Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk, Kita Kenali 7 Jenis Material Pintu Rumah

Jenis material pintu rumah

Jenis material pintu rumah – Dalam bidang konstruksi bangunan, tentu saja pintu menjadi salah satu elemen yang tak dapat dipisahkan.

Disamping fungsinya sebagai akses keluar masuk rumah, keberadaan pintu juga dapat meningkatkan rasa aman dari berbagai faktor yang bersifat ancaman. Bukan hanya itu saja, bahkan fungsi pintu pun dapat meningkatkan nilai estetika pada sebuah hunian.

Ngomong-ngomong soal pintu, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar beberapa jenis material pintu rumah.

Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

7 Bahan Pintu Untuk Rumah

1. Pintu Kayu

Salah satu keunggulan dari pintu kayu yang tidak dimiliki oleh bahan pintu lainnya, yaitu terdapat pada tampilan desainnya yang mampu menghadirkan kesan elegan dan natural.

Pintu Kayu

Tak hanya unggul dari segi tampilannya saja, bahkan pintu kayu pun memiliki tingkat kekuatan dan ketahanan yang sangat mumpuni lho. Sehingga tak heran jika pintu kayu selalu menjadi andalan bagi sebagian besar masyarakat.

Adapun mengenai pintu kayu yang akan dibedakan kedalam dua tipe berbeda, yakni pintu kayu solid dan pintu kayu engineering. Biasanya pintu solid cocok diaplikasikan untuk pintu utama maupun eksterior, sedangkan pintu kayu engineering sering digunakan sebagai pintu dalam atau interior.

Artikel Terkait: Mengulas Harga Daun Pintu di Bandung

2. Pintu Baja

Berbicara soal material pintu yang super kokoh dan kuat, maka pintu baja ini adalah jawabannya. Selain kokoh dan kuat, proses pemasangan pintu baja pun tergolong cukup mudah karena sifatnya yang efisien untuk konstruksi.

Pintu Baja

Dikarenakan materialnya yang terbuat dari baja, sudah pasti ia tidak akan terpengaruh oleh faktor cuaca maupun serangan rayap.

Alhasil, kamu pun tidak perlu memberinya perawatan khusus. Untuk pengaplikasiannya, pintu baja ini lebih cocok dijadikan sebagai pintu utama.

3. Pintu Fiberglass

Pada dasarnya, Fiberglass merupakan anyaman dari bahan kaca yang mempunyai bobot ringan, aman, serta kokoh. Bukan hanya itu, jenis pintu yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan tingkat insulasi tinggi sehingga membuatnya kuat terhadap perubahan cuaca ekstrim sekalipun.

Pintu Fiberglass

Guna menonjolkan nuansa keindahannya, kamu dapat menggabungkan pintu Fiberglass dengan pintu panel. Selain cocok dijadikan sebagai eksterior, bahkan pintu Fiberglass juga sangat ideal dijadikan untuk interior.

4. Pintu Kaca

Pintu Kaca

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa penggunaan pintu kaca dapat menghadirkan nuansa yang lebih mewah dan elegan. Itu sebabnya, mengapa pintu kaca sering kita jumpai pada perumahan-perumahan modern.

Agar orang dari luar tidak bisa melihat kedalam rumah, maka kamu bisa menambahkan sandblast sehingga tidak tembus pandang. Biasanya pintu kaca sering diaplikasikan untuk pintu utama maupun pintu menuju taman.

5. Pintu Aluminium

Lagi nyari jenis pintu rumah yang anti rayap? Jika iya, maka pintu bahan aluminium ini sangat direkomendasikan.

Pintu Aluminium

Tal hanya anti rayap, jenis material pintu yang satu ini juga sudah terbukti tahan terhadap perubahan iklim di Indonesia. Mengenai fungsinya, pintu Aluminium ini sering digunakan untuk pintu gudang atau kamar mandi. Mengapa demikian?

Pasalnya, tampilan pada pintu Aluminium ini terkesan sangat sederhana sehingga dinilai kurang cocok dijadikan sebagai pintu utama (eksterior).

Namun dengan seiring berjalannya waktu, kini telah hadir pintu almunium dengan desain yang jauh lebih modis sehingga sangat cocok diaplikasikan untuk eksterior rumah.

6. Pintu PVC

Poly vinyl chloride (PVC) merupakan material yang terbuat dari bahan plastik, sehingga ia memiliki tekstur yang cukup lentur dan elastis.

Pintu PVC

Meskipun menawarkan harga yang lebih murah, namun pintu PVC pun memiliki daya tahan yang cukup mumpuni. Seperti halnya jenis pintu Aluminium, yang mana pintu PVC juga sering diaplikasikan untuk pintu kamar mandi maupun pintu utama.

Untuk spesifikasinya, pintu PVC memang tidak terlalu tahan terhadap perubahan cuaca. Tak hanya itu, tampilan pintu PVC pun terkesan monoton sehingga kurang cocok digunakan sebagai pintu utama.

Baca Juga: Yuk, Kita Pahami Jenis-jenis Pipa PVC Beserta Keunggulannya

7. Pintu uPVC

Sebenarnya material uPVC ini merupakan bentuk pengembangan dari bahan PVC. Sehingga tak heran jika tingkat kekuatan pintu uPVC lebih bagus dari pintu PVC. Pasalnya, material uPVC mempunyai tekstur yang lebih kaku dan keras.

Pintu uPVC

Pada umumnya, pintu uPVC sering diaplikasikan untuk pintu garasi karena karakteristiknya yang tahan terhadap air dan perubahan cuaca. Selain dijadikan sebagai pintu rumah, bahkan material uPVC juga kerap digunakan untuk bodi pesawat terbang.

Seperti itulah beberapa jenis material yang bisa kamu pilih sebagai pintu rumah, sehingga bisa dijadikan sebagai bahan referensi saat hendak membangun maupun merenovasi rumah.

 

 

 

 

Posting Komentar untuk " Yuk, Kita Kenali 7 Jenis Material Pintu Rumah"