Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu GRC? Dan Untuk Apa Fungsinya?

 

Keunggulan dan Kelemahan GRC

Keunggulan dan Kelemahan GRC – Banyaknya jenis material bangunan yang tersedia dipasaran tak jarang membuat para pembeli kebingungan dalam menentukan pilihannya. Ya, terlebih bagi masyarakat awam, dimana merekalah yang selalu mengalami kondisi tersebut.

Salah dalam memilih jenis material bangunan, tentu saja kita sendiri yang akan merasa dirugikan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui masing-masing fungsi dari setiap material bangunan.

Berbicara soal material bangunan, mungkin diantara kita masih ada yang belum terlalu familiar dengan istilah GRC?

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas tuntas seputar material GRC. Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Mengenal Material GRC

Istilah GRC itu sendiri merupakan singkatan dari Glass Reinforced Concrete atau biasa disebut juga dengan Glass Fibre Reinforced Concrete. Adapun mengenai komposisi material GRC yang terdiri dari serat kaca berdaya tahan tinggi, lalu dikombinasikan dengan campuran semen, beton dan sebagainya.

Mengenal Material GRC

Berbeda dengan beton biasa, yang mana material GRC mempunyai fitur dan identitas fisik serta kimia yang mirip. Kendati demikian, daya tahan dari meterial GRC ini tidak kalah kuatnya dengan beton. Bahkan, material GRC lebih mudah diaplikasikan yang sesuai jenis kaca dekoratif.

Mengenai fungsinya, material GRC biasanya diaplikasikan untuk plafon, pelapis lantai, lisplang, pagar, lubang angin dan panel dinding. Lantas, seperti apakah keunggulan dan kelemahan dari plafon GRC?

Keunggulan Plafon GRC

1. Tahan Terhadap Air

Keunggulan Plafon GRC - tahan air

Keunggulan pertama dari plafon GRC yang akan dibahas, yakni tahan terhadap air. Tak hanya itu, bahkan plafon yang satu ini juga sudah terbukti tahan terhadap kelembapan.

Dengan demikian, maka tak heran jika material GRC selalu diandalkan untuk area-area yang basah dan lembap seperti kamar mandi serta dapur. Menariknya lagi, plafon kayu pun sangat ideal diaplikasikan pada area semi outdoor rumah.

Baca Juga : Daftar Harga Pipa PVC Terbaru 2022 Dari Berbagai Merk

2. Mudah Dibentuk

Keunggulan Plafon GRC - mudah dibentuk

Selain memiliki sifat yang tahan terhadap air dan kelembapan, plafon GRC juga sangat mudah dibentuk. Tentu saja hal tersebut akan memudahkan saat proses pemasangan plafon GRC. Pasalnya, material GRC memiliki sifat yang lentur karena terbuat dari bahan serat-serat fiberglass.

3. Aman Untuk Kesehatan

Keunggulan Plafon GRC - tahan air

Tak seperti material asbes yang berbahaya untuk kesehatan, karena bahannya terbuat dari partikel-partikel yang mengandung zat racun sehingga akan berdampak buruk bagi pernafasan. Oleh karena itu, penggunaan plafon merupakan pilihan paling tepat karena aman untuk Kesehatan.

4. Proses Instalasi yang Mudah

Keunggulan Plafon GRC - proses instalasi yang mudah

Seperti yang sudah disebutkan pada poin diatas tadi, bahwa material GRC memiliki tekstur yang lentur dan mudah dibentuk. Alhasil, proses pemasangan plafon GRC pun menjadi lebih cepat sehingga tidak akan memakan banyak waktu.

Belum lagi tekstur permukaannya yang tampak lebih halus, sehingga membuatnya tidak perlu melalui proses plamir maupun pengecatan ulang.

5. Kuat & Tahan Lama

Keunggulan Plafon GRC - kuat & tahan lama

Menurut kabar yang beredar, penggunaan plafon GRC ini mampu bertahan hingga 25 tahun. Hal itu bukan tanpa alasan, karena plafon GRC tahan terhadap air dan kelembapan. Disamping kokoh dan tahan lama, harga plafon GRC juga tergolong cukup murah lho.

Adapun mengenai harga plafon GRC yang dibanderol dengan kisaran Rp 55 ribu – Rp 60 ribu untuk ukuran paling kecil, yakni 1,2 m x 2,4 m dengan ketebalan mencapai 4 mm.

Kelemahan Plafon GRC

Dibalik semua keunggulannya, material GRC juga memiliki berbagai kelemahan yang harus diketahui. Kendati proses pemasangannya dinilai mudah, namun saat pemasangan fiberglass harus dilakukan secara akurat.

Bukan hanya itu, material GRC juga rentan terhadap keretakan saat proses instalasi. Maka dari itu, pemasangan GRC harus dilakukan dengan benar dan hati-hati. Atau, keretakkan tersebut juga bisa terjadi karena baut yang terlalu keras. Adapun mengenai beberapa kelemahan yang umumnya terjadi pada material GRC seperti berikut:

  • Selalu mengalami retak pada setiap koneksi
  • Bisa menghabiskan banyak confound, sehingga kepala bautnya tidak bisa ditutup dengan baik
  • Proses instalasi yang tergolong cukup sulit, dan bisa memakan waktu yang lama
  • Slaughter yang cukup rumit karena harus dipotong dengan bantuan alat berupa gerinda
  • Pola produk yang telah terbatas.

Artikel Menarik Lainnya : Trik Mudah Untuk Mengusir Kelabang di Langit-langit Rumah

Nah, itulah beberapa keunggulan dan kelemahan dari material GRC sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakannya.

 

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Apa Itu GRC? Dan Untuk Apa Fungsinya?"