Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review 3 Tipe Lantai Vinyl Untuk Mempercantik Hunian

 

Tipe lantai vinyl

Tipe lantai vinyl – Untuk meningkatkan keindahan dalam hunian, tentu saja pada setiap sudut elemen interiornya harus diberi sentuhan yang inovatif. Ya, salah satunya adalah lantai.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena lantai memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan keindahan hunian. Tak hanya meningkatkan keindahan, bahkan lantai juga dapat meningkatkan kenyamanan selama kita beraktivitas didalam rumah.

Saat ini ada beragam material aksesoris lantai yang tersedia dipasaran, seperti halnya lantai vinyl. Mungkin, material lantai yang satu ini masih terasa asing bagi sebagian orang.

Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi seputar material lantai vinyl, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Sekilas Tentang Bahan Vinyl

Pada dasarnya, vinyl merupakan material sintetis yang mempunyai tekstur lentur dan elastis namun masih tetap kuat. Adapun mengenai material vinyl yang terbuat dari bahan polyvinyl chloride (PVC) kemudian dicampur dengan bahan-bahan kimia lainnya.

Sekilas Tentang Bahan Vinyl

Setidaknya ada tiga lapisan utama pada lantai vinyl, seperti compact layer, glass fiber, dan printed layer. Sementara bagian finishing terluarnya berupa UV Coated Wear layer, sehingga tampilannya tampak lebih mengkilap dan terkesan licin.

Menariknya lagi, untuk setiap lembaran vinyl sudah dilengkapi dengan perekat di bagian bawah. Dengan begitu, kita tidak membutuhkan media perekat seperti lem saat proses pemasangan dilakukan. Lantai vinyl bisa dipasang di hampir semua ruangan, serta mudah dibongkar pasang.

Tak hanya menyediakan motif kayu, lantai vinyl juga menyuguhkan beragam motif menarik lainnya seperti batu-batuan, keramik, dan masih banyak lagi. Begitu pun dengan jenisnya, yang mana lantai vinyl tersedia kedalam beberapa tipe berbeda.

Baca juga: Kenali Seluk Beluk Lantai SPC Sebelum Menggunakannya

3 Tipe Lantai Vinyl Paling Umum

1. Vinyl Tile

Apabila dilihat dari bentuknya, jenis Vinyl Tile ini sangat mirip dengan keramik. Vinyl Tile menyediakan berbagai ukuran sehingga dapat kita pilih sesuai kebutuhan.

tipe Vinyl Tile

Kendati demikian, jenis lantai Vinyl Tile juga menyediakan motif kayu dengan tekstur halus dan motif timbul (embossed). Tersedia pula motif Vinyl Tile lainnya yang bisa kamu pilih, mulai dari motif keramik, marmer, karpet, granit, batu-batuan, polos, dan sebagainya.

Untuk proses pemasangannya, Vinyl Tile ini memang lebih mudah ketimbang jenis Vinyl lainnya. Pasalnya, kamu hanya tinggal memberikan lem sebagai media perekatnya.

Namun, Vinyl Tile harus dipasang di atas permukaan lantai yang rata. Jika permukaan lantai dasarnya tidak rata, maka Vinyl Tile akan terlihat bergelombang.

Adapun mengenai beberapa teknik pemasangan Vinyl Tile yang umum digunakan, seperti teknik susun model bata, model lurus, susunan vertical dan horizontal.

2. Vinyl Plank

Jenis lantai vinyl yang satu ini biasa disebut dengan nama parket vinyl, karena tampilannya yang berbentuk persegi panjang. Dengan kata lain, tampilan pada Vinyl Plank sangat mirip dengan parket kayu.

tipe Vinyl Plank

Selain mirip dari segi bentuk, bahkan pemasangan Vinyl Plank juga tidak berbeda jauh dengan cara pemasangan parket kayu. Adapun proses pemasangan lantai Vinyl Plank ini biasa menggunakan system susun bata.

Salah satu ciri khas dari Vinyl Plank yang berbeda dari jenis vinyl roll, yakni memiliki motif timbul (embossed). Hal itu bertujuan agar bagian permukaan Vinyl Plank dapat memberikan sensasi yang lebih berbeda saat dipijak.

Tak hanya itu, Vinyl Plank juga sudah dilengkapi dengan permukaan bertekstur halus (non embossed) sehingga dapat memudahkan kita saat membersihkannya.

Biasanya lantai Vinyl Plank tersedia kedalam ukuran lebar sekitar 10 – 20 cm, panjang 90 – 100 cm, dan ketebalan yang berkisar antara 2 hingga 3 cm.

3. Vinyl Roll

Sesuai dengan namanya, dimana jenis Vinyl Roll ini tampil dalam bentuk gulungan seperti karpet. Itu sebabnya, mengapa Vinyl Roll sering disebut dengan istilah karpet vinyl.

tipe Vinyl Roll

Umumnya Vinyl Roll ini memiliki ukuran lebar 2 meter dengan panjang kisaran 25 meter, sehingga sangat ideal diaplikasikan untuk hunian.

Vinyl Roll hadir dengan motif kayu dan tidak memiliki bulu, yang tentu saja sangat aman dan nyaman saat digunakan. Belum lagi harga yang ditawarkannya relative lebih murah, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk bisa mendapatkan Vinyl Roll ini.

Berapakah Harga Lantai Vinyl?

Menurut iformasi yang didapat, harga lantai vinyl akan dibedakan berdasarkan merk dan ukuran yang dipesan. Nah, berikut dibawah ini ada daftar harga lantai vinyl yang terbarunya:

  • Vinyl Merk Kendo – Ukuran 3 x 152 x 914 mm : Rp 200.000 per m2
  • Vinyl Merk Golden Crown – Ukuran 3 x 152 x 914 mm : Rp 185.000 per m2
  • SFC Floor – Ukuran 8 x 20 x 1200 mm : Rp 220.000 per m2

Baca juga: Perbandingan Harga Lantai Keramik dan Parket Per Meternya

Nilai Plus Lantai Vinyl: 

  • Dapat menyuguhkan tampilan yang indah, elegan, dan natural
  • Proses perawatan yang mudah
  • Tidak membutuhkan perawatan khusus
  • Tingkat kekuatan yang cukup bagus
  • Nyaman saat dipijak
  • Tahan terhadap rayap, kelembapan, dan korosi
  • Harga yang lebih murah dari lantai kayu solid

Nilai Minus Lantai Vinyl: 

  • Tidak sekuat dan seindah lantai kayu solid
  • Rentan terhadap goresan
  • Mengandung bahan PVC yang dinilai kurang bagus untuk kesehatan tubuh
  • Katika ada sedikit kerusakan, maka lantai vinyl harus diganti secara keseluruhan.

Seperti itulah ulasan singkat mengenai 3 tipe lantai vinyl beserta daftar harga dan plus minusnya, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya.

 

Posting Komentar untuk "Review 3 Tipe Lantai Vinyl Untuk Mempercantik Hunian"