Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Seluk Beluk Lantai SPC Sebelum Menggunakannya

 

keunggulan & kekurangan lantai SPC

Lantai SPC – Dalam pembangun sebuah hunian, biasanya lantai menjadi elemen yang paling akhir dikerjakan. Pasalnya, hal itu bertujuan agar material lantainya terhindar dari berbagai permasalahan, seperti terbentur bahan bangunan yang keras, goresan, kotor, dan lain sebagainya.

Berbicara soal lantai, sekarang ini ada banyak sekali jenis-jenis material baru yang menghadirkan motif dan corak bervariasi. Ya, seperti halnya lantai parket SPC yang saat ini sedang menjadi tren dikalangan masyarakat perkotaan.

Lantas, lantai SPC itu seperti apa sih? Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi seputar lantai SPC, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Mengenal Bahan SPC

Istilah SPC itu sendiri merupakan singkatan dari Stone Plastic Composite, dimana ia merupakan produk lantai sintetis yang terbuat dari campuran bahan plastic dan limestone (batu kapur) sebagai dasaruntuk menciptakan material yang kuat.

Mengenal Bahan SPC

Adapun materialnya yang terdiri dari berbagai campuran bahan, seperti batu kapur, serbuk PVC, dan stabilizer. Dilihat dari strukturnya, lantai SPC terbagi menjadi 4 bagian lapisan.

Untuk lapisan pertama adalah wear layer yang berfungsi sebagai pelindung dari goresan dan noda pada permukaan lantai SPC, sedangkan lapisan kedua berupa printing film yang bertugas sebagai warna atau pola dari lantainya.

Pada lapisan ketiga adalah SPC Core yang berupa papan terbuat dari bahan limestone, dimana fungsinya untuk menjaga stabilitas dari keseluruhan lantai SPC. Sedangkan untuk lapisan yang terakhir bernama underlayment berbentuk busa, dimana ia memiliki sifat optional.

Dengan kata lain, ada tipe produk lantai SPC yang menggunakan underlayment dan ada juga yang tidak menggunakan underlayment.

Baca Juga : Langkah-langkah Mudah Untuk Mempercantik Desain Kolam Renang

Kelebihan Lantai SPC

1. Bisa Dipasang Pada Permukaan yang Kurang Rata

Inilah salah satu keunggulan SPC Flooring yang tidak dimiliki oleh produk lantai kayu sintetis lainnya, termasuk lantai vinyl. Sehingga tak heran, jika lantai SPC bisa dipasang pada permukaan yang kurang rata.

lantai SPC Bisa Dipasang Pada Permukaan yang Kurang Rata

Tentunya hal ini juga akan sangat membantu dalam proses pemasangan yang menjadi lebih mudah dan praktis. Bahkan yang lebih menariknya lagi, ternyata lantai SPC sudah terbukti cukup kuat terhadap air lho.

Itu artinya, lantai SPC bisa kamu aplikasikan pada ruang-ruangan yang lembab seperti dapur dan area disekitaran kamar mandi.

2. Perawatan dan Pemasangan yang Mudah

Tak berbeda jauh dengan perawatan lantai keramik, yang mana proses perawatan SPC flooring ini juga sangatlah mudah. Bagaimana tidak? Kamu pun hanya tinggal menyapu dan mengepelnya saja seperti biasa.

Perawatan dan Pemasangan lantai SPC yang Mudah

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada poin pertama tadi, bahwa lantai SPC dapat dipasang pada permukaan yang tidak rata. Tak hanya itu, bahkan proses pemasangannya pun terbilang sangat mudah. Hal itu bukan tanpa alasan, karena pada setiap lempengan SPC flooring sudah dilengkapi dengan fitur interlocking. Sehingga pemasangan SPC flooring menjadi lebih mudah, kokoh, dan presisi.

3. Tidak Mudah Mengalami Pemuaian

lantai SPC Tidak Mudah Mengalami Pemuaian

Lantai SPC tidak mudah mengalami pemuaian, karena materialnya yang mengandung bahan PVC sehingga ia tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim. Alhasil, lantai SPC ini tidak akan mudah mengalami pemuaian meski sering terkena paparan sinar matahari. Itu sebabnya, mengapa lantai SPC dapat diaplikasikan pada hampir semua ruangan rumah.

4. Menyediakan Berbagai Macam Motif

Selain menyediakan motif kayu, SPC flooring juga menyediakan berbagai varian motif lainnya sehingga dapat kita pilih yang sesuai dengan konsep rumah. Adapun varian motif lainnya dari lantai SPC, mulai dari bebatuan, keramik, pecahan kaca, dan masih banyak lagi.

lantai SPC Menyediakan Berbagai Macam Motif

Keunggulan berikutnya dari lantai flooring yang harus kamu ketahui, yakni menawarkan harga yang jauh lebih murah dari lantai kayu solid. Itu sebabnya, mengapa lantai SPC selalu menjadi pilihan utama sebagai alternatif pengganti lanti kayu solid.

Baca Juga : Review Harga Cat Kayu Terbaru Beserta Spesifikasinya

Kekurangan Lantai SPC

Setelah mengetahui beberapa keunggulannya, mari kita lanjutkan ke pambahasan berikutnya mengenai kekurangan dari lantai SPC.

1. Materialnya Mengandung Logam Berat

Kekurangan pertama dari SPC flooring yang harus diketahui, yakni memiliki kandungan logam berat dan tentu saja kurang bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Namun, masalah ini hanya berlaku untuk produk lantai SPC yang harganya murah saja.

Berbeda dengan lantai SPC yang harganya mahal, dimana ia memiliki kualitas yang lebih bagus serta kandungan logam beratnya tidak terlalu banyak.

Artikel Menarik Lainnya : Ini Dia Langkah-langkah yang Harus Dilakukan Dalam Membuat Rumah Sehat

2. Tidak Sepenuhnya Tahan Terhadap Air

Meskipun produk lantai SPC diklaim memiliki 100% tahan terhadap air, namun ia tidak bisa direndam pada air dalam waktu yang cukup lama. Misalkan saat terjadi banjir, yang mana genangan airnya dapat membuat lantai SPC menjadi mudah rusak.

Itu sebabnya, mengapa SPC flooring ini tidak direkomendasikan bagi mereka yang tinggal di daerah rawan banjir.

3. Tidak Sebagus & Sekuat Parket Solid

Dikarenakan SPC Flooring merupakan produk lantai kayu sintetis, tentu saja tingkat keindahan dan kekuatannya tidak akan sebagus produk lantai kayu solid.

Harga SPC Flooring Per Meter Berdasarkan Merk

1. Haiger SPC

  • Ukuran : 18,4 cm x 122 cm x 4 mm
  • Isi Per Box : 12 pcs (2,7 m2)
  • Varian Motif : Kayu, Marmer, Granit, dan lain sebagainya
  • Harga : Rp 195.000 per meter

2. Alma Duora Max Core

  • Ukuran : 15,1 cm x 92 cm x 4,5 mm
  • Isi Per Box : 18 pcs (2,5 m2)
  • Varian Motif : Kayu, Marmer, Granit, dan lain sebagainya
  • Harga : Rp 238.000 per meter

3. Beren Vinyl SPC

  • Ukuran : 17,8 cm x 122 cm x 4 mm
  • Isi Per Box : 10 pcs (2,17 m2)
  • Varian Motif : Kayu, Marmer, Granit, dan lain sebagainya
  • Harga : Rp 210.000 per meter

4. Lai V

  • Ukuran : 18,2 cm x 122 cm x 5,5 mm
  • Isi Per Box : 10 pcs (2,204 m2)
  • Varian Motif : Kayu, Marmer, Granit, dan lain sebagainya
  • Harga : Rp 210.000 per meter

5. Marvel

  • Ukuran : 18 cm x 122 cm x 4 mm
  • Isi Per Box : 12 pcs (2,63 m2)
  • Varian Motif : Kayu, Marmer, Granit, dan lain sebagainya
  • Harga : Rp 203.000 per meter.

Demikianlah ulasan singkat mengenai seluk beluk seputar lantai SPC.

Bagaimana, apakah kamu berminat untuk mengganti material lantai rumah dengan menggunakan SPC flooring?

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Kenali Seluk Beluk Lantai SPC Sebelum Menggunakannya"