli.

Meski bukan material kayu asli, namun penggunaan woodplank juga dapat menghadirkan kesan yang natural dan elegan.

Adapun mengenai beragam pemanfaatan material woodplank untuk kebutuhan interior maupun eksterior rumah seperti dibawah ini:

1. Woodplank yang Dijadikan Lantai Parket

Woodplank yang Dijadikan Lantai Parket

Apabila budgetmu tidak mampu menjangkau harga lantai parket solid, maka penggunaan woodplank ini merupakan pilihan paling tepat.

Pasalnya, woodplank menawarkan harga yang lebih murah dan mengusung motif seperti kayu asli. Dengan menggunakan lantai woodplank, tentunya tampilan ruangan rumahmu akan tampak lebih mewah, elegan, dan natural.

Baca juga: Kenali Seluk Beluk Lantai SPC Sebelum Menggunakannya

2. Woodplank yang Dijadikan Decking

Woodplank yang Dijadikan Decking

Sebenarnya lantai parket dengan decking itu masih produk yang serupa. Namun, perbedaan lantai parket dengan decking hanya terdapat pada penempatannya saja.

Jika lantai parket hanya diaplikasikan untuk pemasangan di area indoor, maka pemasangan decking bisa diaplikasikan di area outdoor.

3. Woodplank yang Dijadikan Pagar & Pijakan Tangga

Sebagian besar masyarakat menggunakan besi hollow sebagai bahan untuk dijadikan railing pagar karena dinilai lebih kuat. 

Woodplank yang Dijadikan Pagar & Pijakan Tangga

Namun, secara tampilan pagar besi hollow ini memang terkesan monoton dan membosankan. Oleh karena itu, pagar dari bahan woodplank merupakan alternative terbaik untuk meningkatkan nilai estetika pada hunian.

Tak hanya dijadikan pagar, material woodplank juga bisa kamu aplikasikan sebagai anak tangga atau pijakan tangga. Selain dapat memperindah hunian, bahkan tangga woodplank mempunyai tekstur yang kesat sehingga mampu meminimalisir risiko terpeleset.

4. Woodplank yang Dijadikan Plafon

Woodplank yang Dijadikan Plafon

Area plafon memang kerap terlupakan, sehingga para pemilik rumah hanya membiarkan seadanya saja. Padahal, area plafon juga harus diberi sentuhan dekorasi yang tepat untuk meningkatkan nilai keindahan dalam sebuah hunian.

Dengan menggunakan plafon woodplank, tentu saja tampilan rumahmu akan tampak terlihat lebih indah dari biasanya lho.

5. Woodplank yang Dijadikan Panel Dinding

Woodplank yang Dijadikan Panel Dinding

Terkadang kita sudah merasa bosan dengan tampilan dinding rumah yang begitu-begitu saja. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi kamu untuk menciptakan suasana baru dengan menggunakan woodplank sebagai panel dinding.

Kelebihan Material Woodplank:

  • Memiliki Daya Tahan yang Sangat Baik

Tak seperti material kayu asli, yang mana Woodplank tidak mudah terbakar sehingga bisa mengurangi risiko terjadinya kebakaran.

Bukan hanya itu, bahkan Woodplank juga sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap lho. Pasalnya, material Woodplank terbuat dari campuran bahan semen. Dengan menggunakan Woodplank, tentu saja anda tidak perlu repot-repot untuk melakukan perawatan ekstra.

  • Proses Pemasangan yang Simple

Selain memiliki tingkat ketahanan yang bagus, proses pemasangan Woodplank ini terbilang cukup mudah. Bahkan, orang awam sekalipun tidak akan terlalu mengalami kesulitan saat melakukan proses pemasangan Woodplank.

Bagaimana tidak? kamu hanya tinggal langsung memasangnya ke material lain, seperti metal, baja, hingga rangka yang berbahan kayu asli.

Meski cukup mudah, ada baiknya proses pemasangan Woodplank tetap dikerjakan oleh orang yang memang ahli dalam bidangnya. Menariknya lagi, Woodplank tidak memiliki kandungan asbes yang membahayakan sehingga aman digunakan dan ramah lingkungan.

  • Dapat Meningkatkan Keindahan Hunian

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa Woodplank tampil dengan bentuk yang menyerupai kayu asli. 

Tak hanya dari bentuk, bahkan warna dan pola serat Woodplank dibuat mirip dengan kayu asli. Agar tampilannya lebih maksimal, kamu bisa menambahkan lapisan cat yang berbahan air pada woodplank.

Selain memperindah tampilannya, pemberian lapisan cat juga menjadi perlindungan bagi woodplank agar tahan terhadap berubahan cuaca ekstrim.

Kekurangan Material Woodplank:

  • Mempunyai Bobot yang Cukup Berat

Salah satu kekurangan dari Woodplank yang harus kamu ketahui, yaitu memiliki bobot yang lebih berat dari kayu. Pasalnya, material Woodplank terbuat dari bahan campuran semen.

Sebelum menggunakan Woodplank, maka kamu harus memastikan dulu bahwa bagian rangkanya memiliki tingkat kekuatan yang mumpuni.

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya proses pemasangan Woodplank dilakukan oleh jasa tukang yang memang ahli dibidangnya.

  • Tidak Sepenuhnya Tahan Terhadap Benturan

Meski tingkat kekuatan dan keawetan woodplank sangat mumpuni, nyatanya ia tidak terlalu tahan terhadap benturan oleh benda-benda berat.

Selain itu, woodplank juga rentan terhadap goresan sehingga kamu tidak boleh menyimpan benda-benda tajam yang berdekatan dengan material woodplank.

Bukan hanya itu, kekurangan berikutnya dari woodplank adalah membutuhkan pengecatan ulang yang dilakukan secara berkala.

Apabila tidak dilakukan pengecatan ulang secara berkala, maka jangan heran jika tampilan woodplank tersebut akan terlihat kusam sehingga tidak enak dipandang.

Daftar Harga Woodplank Terbaru

Perlu diketahui, harga woodplank dipasaran cukup bervariasi karena akan dibedakan berdasarkan ukuran dan merk. Adapun mengenai daftar harga woodplank yang terbarunya seperti berikut:

  • Wood Plank Elephant – ukuran 4050 x 100 x 8 mm : Rp 53.900
  • Wood Plank Elephant – ukuran 4050 x 200 x 8 mm : Rp 90.000
  • Wood Plank Elephant urat kayu – ukuran 4050 x 200 x 8 mm : Rp 9.5000

Baca juga: Daftar Harga Kayu di Bandung Terbaru 2023 Untuk Konstruksi

Seperti itulah ulasan singkat mengenai pengertian woodplank mulai dari fungsi hingga daftar harga terbarunya, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya.

 

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Seperti Inilah Fungsi Material Woodplank dan Jenis-jenisnya"